Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Prodi UPW (Usaha Perjalanan Wisata) AKPAR Majapahit

Prospek Dunia Usaha dan Kerja 
Program Studi UPW Akpar Majapahit
Dewi Mariyanah S.St.Par

Program studi usaha perjalanan wisata yang dimiliki oleh AKADEMI PARIWISATA MA­­JAPAHIT ini telah terakreditasi B yang di­­­se­lenggarakan selama 6 (enam) semester atau ditempuh selama 3 (tiga) tahun.
Menurut Ibu Dewi selaku kaprodi UPW Ak­­par Majapahit menjelaskan bahwa sesuai dengan visi program studi usaha perjalanan wi­sata yang menjadi pusat pembelajaran te­­ori dan praktek manajemen operasional usa­­ha perjalanan wisata yang berbasis pa­da mutu usaha dan kompetensi kerja yang ber­standar internasional dalam men­cip­ta­kan sumber daya manusia industri usa­ha per­jalanan wisata yang profesional, ber­bu­daya serta berskala global.


Dimana setiap ma­hasiswa program studi usaha perjalanan wi­­sata melaksanakan beberapa rangkaian pro­­gram praktek lapangan yang terdiri dari :

  • Praktek kerja selama minimal 3 bulan
  • Familiarization Trip bandara, hotel, perusahaan tour & tra­vel dan perusahaan pe­ner­bangan, dinas pariwisata pada semester 1
  • Field Observation 1 wilayah Jatim pada semester 2
  • Field Observation 2 wilayah Indonesia pada semester 4
  • Field Observation 3 wilayah ASEAN pada semester 6

UPW Akpar Majapahit juga bekerjasama de­ngan beberapa Travel Agent, seperti Java Ex­press, Bali Tour & Travel, Rodex Tour & Travel, Kartika Tour & Travel serta bekerja sa­­ma juga dengan beberapa lembaga tinggi pariwisata, salah sa­­tu­nya ada­lah HIL­DIK­TIPARI (Him­pu­­­­­­nan Lem­baga pen­­­­­di­­­dikan Ting­gi Pa­ri­­wi­­­­sa­ta In­do­ne­­sia), HPI (Him­pu­­nan Pari­wi­­sata In­­donesia), ASI­­TA (Aso­siation In­do­­­ne­sia Tour and Tra­vel Agency). PUTRI (Per­­himpunan Usa­­ha Taman Re­kre­­asi In­­do­nesia), INA­CA (In­­do­nesian Natio­nal Air Car­rier Asso­cia­tion), INC­CA (Indo­nesian Cong­­ress & Convention Asso­ciation). Diharapkan pula dengan lembaga-lembaga ter­­sebut dapat menciptakan kerjasama dengan Akpar Ma­japahit dalam bidang On The Job Training (OJT) dan penempatan dunia kerja.

Tour & Travel Operation Management
Program kreatifitas mahasiswa menurut sekretaris Kaprodi Perhotelan, Imania Ayu bahwasannya materi yang ia ajarkan meliputi 2 aspek yaitu Tour Product dan Travel Service. “Simulasi teori setiap hari diberikan ke­pada mahasiwa dari mulai hari senin sampai de­ngan jumat pukul 12.00-16.00 dengan materi meliputi ticketing seperti booking ticket sampai proses ticke­ting, dokumentasi perjalanan seperti paspor serta peren­canaan tour seperti yang sudah berjalan saat itu yaitu tour ke Bali dengan melibatkan 124 mahasiswa patiseri Akpar Majapahit. Dimana saat itu yang menjadi Tour Leader dari mahasiswa semester 3 dan 5 UPW (Usaha Perjalanan Wisata),” jelas Nia.

Harapan dengan studi ini mahasiswa diharapkan mam­pu berwirausaha di bidang Tour & Travel serta mam­­pu menyelenggarakan tour baik di domestik mau­pun inter­nasional. Tak hanya itu saja bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan wisata maka Matoa Tour and Travel Akpar Majapahit akan membantu dalam mewu­judkan wisata tour Anda.
 

Entri Populer