Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Ujian Praktek Tengah Semester

Hedi Wahidin,SH.,M.SI Par
Yanuar, SE
Mahasiswa Akpar Majapahit Surabaya Gelar Ujian Praktek Tengah Semester

Mahasiswa AKPAR Majapahit menggelar ujian akhir praktek yang diadakan selama 3 hari yang dimulai pada 25-27 Maret 2014. Ujian ditujukan kepada mahasiswa kelas Pastry Bakery dan Culliner. Dalam ruang praktek, terlihat beberapa mahasiswa sedang konsentrasi dalam produk yang diujikan. Mereka diberi kesempatan untuk membuat produk yang unik dan semenarik mungkin.

Ujian praktek ini dilakukan secara rutin yaitu pada akhir tengah semester dan pada akhir semester nantinya akan digelar ujian praktek kembali. Dalam penentuan tema pada ujian kali ini, beberapa mahasiswa mengaku tema berasal dari misteri box (secara acak), bahkan terdapat juga mahasiswa yang menentukan ide kreasi sendiri. Untuk juri penilaian berasal dari Dosen AKPAR Majapahit yang berjumlah 4 orang. Dalam penilaian para Dosen tim penguji menentukan nilai berdasarkan kriteria dari performance yang merupakan tampilan produk, kreatifitas, tekstur, dan rasa yang dinilai berdasarkan dari bau dan taste. Menurut Bpk. Hedi Wahidin,SH.,M.SI Par selaku Dirut Pendidikan AKPAR Majapahit menuturkan tujuan dari diadakan ujian ini ialah

  1. Untuk mengukur bagaimana hasil pembelajaran kepada mahasiswa selama ini apakah berhasil atau tidak dalam mengaplikasikan makanan serta keterampilan yang diterapkan selama proses pembelajaran.
  2. Agar mahasiswa mendapatkan prestasi akademik yang baik yang merupakan suatu kebanggaan baagi Mahasiswa AKPAR.
  3. Menuntut mahasiswa agar bisa menerapkan ide untuk menghasilkan produk yang fantastik dan mempunyai nilai harga jual yang tinggi.
  4. Agar mahasiswa nantinya dapat menjadi sumber daya professional, memiliki skill yang lengkap baik hard dan maupun soft dan memiliki keberanian ide dalam berkreasi.
Dalam ujian kali ini, Bpk.Yanuar, SE selaku tim penguji dari Dosen Mahasiswa AKPAR Majapahit berharap agar mahasiswa bisa lebih memahami tentang tekhnik dasar memasak mulai dari bahan mentah hingga siap dalam kondisi yang sempurna dan mereka dapat melalui proses belajar dengan baik.

Profil Singkat Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya

Akademi Pariwisata Majapahit adalah lembaga pendidikan formal Diploma 3 dengan program studi Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata secara formal berdiri berdasarkan surat keputusan menteri pendidikan nasional nomor 17/D/O/1997 tanggal 14 Juli 1997. Visi Akademi Pariwisata Majapahit adalah menjadi lembaga pendidikan pariwisata terdepan dalam menciptakan sumber daya manusia industry pariwisata yang professional, berbudaya dan berskala global. Akademi Pariwisata Majapahit mengembang misi pengembangan dan peningkatan mutu kurikulum dan pengajar, prasarana dan sarana pembelajaran, kreatifitas, inovasi dan kewirausahaan mahasiswa, praktek dan sinergi dengan dunia usaha pariwisata serta pengabdian masyarakat.

Melalui motto “Learning by Doing & Being”, model pembelajaran di aplikasikan dalam bentuk pemberian teori, dan pengetahuan aktual yang langsung diikuti dengan pengenalan faktual sarana dan prasarana operasional dalam studi praktek setiap hari, sekaligus mendekatkan dan mencantumkan mahasiswa dengan dunia pariwisata selama masa perkuliahan. Akademi Pariwisata Majapahit telah menjalin hubungan kerja lintas profesi dengan jajaran industri hotel berbintang, tours & travel, pengelola obyek wisata, jasa transportasi udara, laut dan darat serta institusi teknis terkait seperti layanan bandar udara, imigrasian dan dinas – dinas pariwisata daerah dalam rangka pengalokasian media praktek kerja – On the Job Training para mahasiswa di dalam dan luar negeri.

Bagi para lulusan AKPAR Majapahit tidak perlu khawatir mencari pekerjaan setelah lulus, karena pada masing – masing jurusan memiliki prospek karier yang sangat menjanjikan. Seperti Prospek Karier Lulusan Perhotelan yaitu Food Product – Junior Chef akan menjadi seorang cook terampil dan handal yang dapat menguasai berbagai jenis masakan nasional dan internasional, Front Office – Receptionist akan dapat menguasai standar pelayanan internasional guest rooming, House Keeping – Supervisor Room Attendant dapat menguasai pengorganisasian standar persiapan dan penataan kamar hotel. Dan untuk Lulusan Usaha Perjalan Wisata seperti Tour Division – Tour Planner dapat menguasai rancangan dan perhitungan paket wisata, Travel Service Division – Ticketing Service Operator akan menjadi seorang yang profesional dalam pelayanan penjualan tiket penerbangan domestic dan internasional. *dok : 4/22/2014

>>> UNTUK LIHAT RESEPNYA--- KLIK MASING-MASING GAMBAR <<<



Entri Populer