Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Bakti Sosial HMPI Jatim di Kecamatan Tirtoyudo Malang

Mahasiswa D3 Akpar Majapahit Turut Bersih-bersih Pantai Bolu-Bolu, Wediawu dan Pantai Lenggoksono

 
SEKITAR 11 orang mahasiswa D3 Akpar Mahapahit yang menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI) Jatim pada pertengahan Mei 2016 lalu, atau tepatnya 13-15 Mei 2016, menghadiri acara bakti sosial bersih-bersih Pantai Bolu-Bolu, pantai Wediawu  dan Pantai Lenggoksono di Teluk Bowele Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang

 
Acara yang dihelat oleh HMPI Jatim tersebut bertajuk: ”HMPI Jatim Peduli Bina Wisata Desa Purwodadi”. Di acara bakti sosial tersebut, mahasiswa Akpar Majapahit ini bergabung dengan puluhan mahasiswa lain dari Universitas Brawijaya Malang dan Satya Widya Surabaya, anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) serta masyarakat setempat yang peduli terhadap kelestarian lingkungan di kawasan objek-objek wisata alam (ecotourism) Indonesia.

 
Mahasiswa D3 Akpar Majapahit yang hadir untuk mengapresiasi kegiatan bakti sosial HMPI Jatim di Desa Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo Kab. Malang itu adalah Arvin, Aditya, Angel, Rochim, Rizki, Alex, Claudia, Eka, Sari, Ira dan Sarah. Acara ini merupakan salah satu bentuk kepedulian mahasiswa demi kemajuan industri pariwisata Indonesia di masa mendatang.

 
Agenda bersih-bersih pantai yang elok pemandangannya itu tidak lepas dari dampak booming spot wisata di destinasi wisata Kecamatan Tirtoyudo belakangan ini. Namun belum diimbangi oleh kepedulian pengunjung dalam menjaga kebersihan pantai dari tumpukan plastik, koran bekas, ranting pohon, dan sampah yang lainnya.

 
”Inilah saatnya kami dari HMPI yang didukung anggota Pokdarwis bersama masyarakat setempat bahu membahu melakukan aksi bersih-bersih bareng agar pantai tampak asri dan bersih dari aneka sampah,”  kata Angel bersama Sarah, Eka dan Claudia di kampus, kepada kru www.culinarynews.info, baru-baru ini.

 
Sekadar informasi, destinasi wisata di Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang sudah lama terkenal dengan produk pertaniannya mulai dari ujung utara yang berbatasan dengan Gunung Semeru sampai dengan ujung selatan berbatasan dengan Samudra Indonesia masing-masing desa mempunyai unggulan hasil pertanian, perkebunan dan kelautan, potensi tersebut sudah berkembang dan menjadi urat nadi perekonomian di Kecamatan Tirtoyudo.

 
Selain potensi di atas, potensi wisata mulai dilirik untuk dikembangkan, akhir-akhir ini booming spot wisata di kawasan Teluk Besar Bowele, Desa Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo dengan wisata unggulan Pantai Banyu Anjlok, Pantai Bolu-Bolu untuk lokasi snorkling, serta Pantai Lenggoksono dan Pantai Wediawu untuk lokasi surfing.

 
Selain lokasi wisata yang sudah terkenal tersebut masih ada lokasi lain yang juga tidak kalah cantiknya yaitu Air terjun Pantai Wedi Putih Desa Pujiharjo dan Coban Gerimis atau Goa Lowo Desa Sumbertangkil Kecamatan Tirtoyudo lokasi ini sangat cocok untuk wisatawan yang suka tantangan karena untuk mencapai lokasi perlu perjuangan ekstra.

 
Kedua lokasi wisata tersebut masih perlu dikembangkan sehingga dapat menambah alternatif wisata khususnya Kecamatan Tirtoyudo umumnya Kabupaten Malang, tentunya dengan kepedulian Pemerintah dan masyarakat sekitar untuk mengembangkannya, semoga tampilan ini bisa menjadi referensi para traveler dan kedepan dapat dikembangkan menjadi segitiga wisata Kecamatan Tirtoyudo Purwodadi – Pujiharjo – Sumbertangkil.

 
Sementara itu objek wisata pantai yang mulai banyak dikunjungi wisatawan adalah Teluk Besar Bowele. Teluk Bowele adalah area pesisir yang berada di Desa Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang, teluk ini memanjang mulai dari Pantai Bolu-Bolu, Pantai Lenggoksono dan Pantai Wediawu Dusun Balearjo Desa Purwodadi atau disingkat dan lebih populer dengan sebutan Bowele.

 
Area pesisir yang akhir-akhir ini booming bagi wisatawan domestik maupun manca negara, dari letaknya yang berada di Samudra Indonesia orang pasti beranggapan tidak mungkin melakukan kegiatan bahari di lokasi ini, karena pantai selatan sudah terkenal dengan ombaknya yang tinggi dan pantainya dalam, namun berbeda dengan kebanyakan pantai di wilayah Kabupaten Malang, di area ini banyak kegiatan karena pantainya yang landai dan ombaknya tidak terlalu besar, kegiatan yang dapat dilakukan antara lain:

 
1. Pantai Bolu-Bolu 
lokasi camping ground, swimming, tracking dan melihat sunrise jarak lebih kurang 20 menit perjalanan perahu dari Pantai Lenggoksono dan dapat ditempuh dengan sepeda motor melewati hutan.

 
2. Teluk Kletakan 
lokasi snorkling, diving dan area pemancingan tebing jarak 15 menit perjalanan perahu dari Pantai Lenggoksono dan dapat ditempuh sepeda motor melewati hutan.

 
3. Pantai Banyu Anjlok (air terjun di bibir pantai) 
lokasi tracking, swimming jarak 10 menit perjalanan perahu dari Pantai Lenggoksono dan dapat ditempuh sepeda motor melewati hutan.

 
4. Pantai Lenggoksono 
lokasi surfing (selancar) cocok bagi pemula Pantai ini adalah pemberhentian terakhir bagi pendatang/wisatawan yang menggunakan kendaraan roda empat.

 
5. Pantai Wediawu 
lokasi surfing (selancar) lokasi 2 km arah timur Pantai Lenggoksono dan dapat ditempuh kendaraan roda empat.

 
Teluk Lenggoksono selama ini juga dijadikan tempat konservasi udang jenis lobster. Lokasi Teluk Bowele berjarak kurang lebih 70 km dari pusat Kota Malang arah tenggara, jalan yang mulus sampai di pantai sangat memudahkan wisatawan mengaksesnya.

 
Untuk datang ke sana, walaupun terhitung masih baru lokasi wisata ini sudah menyediakan homestay bagi wisatawan yang akan bermalam dan tidak ingin bermalam di lokasi camping ground, warung-warung sudah banyak berdiri, toilet juga sudah ada, namun demikian semua fasilitas tersebut masih perlu ditingkatkan guna kenyamanan pengunjung.

 
Tentunya dengan kesan baik dari pengunjung akan menambah daya tarik lokasi ini agar dapat menjadi unggulan wisata Kabupaten Malang. Semoga.

 
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

1 comment:

Entri Populer