Belajar Front Office Di GRAND DARMO SUITE HOTEL Surabaya
Front Office (FO) di perhotelan memiliki peran yang sangat penting. FO juga disebut sebagai the first and the last impression of the guest. Memberi kesan yang mendalam sejak awal hingga akhir dari para tamu.
Peran penting FO itulah yang diperdalam oleh 43 mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit (Tristar Group), di Grand Darmo Suite Hotel Surabaya. Hal itu sebagai bekal mereka untuk berkarier di perhotelan.
Bryan, Front Office Manager Grand Darmo Suite Hotel, dibantu Ardi Putra, Executive Assn. Manager, mempresentasikan secara detail tentang tugas dan tanggungjawab serta job description FO.
“Tadi kita presentasikan tentang FO department secara rinci. Menjelaskan tugas dan tanggungjawab sebagai staff FO. Intinya, selain punya kecakapan wawasan, juga kemampuan berkomunikasi yang baik, grooming (penampilan diri), attitude (sikap/perilaku yang baik) dan lain-lain,” ungkap Bryan.
Mahasiswa yang didampingi R. Paulus W. Soetrisno, Kaprodi D3 Perhotelan dan Hardhita Kusdharyanto, dosen Front Office, sangat antusias mengikuti presentasi. Mereka juga melempar berbagai pertanyaan kritis yang berkaitan dengan tugas dan tanggungjawab staff FO.
Beberapa pertanyaan yang dilontarkan mahasiswa, mewakili kegelisahan mereka yang kelak akan berkarir di perhotelan. Seperti, apa persyaratan yang harus dipersiapkan agar bisa diterima bekerja di FO?
Pertanyaan lain, cara mengatasi complain dari tamu tentang fasilitas yang kurang memuaskan? Bagaimana memenuhi keinginan tamu yang minta menu tertentu yang tidak disediakan di hotel? Semua pertanyaan mendapat jawaban yang memuaskan mahasiswa.
“Saya senang melihat antusias mahasiswa. Mereka bisa memanfaatkan kesempatan untuk bertanya dan menyerap ilmu secara langsung dari expert yang memiliki segudang pengalaman di perhotelan,” komentar dosen yang akrab disapa Didiet itu.
No comments:
Post a Comment