Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Molecular Gastronomy @ Advanced Pastry Class


Pastry Advanced – Akademi Pariwisata Majapahit
Belajar Pembuatan Ice Cream Dengan Nitrogen


Pemandangan menarik dilakukan mahasiswa Akpar Majapahit kelas Pastry Advanced saat praktik pembuatan ‘Yoghurt & Ice Cream’. Dalam materi ini, mahasiswa diajarkan 9 resep dasar, diantaranya Plain Yoghurt, Spoonable Yoghurt, Yoghurt Drink, Ice Cream Yoghurt, Eggless Ice Cream, Mung Bean Ice Cream, Soya Ice Cream, Healty Ice Cream dari bahan sayuran pokcoy dan buah bit.


Seperti diterangkan oleh dosen Anastasia Kristien, pada proses pembuatan es krim, mahasiswa kelas Pastry Advanced diajarkan bagaimana membuat es krim dengan teknik yang terbilang cukup cepat yaitu dengan menggunakan nitrogen. Cara ini untuk menghasilkan es krim bertekstur lebih lembut dan kristal es yang lebih kecil daripada jika dibuat dengan cara biasa. Cepatnya waktu pendinginan membuat es krim yang dihasilkan lebih praktis tanpa memerlukan bahan tambahan seperti, kuning telur, emulsifier, atau bahan penstabil lain.


"Nitrogen cair yang kita gunakan ini berfungsi mendinginkan makanan secara cepat, sebagai aplikasinya kita coba dalam pembuatan es krim. Wujud nitrogen ini berupa cairan bening yang memiliki suhu rendah, yakni suhu -120°C " ujar dosen Anastasia Kristien yang ditemui disela-sela waktu mengajarnya.
 Untuk penggunaannya, dosen Anastasia menerangkan, tinggal tuangkan nitrogen cair ke dalam adonan es krim yang sedang dikocok, es krim akan jadi dalam dua menit tanpa harus dimasukkan ke lemari es. Begitu dituangkan, uap yang dihasilkan menimbulkan kesan menarik seperti asap putih.


Ia melanjutkan meski cara penggunaannya terlihat sederhana, nitrogen cair tak bisa diperlakukan sembarangan, lho. Harus mengenakan sarung tangan dan kacamata khusus sebelum memakai nitrogen cair. Pasalnya, zat kimia ini tidak boleh menyentuh kulit dan harus disimpan di tempat tertutup.
 Tampaknya pemakaian nitrogen cair dalam makanan mulai marak dengan menerapkan teknologi gastronomi molekuler. Lantas apakah nitrogen cair aman dikonsumsi? ‘Penggunaan nitrogen cair dalam makanan aman selama mengikuti peraturan keselamatan’ pungkas dosen Anastasia Kristien.


   Nah, ingin lebih jauh lagi mempelajari dunia pastry? Akademi Pariwisata Majapahit menjadi satu-satunya sekolah di Surabaya yang menawarkan kelas untuk Pastry Advanced. Lembaga pendidikan yang bisa direkomendasi sebagai tempat memperoleh ilmu yang mendalam dan komprehensif mendalami pembuatan dan pengenalan produk pastry. *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050


www.majapahit.org / www.matoa.info

No comments:

Post a Comment

Entri Populer