Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Diajarkan Membuat Swedish Pot Roast

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Diajarkan Buat Swedish Pot Roast, Shrimp ala Catalan dan Galantine bersama Chef Nadya Ratri, S.Pd., M.Kes
PADA tatap muka hari ke-26, Selasa (21/02/2017), kemarin, 11 mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit diajarkan membuat Swedish Pot Roast, Shrimp ala Catalan dan Galantine oleh chef Nadya Ratri S.Pd., M.Kes., di Dapur Culinary 2, Lantai 3, Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Sesuai panduan dari Buku Ajar (Silabus) Kumpulan Praktik Kuliner, pengajaran pada pekan ketujuh ini, tepatnya mulai Senin (20/02/2017) hingga Jumat (24/02/2017) mahasiswa Culinary Class kembali mempraktikkan tiga resep menu masakan Eropa.

Untuk memudahkan pekerjaan di dapur, 11 mahasiswa Culinary Class dibagi dalam dua kelompok. Kelompok 1, anggotanya adalah Abdul Aziz Romadhoni, Bagas Septiando Azhari, Aisyah Nadia Ambarsari, sedangkan anggota Kelompok 2 adalah Desy Rizky Utami dan Antonius Wianditya Ivan Pradipta.

Sementara itu, Kelompok 3 anggotanya terdiri dari Yudha Pratama Susilo, Siti Saodah dan Giovanni Sandhika Pratama. Kelompok 4 anggotanya meliputi Adhi Fauzan Rafi, Yuli Purwaningsih dan Yudhi Pratama Susilo. Empat kelompok itu tampil all out sejak persiapan memasak hingga mem-plating hasil masakannya, sebelum masakan tersebut disajikan dan dinilai oleh dosen pembimbing.

Untuk membuat Swedish Pot Roast, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain lean beef, onion, nutmeg, garlic, cinnamon, brown sugar, ginger, red wine, salt, pepper dan bayleaf. Demi mempercantik tampilan masakan ini saat di-plating, maka mahasiswa juga diminta membuat mash potatoes yang sudah dibumbui.

Menu kedua yang dibuat mahasiswa adalah Shrimp ala Catalan. Bahan yang dibutuhkan antara lain salad oil, shallot, garlic, tomato, white wine, basil, red bellpepper dan prawn clean. Sedangkan menu ketiga, Galantine, bahan-bahannya meliputi ground chicken breast, pate spice, egg, carrot, brown stock (kaldu) dan untuk membuat pate spice-nya bahan-bahan yang dibutuhkan yakni pepper white, nutmeg, ginger dan clove ground. 

Setelah semua tahapan dari proses masak tersebut selesai, setiap kelompok diminta mem-plating masakan sesuai kreasinya masing-masing. Hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Class itu kemudian dinilai oleh dosen pembimbing dari aspek citarasa, tekstur, penampilan dan kebersihan.

Sekadar informasi, pada pertemuan hari ke-25, Senin (20/02/2017) lalu, 11 mahasiswa Culinary Class –dibagi empat kelompok masing-masing beranggotakan tiga orang-- praktik membuat Stuffed Prawn, Cream of Mushroom Soup dan Tarte Tatin yang juga dibimbing langsung oleh chef Nadya, sapaan akrab Nadya Ratri.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

No comments:

Post a Comment

Entri Populer