Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Praktik Buat Cup Cake dengan Aneka Topping Bersama Laurentia Vivi

Peserta Diajarkan Cara Membuat ”Cup Cake” dengan Aneka Topping Cantik

LAURENTIA VIVI, dosen pastry Akpar Majapahit ini, kembali dipercaya untuk mengajarkan cara membuatcup cakedengan aneka topping kepada lima peserta pelatihan, Sabtu (13/02/2016) siang.
Lima orang peserta pelatihan, yakni Dewi Susanti, Nana, Maria, Melisa dan Tenny tampak antusias, saat diajarkan pengetahuan bahan dan praktik cara membuat tiga resep cup cake dengan penampilan cantik dan enak rasanya, oleh instrukturnya Laurentia Vivi. 

Dalam pelatihan membuat cup cake di dapur pastry satu (P1) Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Bu Vivi, sapaan akrabnya, dibantu Ida, asisten, akhir pekan lalu. Dalam kesempatan itu, Bu Vivi selain mengenalkan tentang bahan-bahan membuat cup cake, isian, topping juga peralatan apa saja yang disiapkan sebelum praktik membuatcup cake.

Untuk membuat resep pertama mocca cup cake tooping fondant, misalnya, butuh bahan topping-nya antara lain ganache, plastic icing (fondant), tepung maizena dan pewarna rainbow. Begitu juga untuk membuat resep kedua peanut cup cake topping rainbow butter cream, maka bahan untuk membuat topping-nya meliputi mentega putih, susu kental manis, whip cream bubuk, pasta vanilla, pewarna makanan rainbow (enam warna pelangi), dan trimit rainbow.


Sementara itu, untuk membuat resep ketiga (terakhir), yaknigreen tea cup cake topping ganache, maka bahan untuk membikin topping-nya adalah whipping cream cair dan cokelat masak pekat, sedangkan untuk hiasannya memakai plastic icing (fondant) dan perwarna makanan pink. 

”Bahan-bahan membuat kue (cake & bakery), aneka hiasan kue, hingga peralatan pendukungnya bisa Anda beli di Toko 9 (satu kelompok usaha dengan Akpar Majapahit dan Tristar Institute) atau toko bahan kue terkemuka yang lainnya di Surabaya,” terang Bu Vivi, instruktur cantik ini kepada peserta pelatihan.

Di dunia kuliner, cup cake dengan aneka topping yang dikreasikan oleh para pelaku usaha cake & bakery sampai saat ini masih diminati konsumen yang tertarik memesan cup cakedengan penampilan cantik dan enak rasanya untuk oleh-oleh atau dikonsumsi sendiri.

Fenomena ini yang mendorong sejumlah pihak, terutama gadis remaja, mahasiswi, ibu-ibu muda hingga calon pebisnis cake & bakery mengikuti pelatihan membuat cup cake kreasi terbaru kepada ahlinya terutama chef-chef pastry (patisserie) dari Akpar Majapahit dan Tristar Institute Surabaya.

Salah satunya adalah Dewi Susanti. Peserta pelatihan yang satu ini jauh-jauh datang ke Surabaya dari Manokwari, Papua, untuk menambah pengetahuan tentang cara membuat cup cake dengan aneka topping, yang sekarang lagi nge-trend di pasaran.

Pemilik swalayan dan toko kue (cake & bakery) di Manokwari ini tahu lembaga pelatihan membuat cup cake ini setelah dirinyasearchingmelalui internet, dan pilihan mengikuti pelatihan jatuh ke Akpar Majapahit. Jadwal ke Surabaya pun disesuaikan dengan agendanya mudik untuk sambang orang tua di Surabaya, beberapa pekan lalu.

Bagi Dewi Susanti, pelatihan ini sangat bermanfaat untuk masa depan bisnis toko cake & bakery yang baru dirintisnya. Usai ikut kursusan ini, dia bersama asistennya di Manokwari akan mempraktikkan resep membuat cup cake dengan aneka topping seperti yang diajarkan Bu Vivi, instruktur dari Akpar Majapahit. 

”Cup cake hasil kreasi saya ini nantinya akan saya display di toko sekaligus menambah pilihan jenis kue dan roti yang saya tawarkan kepada konsumen,” pungkas ibu muda asal Manokwari ini usai pelatihan kepada kruwww.culinarynews.info, akhir pelan lalu.

Nah, Anda tertarik belajar membuat cup cake aneka topping untuk home industry (usaha skala rumahan), silakan menghubungi Tim Marketing Divisi Food Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-5, 085733691648, 082330853725, PIN BB 28CCC1E0, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer