Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Profil - Valentinus Febrianto – Pastry Chef

Valentinus Febrianto – Pastry Chef
Ada Cokelat Dalam Setiap Karyanya


Perhatikan karya-karya cake dekorasinya, pastinya dengan cepat dapat disimpulkan bahwa pria pendiam ini punya “sense of art” menciptakan karya dekorasi dalam dunia pastry.
Dalam pandangan Valentinus Febrianto (24th), berkecimpung di pastry adalah dunia yang menyenangkan untuk berkarya. Bukan hanya karya dalam bentuk dekorasi cake, atau bagaimana membuat cake berpenampilan mempesona. Tapi juga bereksperimen citarasa sehingga menghasilkan karya baru yang lebih memukau.

Chef muda dengan wajah oriental yang cakep ini suka memanfaatkan cokelat sebagai bahan yang gampang untuk dikaryakan. Pasalnya, cokelat masih menjadi salah satu makanan yang ‘wah’ dan disukai banyak orang. Apalagi cokelat juga salah satu ingridien yang multifungsi.
“Cokelat gampang dibentuk dan dipadukan dengan berbagai bahan lain untuk memperkaya citarasa maupun tampilannya. Entah cokelat dibuat praline, ganache, ataupun untuk bahan glazing dan topping, maka cake jadi punya daya tarik tersendiri” tutur chef kelahiran Pamekasan 19 Februari ini.

Sebagai dosen muda, Chef Valentinus Febrianto memiliki passion dan kepekaan artistik dalam dunia pastry. Ini tampak saat Chef Valen mengajarkan kepada mahasiswa, bagaimana proses kreatifnya untuk selalu menampilkan karya dekorasi yang mempesona, lengkap dengan cokelat yang telah ia kembangkan sebagai garnish dalam berbagai bentuk.

Tak hanya itu, Chef Valen yang juga alumnus Akpar Majapahit Surabaya ini memang suka berbagi pengetahuan kepada para mahasiswanya. Pengalaman karirnya yang cukup luas, mulai dari The St. Regis Resort Bali, Citrus Lee restaurant hingga sekarang masih sebagai demo chef pastry di Hartono Elektronika membuatnya memiliki cukup pengetahuan, ketelatenan dan kesabaran untuk mengajar pastry di Akpar Majapahit, Tristar Institute Kaliwaron dan Tristar Institute BSD. *Upi











Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info

1 comment:

Entri Populer