Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahi Belajar Memasak Middle East Food

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Diajarkan Chef Nadya Ratri, S.Pd., M.Kes Membuat Hamud, Challah dan Yakhnee Samak

PADA tatap muka hari ke-34, Jumat (03/03/2017) pagi, 11 mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit kembali diajarkan membuat masakan Timur Tengah (Middle East). Kali ini menu masakan yang dicoba adalah Hamud, Challah dan Yakhnee Samak  yang diajarkan oleh chef Nadya Ratri S.Pd., M.Kes., di Dapur Culinary 2, Lantai 3, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Sesuai panduan dari Buku Ajar (Silabus) Kumpulan Praktik Kuliner, pengajaran pada pekan kedelapan ini, tepatnya mulai Selasa (28/02/2017) hingga Senin (06/03/2017) mahasiswa Culinary Class kembali mempraktikkan tiga resep menu masakan Timur Tengah setiap kali pertemuan.

Untuk memudahkan pekerjaan di dapur, 11 mahasiswa Culinary Class dibagi dalam dua kelompok. Kelompok 1, anggotanya adalah Yudha Pratama Susilo, Aisyah Nadia Ambarsari dan Giovanni Sandhika Pratama, sedangkan anggota Kelompok 2 adalah Abdul Aziz Romadhoni, Bagas Septiando Azhari dan Siti Saodah.

Sementara itu, Kelompok 3 anggotanya terdiri dari Yudhi Pratama Susilo, Yuli Purwaningsih dan Antonius Wianditya Ivan Pradipta. Kelompok 4 anggotanya meliputi Desy Rizky Utami dan Adhi Fauzan Rafi. Empat kelompok itu tampil all out sejak persiapan memasak hingga mem-plating hasil masakannya, sebelum masakan tersebut disajikan dan dinilai oleh dosen pembimbing.

Menu pertama yang dibuat mahasiswa Culinary Class adalah Hamud, Bahan yang dibutuhkan antara lain chicken breast, celery, garlic, lemon, salt, pepper dan rice. Cara membuatnya nasi yang sudah dimasak kemudian dibumbui dengan bahan-bahan tersebut di atas termasuk ditambahkan dengan irisan dada ayam. Nasi yang sudah dibumbui itu kemudian dipanaskan lagi sampai matang.

Setelah proses memasak selesai, Hamud baru di-plating di atas piring lalu dihias dengan irisan tomat, lemon dan sauce agar penampilannya semakin menarik dan tampak cantik, sebelum Hamud  tersebut dihidangkan.

Sedangkan menu kedua yang dibuat mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit kelas pagi adalah Challah. Untuk membuat Challah bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain bread flour, instant yeast, sugar, salt, fresh milk dan butter.

Semua bahan untuk membuat roti tawar ini dicampur jadi satu, dibuat adonan sampai kalis kemudian dioven pada suhu 180 *C selama 30 menitan. Untuk membuat tampilannya agar tampak cantik, maka adonan Challah  dibuat sedemikian rupa seperti mengepang rambut.

Untuk penyajiannya, disiapkan piring ceper (loyang) untuk menaruh Challah yang sudah dipotong jadi 7-8 irisan, dihias dengan daun selada dan mangkuk kecil yang berisi salad sayur. Setelah pekerjaan mem-plating selesai, maka Challah baru disajikan dan siap untuk disantap bersama.

Sementara itu untuk membuat menu ketiga, Yakhnee Samak, bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi snapper, garlic, onion, tomato, parsley, lemon juice, salt, pepper. water dan bay leaf. Saat memasak bahan-bahan tersebut masih ditambahkan dengan seasoning demi menambah citarasa makanan yang dimasak.

Setelah semua tahapan dari proses masak Yakhnee Samak tersebut selesai, mahasiswa diminta mem-plating masakan itu sesuai kreasinya masing-masing. Hasil kreasi masakan itu kemudian dinilai oleh dosen pembimbing dari aspek citarasa, tekstur, penampilan dan kebersihan.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

1 comment:

Entri Populer