Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Belajar Fruit Carving Berama Dosen Tamu dari Belanda - Chef Didi Han

 Akademi Pariwisata Majapahit

Kebanyakan orang menganggap membuat fruit carving merupakan hal yang sulit. Namun tidak bagi Didi Han, master fruit carving dengan segudang pengalaman dari negara Belanda ini. Kepada mahasiswa kelas Culinary Advanced, Didi Han berbagi ilmu seni mengukir buah. Seperti inilah antusias mahasiswa kelas Culinary Advanced saat mengikuti perkuliahan materi fruit carving.



 Bertempat di kampus Akademi Pariwisata Majapahit yang beralamatkan di jalan Raya Jemursari No. 234 & 244 Surabaya, kedatangan Didi Han sebagai dosen tamu dari negara Belanda ini bertujuan mengajak mahasiswa Culinary Advanced untuk belajar membuat fruit carving secara detail.
Keindahan fruit carving biasanya dijumpai untuk mempercantik penampilan makanan yang disajikan di acara pesta. Beberapa macam buah ataupun sayuran yang biasa diukir agar tampil lebih menarik diantaranya semangka, labu kuning, melon, kentang, lobak, bit, timun, dan masih banyak lagi. Bentuk fruit carving hasil ukiran Didi Han ini identik dengan bunga yang mengabungkan Thailand style dan Chinese style.
 Seperti yang diungkapkan Didi Han, bahwa membuat fruit carving ini kuncinya adalah kemauan, kreatifitas dan ketekunan. Sedangkan untuk pisau, yang digunakan mempunyai ujung runcing dan tajam, itu saja cukup.
 Inilah beberapa ukiran buah semangka yang menjadi style Didi Han yang memerlukan kejelian dan cukup sulit untuk ditiru. Bentuk bunga yang eksotik dari buah semangka ini tampil memikat, ada unsur warna kontras hijau, putih dan merah. Wow, keren !
Tak hanya itu, sesuai tempat domisili Didi Han saat ini, ia mengajak mahasiswa Culinary Advanced membuat bunga tulip khas Belanda. Dengan menggunakan kentang yang dipotong bentuk turnip, dan disayat pinggirnya serta dibuat lubang bagian tengahnya, jadilah bunga tulip yang begitu cantik. Simpel dan gampang dibuat, lho !
Mengenai kreasi bunga tulip, Didi Han menjelaskan untuk membuat bunga tulip tak hanya bisa dari kentang saja, kita bisa menggunakan buah ataupun sayuran yang berdaging tebal, seperti buah bit ataupun lobak. Lalu rangkai dan beri daun dari daun bawang yang dipotong memanjang, wow hasilnya pasti menarik.
Setelah Chef Didi Han menunjukan kepiawaiannya mengukir buah dan sayuran menjadi beberapa bentuk bunga, dengan pola yang sama mahasiswa Culinary Advanced menirukan belajar membuat fruit carving. Selamat mencoba dan menikmati hasil karya anda.
Ingin bisa terampil seperti para mahasiswa Culinary Advanced?, Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya bisa jadi pilihan untuk pendidikan dibidang kuliner. *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 234 & 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050


www.majapahit.org / www.matoa.info

No comments:

Post a Comment

Entri Populer