Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Akpar Majapahit Surabaya Raih 2 Awards ‘Diploma Medal’

Di Kompetisi Bergengsi Bagi Para Chef di Salon Culinaire 2015


Kompetisi Salon Culianire merupakan sebuah ajang kompetisi bergengsi bagi para chef hotel dan restoran yang berlomba menampilkan kemampuan dan keterampilan mereka untuk mengasah jiwa kemandirian, kreatifitas, dan sikap siap bersaing di ajang kompetisi nasional maupun internasional.
Untuk pertama kalinya Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya berpartisipasi dalam Salon Culinaire. Kali ini Akpar Majapahit Surabaya mengikuti 3 kelas lomba di antaranya: Petit Four or Praline diikuti oleh Febe Ayu, Asian Creative Canape diikuti oleh Cindra Siedharta, dan Australian Beef Challenge diikuti oleh Boediono Koeswadi. dan Reza Pranata.
Pada puncak acara tersebut, Akpar Majapahit Surabaya meraih prestasi dengan 2 Diploma Medals. Penganugrahan medali tersebut berdasarkan perolehan nilai dari juri-juri internasional yang telah mengantongi sertifikat juri internasional yang di sahkan oleh World Association of Chefs Sociaties (WACS).

Perolehan medali ‘Diploma Medal’ diraih oleh chef Cindra Siedharta dengan kategori Asian Creative Canape dan 2 orang chef muda yang tergabung satu team yaitu Boediono Koeswadi dan Reza Pranata dalam kategori Australian Beef Challenge.
“Untuk canape saya mencoba menyajikan dengan citarasa tradisional seperti Sushi Daging Rendang, Sate Blora dan lumpia Semarang yang dibentuk mungil-mungil, sehingga lebih istimewa dan gampang dinikmati. Bagi saya kompetisi memasak ini yang penting jangan takut menggabungkan antara makanan tradisional Indonesia dengan makanan Barat, justru disitu letak daya tariknya” ungkap Chef Cindra yang mengaku baru pertama kali ikut kompetisi memasak seperti ini.

Lain halnya dengan cerita chef Budi dan chef Reza, dalam kompetisi challange ini hanya dengan waktu 2 jam harus bisa menyajikan 3 sajian menu yang masing-masing sebanyak 4 porsi, diantaranya mix lettuce w/ creamy Italian dressing untuk appetizer, lalu Grilled Australian Beef with Brandy & Beans Sauce untuk main course dan vanilla pannacotta w/ strawberrt meringue sebagai dessertnya. Dengan menerapkan ilmu Western Food Gastronomy, Chef Budi memadukan olahan daging sapi yang di grilled dipadu saus yang dibuat seperti foam (busa) dan juga aneka sayuran tertata cantik sebagai pelengkapnya.
Kedepannya, Akpar Majapahit Surabaya akan mempersiapkan mahasiswa yang lebih matang lagi untuk ikut serta dalam kompetisi internasional. Harapannya, pencapaian prestasi mahasiswa Akpar Majapahit Surabaya akan lebih baik lagi dan mengharumkan nama Akpar Majapahit Surabaya dan Indonesia di ajang internasional.


Bertambah lagi prestasi membanggakan yang diraih mahasiswa Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya. Anda ingin seperti mereka ? Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya bisa jadi pilihan untuk pendidikan dibidang kuliner. *Upi

Kampus Akademi Pariwisata Majapahit

Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050







No comments:

Post a Comment

Entri Populer