Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

18 Mahasiswa D3 Akpar Majapahit Ujian Pra Skripsi Gelombang IV

Demi Raih Gelar Ahli Madya Pariwisata dari Akpar Majapahit
Dua Mahasiswa D3 Prodi UPW dan 16 Mahasiswa 
D3 Prodi Perhotelan Ujian Pra Skripsi Gelombang IV


SETELAH rehat selama sepekan, ujian pra skripsi gelombang IV kembali dilaksanakan pada Rabu (31/08/2016). Sebanyak dua mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dan 16 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit mengikuti ujian pra skripsi gelombang IV di lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya. 

Ujian pra skripsi ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa, baik Prodi UPW maupun Prodi Perhotelan, sebelum meraih gelar akademik Ahli Madya Pariwisata (AMd.Par) dari Akpar Majapahit.

Indah Septila Sari, Nur Alfiyah Siregar (mahasiswa D3 Prodi UPW), Nadya Shufriyah (mahasiswa D3 Prodi UPW), Dila Rahmadania, Rizal Effendi dan Ayu Wulandari diuji oleh Hedy W. Saleh SH, MBA, MSi.Par dan Agus Sudharsono M.Par.

Sedangkan M. Adzib Lazwar Haq, Tan Erlina Pandu Suryani, Navyyandri Dwi P., Resha Kusuma Wardhani, Denny Christian dan Stephen Tedjakusuma diuji oleh Otje Herman Wibowo, SE, M.Par dan Yanuar Kadaryanto, MM.

Sementara itu Chandra Ali Baskoro, Feri Ferdian, Jovianto S. Chandra, Silvia Diana, Tri Setiawan Luslim dan Debora Fransisca R., diuji oleh Mafthucha SE, Dipl.Hot., M.Par dan Effendi M.Pd di lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit yang mendapat giliran pertama untuk mempresentasikan laporan pra skripsinya di hadapan dosen penguji Hedy W. Saleh dan Agus Sudharsono adalah Indah Septila Sari.

Indah, demikian gadis asal Palembang ini biasa disapa, memaparkan laporan pra skripsinya yang berjudul Standar Peralatan dalam Menunjang Kelancaran Kerja di Dapur Pastry Hotel Aryaduta Palembang.

Sebelum maju ujian, Indah mendapatkan support langsung dari Otje H. Wibowo dan Imania Ayu Wulandhari dosen pembimbingnya dan beberapa rekan sejawat dari Prodi Perhotelan yang menunggu giliran maju ujian pra skripsi gelombang IV.Support dosen pembimbing dan rekan sejawat membangkitkan semangat dan menumbuhkan kepercayaan diri saya sebelum menghadapi ujian pra skripsi gelombang IV,” kata Indah, usai ujian kepada kru www.culinarynews.info, Rabu (31/08/2016).

Dalam kesempatan itu, Indah Septila Sari juga menunjukkan catatan dari dosen penguji terhadap laporan pra skripsinya berupa revisi penulisan dan daftar pustaka. ”Plong rasanya, setelah sebelumnya harus melekan di rumah guna mempersiapkan ujian pra skripsi tersebut,” ujar gadis berparas ayu ini seraya mengucapkan syukur alhamdulillah.

Sambil menunggu panggilan dari panitia ujian pra skripsi gelombang IV, Dewi Mariyanah M.Par, dosen pembimbing dari Prodi UPW dan beberapa dosen pembimbing dari Prodi Perhotelan seperti Hardita Kusdaryanto M.Par, Imania Ayu Wulandhari ST.Par dan Bambang Sutrisno ST juga tampak sibuk untuk membekali pengetahuan mahasiswa bimbingannya sebelum maju ujian pra skripsi di lantai 4 Gedung Graha Tristar.

Nah, kehadiran dosen pembimbing itu diapresiasi oleh sejumlah mahasiswa Prodi UPW maupun Perhotelan yang maju ujian pra skripsi gelombang IV, seperti Nur Alfiyah Siregar (mahasiswa Prodi UPW), Nadya Shufriyah (mahasiswa Prodi UPW), Dila Rahmadania, Rizal Efendi dan Ayu Wulandari.

Usai Indah Septila Sari, giliran Nur Alfiyah Siregar yang maju ujian dengan mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Mutu Cagar Budaya sebagai Daya Tarik Wisata Surabaya Heritage Track oleh House of Sampoerna.  Untuk menyusun laporan tersebut, Fifi, sapaan akrabnya, dibimbing oleh Dewi Mariyanah M.Par dan Hardita Kusdaryanto M.Par.

”Untuk menyelesaikan laporan pra skripsi itu, saya butuh waktu empat bulan lebih sejak pengajuan judul proposal sampai disetujui oleh dosen pembimbing sebelum maju ujian 31 Agustus 2016,” kata gadis berhijab ini, usai diuji oleh Hedy W. Saleh dan Agus Sudharsono, kemarin (Rabu, 31/08/2016).

Selanjutnya Nadya Shufriyah, yang akrab disapa Nadya, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Analisis Profil dan Perilaku Kunjungan Wisatawan di Kebun Binatang Surabaya sebagai Ikon Wisata Kota  di hadapan dosen penguji.

Setelah Nadya, sekarang giliran Dila Rahmadania yang dipanggil masuk ruang ujian guna mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul  Penerapan Standard Operational Procedure Kitchen di Rich Palace Hotel All Prime Surabaya.  Selama menyusun laporan pra skripsinya itu, Dila dibimbing R. Paulus Soetrisno M.Par.

Giliran berikutnya adalah Rizal Effendi yang diuji oleh  Hedy W. Saleh dan Agus Sudharsono. Rizal, demikian ia biasa disapa, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Eksistensi Public Relation terhadap Tingkat Kunjungan Tamu di Java Paragon Hotel Surabaya. Dalam penyusunan laporan pra skripsinya, Rizal yang dibimbing Yanuar Kadaryanto MM.

Terakhir mahasiswa D3 Prodi Perhotelan yang mendapat giliran maju ujian setelah Rizal Effendi adalah Ayu Wulandari. Ayu mengangkat judul laporan pra skripsinya Pentingnya Pengetahuan Peralatan Dapur Bagi Staff Kitchen dalam Menunjang Operasional Pengolahan Bahan Makanan (Pastry) di Sun Hotel Madiun di depan dosen penguji, Hedy W. Saleh dan Agus Sudharsono.

Sementara itu di ruang sidang ujian pra skripsi yang lain,  M. Adzib Lazwar Haq mempresentasi laporan pra skripsinya yang berjudul Sistem Penyimpanan Bahan Makanan terhadap Standar Mutu Bahan Patisserie di Hotel Bumi Resort Surabaya di hadapan dua orang dosen penguji, Otje Herman Wibowo SE. M.Par dan Yanuar Kadaryanto MM.

Dalam menyusun laporan pra skripsinya itu, M. Adzib Lazwar Haq dibimbing oleh Agus Sudharsono M.Par dan Bambang Sutrisno ST. 

Usai ujian pra skripsi, Lazwar Haq dengan wajah sumringah menunjukkan rekomendasi dosen penguji yang meminta laporan pra skripsinya direvisi agar lebih sempurna.


Setelah Lazwar Haq, giliran yang dipanggil maju ke ruang sidang adalah Tan Erlina Pandu Suryani. Gadis semampai asal Semarang ini mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Kebersihan Kitchen terhadap Hasil Makanan yang Berkualitas di Hotel Sheraton Surabaya.

Laporan pra skripsi itu dipresentasikannya dengan baik oleh Tan Erlina di hadapan dosen penguji, Otje H. Wibowo dan Yanuar Kadaryanto. Sementara itu dalam menyusun laporan pra skripsinya tersebut, Tan Erlina dibimbing Ari Purwanto SSt.Par., MM dan Imania Ayu Wulandhari ST.Par.

GIliran yang maju selanjutnya adalah Navyyandri Dwi P. Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan ini mempresentasikan laporan pra skripsinya yang mengambil judul Pengaruh Strategi Penyimpanan terhadap Standar Bahan Makanan di Hotel Ibis Style Jemursari Surabaya di hadapan dua dosen penguji sekaligus dosen pembimbingnya, Otje H. Wibowo dan Yanuar Kadaryanto.

Setelah Navyyandri, mahasiswa yang dipanggil maju ujian adalah Resha Kusuma Wardhani. Mahasiswa D3 Perhotelan yang mengenakan hijab ini mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul Pentingnya Standarisasi Bahan dan Pengolahan pada Kualitas Produk Roti di Pastry Kitchen Hotel Ibis Style Jemursari Surabaya. Dalam menyusun laporan pra skripsinya itu Resha dibimbing Renny Savitri M.Par dan Kristian Faskahariyanto SE.

Selanjutnya yang tampil adalah Denny Christian. Denny memaparkan laporan pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Bisnis Lapis Legit terhadap Peluang Bisnis di Surabaya di hadapan dosen pengujinya. Dalam menyusun laporan pra skripsinya itu, Denny Christian dibimbing oleh Ari Purwanto SSt.Par, MM.

Terakhir, mahasiswa Prodi D3 Perhotelan yang diuji oleh Ortje H. Wibowo dan Yanuar Kadaryanto adalah Stephen Tedjakusuma. Stephen, demikian dia biasa disapa, mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul Pengaturan Tata Letak Dapur terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja Karyawan Java Paragon Hotel Surabaya di Restaurant Avenue Surabaya. Dalam menyusun lapaorannya itu Stephen dibimbing Ari Purwanto dan R. Paulus Soetrisno.

Di ruang sidang berikutnya, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan yang mempresentasikan laporan pra skripsinya adalah Chandra Ali Baskoro. 

Chandra memaparkan laporannya yang berjudul Pengaruh Tingkat Kualitas Mutu Bahan dalam Menghasilkan Produk  Berkualitas Dibidang Pastry di Hotel Ibis Style Jemursari Surabaya, di hadapan dua dosen penguji, Mafthucha SE, Dipl.Hot., M.Par dan Effendi M.Pd.

Usai ujian tersebut, Chandra Ali Baskoro seraya tersenyum menunjukkan rekomendasi dari dosen penguji yang berisi tetang beberapa catatan terkait laporan pra skripsinya yang harus direvisi penulisnya sebelum dijilid hard cover.

Giliran yang maju ujian berikutnya adalah Feri Ferdian. Feri mempresentasikan laporan pra skripsinya Identifikasi Potensi Usaha Food Truck Pentol Sunduk Suroboyo di Kota Surabaya. Untuk menyusun laporan ini, Feri Ferdian dibimbing R Paulus Soetrisno dan Bambang Sutrisno.

Setelah Feri Ferdian, giliran yang dipanggil untuk presentasi laporan pra skripsi di hadapan dosen penguji adalah Jovianto S. Chandra. Mahasiswa D3 Perhotelan ini memaparkan  laporan pra skripsinya berjudul  Definisi dan Fungsi Saus dalam Berbagai Menu Kitchen di Black Canyon Coffee. Dalam menyusun laporan pra skripsinya itu, Jovianto dibimbing Ari Purwanto.

Selanjutnya yang maju ujian adalah Silvia Diana. Silvia mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul Kualitas Pelayanan Pramusaji terhadap Kepuasan Pelanggan di THR Travellodge Restaurant Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya. Untuk menyusun laporan pra skripsinya itu Silvia Diana dibimbing Dewi Mariyanah.

Usai Silvia Diana, yang mendapat panggilan maju ujian adalahTri Setiawan Luslim. Mahasiswa D3 Perhotelan yang akrab disapa Tri Setiawan ini mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul Pengaruh Tampilan Makanan terhadap Keindahan Menu ala Café di Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya. Untuk menyusun  laporannya itu, Tri Setiawan dibimbing Mafthucha dan Effendi.

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan yang terakhir tampil untuk presentasi di hadapan dosen penguji, Mafthucha dan Effendi adalah Debora Fransisca R. Debora, sapaan akrabnya, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Penyiapan Makanan Sehat Ruset Catering terhadap Penurunan Berat Badan. Untuk menyusun laporan pra skripsinya itu, Debora dibimbing oleh Yanuar Kadaryanto.

Usai ujian pra skripsi gelombang IV tersebut, 18 mahasiswa D3 Akpar Majapahit diberi pengarahan oleh pihak Akademik seputar persiapan wisuda termasuk biayanya yang dipatok Rp 2,5 jutaan per orang (besarannya seperti tahun lalu). Biaya wisuda itu antara lain untuk pengadaan baju toga, ijazah, sertifikat kelulusan D3, sertifikat D1 dan D2, serta transkrip nilai.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan di kampus Akpar Majapahit dan ingin mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di kampus tersebut, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

1 comment:

Entri Populer