Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Gelar Sembilan Kali Sidang Pra Skripsi MahasiswaAkpar Majapahit

104 Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit, Sukses Jalani Sidang Pra Skripsi di Gedung Graha Tristar


AKPAR MAJAPAHIT sukses menghelat sembilan kali sidang pra skripsi mahasiswa D3 Prodi Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW)  pada Semester Genap Tahun Akademik (TA) 2016/2017, mulai sidang pra skripsi Gelombang I  pada Rabu, 24 Mei 2017 hingga sidang pra skripsi terakhir (Gelombang IX) pada Sabtu, 30 September 2017 di Lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Ini berarti ada koreksi pelaksanaan sidang pra skrispi dari yang telah dijadwalkan sebelumnya yakni menggelar enam kali menjadi sembilan kali sidang pra skripsi mahasiswa D3 Prodi Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit pada Semester Genap Tahun Akademik (TA) 2016/2017. 

Pengumuman seputar waktu pendaftaran peserta sidang dan jadwal sidang pra skripsi tersebut dikeluarkan Asisten Direktur I Bidang Pendidikan Hedy W. Saleh SH, MBA, MSi.Par., pada Selasa, 29 Mei 2017. Mengacu dari pengumuman tersebut, sidang pra skripsi gelombang I telah dihelat pada Rabu (24/05/2017) lalu dengan diikuti 14 orang mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit. 

Ujian pra skripsi ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa sebelum meraih gelar akademikAhli Madya Pariwisata (AMd.Par) dari Kampus Akpar Majapahit, almamaternya,” kata Bambang Sutrisno ST.Par., Kabag BAAK Akpar Majapahit kepada kruwww.culinarynews.info, di ruang kerjanya, kemarin.

Sidang pra skripsi Gelombang I, Rabu (24/05.2017) diikuti 14 mahasiswa, sedangkan sidang pra skripsi Gelombang II  yang digelar pada Jumat (14/07/2017) pesertanya sembilan orang mahasiswa dan sidang pra skripsi Gelombang III yang dihelat Sabtu (15/07/2017) hanya diikuti empat orang mahasiswa.

Sementara itu, pelaksanaan sidang pra skripsi Gelombang IV pada Sabtu (29/07/2017), pesertanya sebanyak 21 mahasiswa. Sedangkan peserta sidang pra skripsi Gelombang V pada Sabtu (05/08/2017) tercatat hanya empat mahasiswa.

Selanjutnya peserta sidang pra skripsi Gelombang VI yang digelar pada  Sabtu (12/08/2017) sebanyak enam orang mahasiswa. Namun pada sidang pra skripsi Gelombang VII pesertanya mencapai 22 orang.

Sedangkan pelaksanaan sidang pra skripsi Gelombang VIII yang dihelat pada Sabtu (19/08/2017) pesertanya 12 orang mahasiswa dan gelaran sidang pra skripsi Gelombang IX (terakhir) pada Sabtu (30/09/2017) diikuti 12 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit.

Dengan berakhirnya seluruh rangkaian sidang pra skripsi sejak pertengahan Mei 2017 hingga akhir September 2017, pihak Akademik mencatat 104 orang mahasiswa Akpar Majapahit yang telah mengikuti sidang pra skripsi yang diselenggarakan di Lantai 4 Gedung Graha Tristar.

”Dari 104 mahasiswa tersebut, sekitar 10 persennya adalah mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW), sedangkan sisanya yang 90 persen adalah mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit,” kata Bambang Sutrisno, seraya menunjukkan buku catatan kehadiran mahasiswa pada sidang pra skripsi sejak Gelombang I sampai IX kepada kruwww.culinarynews.info, akhir pekan lalu.

Berdasarkan pengumuman sidang pra skripsi yang dikeluarkan Asdir I Bidang Pendidikan Akpar Majapahit, 13 April 2017 lalu, ada sederet persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa sebelum maju sidang pra skripsi pada Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017.

Persyaratan pertama, mahasiswa wajib mendaftarkan diri dan mengisi formulir sidang pra skripsi. Kedua, menyerahkan cetakan naskah pra skripsi yang sudah ditandatangani masing-masing Dosen Pembimbing dan Asdir I Bidang Pendidikan sebanyak dua eksemplar ke BAA (naskah sudah dalam bentuk jilid/jepit dan menggunakan soft cover).

Sedangkan syarat ketiga, mahasiswa diminta untuk menyerahkan formulir sidang pra skripsi dan formulir bimbingan pra skripsi dari Dosen Pembimbing 1 dan Dosen Pembimbing 2 kepada pihak BAA.Selanjutnya, persyaratan keempat, mahasiswa yang bersangkutan telah dinyatakan bebas pinjaman buku di perpustakaan kampus oleh petugas Perpustakaan Akpar Majapahit. 

Persyaratan kelima, telah dinyatakan bebas semua biaya perkuliahan dan syarat keenam, mahasiswa tersebut telah dinyatakan bebas semua nilai mata kuliah dari REMIDI oleh Kaprodi Perhotelan atau Kaprodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW).

Ketentuan berikutnya (syarat ketujuh), untuk presentasi sidang pra skripsi, mahasiswa yang maju sidang wajib membawa notebook/netbook/laptop sendiri. Sedangkan syarat kedelapan, mengenakan seragam lengkap Prodi D3 Perhotelan atau Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit beserta jas almamater dan name tag pada saat sidang pra skripsi berlangsung.

”Syarat yang kesembilan, peserta sidang harus hadir satu jam sebelum sidang pra skripsi dimulai (jadwal sidang dipasang H-1 pukul 12.00 WIB) dan ketentuan terakhir, (syarat kesepuluh), bila salah satu ketentuan di atas tidak terpenuhi, maka peserta sidang pra skripsi yang bersangkutan akan diikutkan pada sidang pra skripsi berikutnya,” tandas Bambang, sapaan akrabnya.

Setelah melakoni sidang pra skripsi, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan dan UPW Akpar Majapahit diminta menuntaskan biaya wisuda dengan pihak Keuangan. Selain itu mereka juga diminta pihak Akademik untuk menyiapkan satu judul buku (bisa Buku Perhotelan atau Pariwisata) per mahasiswa. 

”Buku-buku hasil sumbangan mahasiswa tersebut selanjutnya diserahkan kepada petugas Perpustakaan, demi menambah koleksi buku dan literasi ilmiah di Perpustakaan yang dikelola Kampus,” kata Soehardi Irawan, Kabag Perpustakaan di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan di kampus Akpar Majapahit dan ingin mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di kampus tersebut, silakan menghubungi Divisi MarketingAkpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer