Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Akademi Pariwisata Majapahit – Guest Lecture


Baking Demo Chocolate Truffle


Siapa yang tak suka cokelat? Cokelat truffle yang satu ini dibuat unik dengan cara dipotong-potong dan diberi topping berbeda rasa. Masih bersama tim dari ChefMate di acara ‘Guest Lecture’ kali ini baking demo dipandu oleh Chef Topan Irianto dan Chef Freddy Yorico atau yang akbar disapa Chef Rico ini mendemokan produk Chocolate Truffle yang lagi tren.


Acara baking demo yang digelar khusus untuk mahasiswa pastry Akpar Majapahit sangat menarik diikuti dan disambut antusias oleh semua mahasiswa. Seperti yang telah disampaikan Chef Otje Herman Wibowo, SE, M.Par, selaku dosen pastry dan Asdir II Bidang Keuangan Akpar Majapahit tujuan diadakannya kegiatan ini sendiri adalah untuk berbagi ilmu serta inovasi kepada para mahasiswa kelas pastry sehingga mereka bisa mempertajam kemampuannya di bidang mengolah produk makanan” ungkapnya.


Bersama Chef Topan dan Chef Rico dari tim ChefMate Chocolate, mahasiswa diajak menyaksikan langsung baking demo kedua chef muda dan tampan ini mambuat cokelat truffle yang diberi topping (Truffle with Various Topping).

‘Banyak yang bilang membuat cokelat truffle itu susah. Hal penting yang harus diperhatikan saat mengolah cokelat batang harus terlebih dahulu dilelehkan, baik itu untuk dicampur ke adonan atau sebagai topping. Sebenarnya sebelum cokelat dilelehkan, lebih baik cokelat tersebut di potong-potong dahulu agar nantinya meleleh merata. Jangan pernah melelehkan cokelat yang masih berbentuk batang jika tidak ingin proses pelelehan menjadi tidak rata. Kemudian dijelaskan bahwa ketika proses pelelehan cokelat sebisa mungkin air jangan sampai mengenai cokelat. Karena air merupakan penyebab utama rusaknya kualitas cokelat’ jelas Chef Topan..


Setelah berbagai penjelasan selesai disampaikan, Chef Topan dan Chef Rico segera mulai menjelaskan cara membuat cokelat truffle. Langkah demi langkah dijelaskan oleh Chef Topan dan Chef Rico secara berurutan, tak lupa berbagai tips sukses dalam memasak cokelat.

‘Selanjutnya perhatikan kembali api yang digunakan saat proses pelelehan. Sebaiknya gunakan api kecil saja dan jangan lupa untuk terus mengaduk perlahan cokelat menggunakan spatula/balloon whisk agar mudah mengetahui apakah cokelat tersebut sudah meleleh sempurna atau belum’ ucap Chef Topan sambil berbagi tips.



Baking demo kali ini tak hanya sekedar dijelaskan mengenai cara membuatnya saja melainkan para mahasiswa yang mengikuti baking demo juga diajak praktik langsung membuat produk cokelat truffle. Bahan yang digunakan adalah ganache yang dibuat dari ChefMete Dark Chocolate Compound, fresh cream dan mentega tawar. Setelah semua bahan tersebut dilelehkan, cetak dalam Loyang yang telah dialasi plastik mika, lalu dibekukan dan siap dipotong-potong. Untuk menambah cantik tampilannya, truffle ini ditopping dengan cacao powder, cokelat green tea, cokelat stroberry, atau topping lainnya. Cukup mudah, lho….


Tak lama kemudian, proses pembuatan cokelat truffle pun segera menunjukkan hasil jadinya. Para mahasiswa juga bisa mencicipi hasil demo yang kala itu dibagikan.
‘Yang pasti acara ini menarik sekali, beruntung kita bisa belajar dan menambah pengetahuan. Trus, hasil jadinya sangat enak lho.... pokoknya seru dan tidak rugi waktu ikutan baking damo ini’ ungkap Ibed, Zismy, Riva dan teman-temannya.


Sampai jumpa di acara baking demo selanjutnya dengan menghadirkan dosen tamu (guest lecture) dan tema-tema yang menarik lainnya di kampus Akademi Pariwisata Majapahit. *Upi

Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050

www.majapahit.org /www.matoa.info

Entri Populer