Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary Diajarkan Teknik Buat American Burger

Showmanship Bersama Chef Nadya Ratri SPd., MKes
PADA  hari Kamis (09/02/2017), dihelat acara showmanship (demo masak) oleh chef –Ari Purwanto, Nadya Ratri dan Yanuar Kadaryanto-- yang sehari-hari mengajar mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary Kelas Pagi dan Siang, di Dapur Culinary 1, 2 dan 3, dengan menu masakan utama American Burger.
Di Dapur Culinary 2, misalnya, chef Nadya Ratri SPd., M.Kes., menunjukkan kepiawaiannya demo masak American Burger di hadapan 11 mahasiswa yang menjadi anak didiknya. Kegiatan showmanship tersebut dihelat di Lantai 3, Gedung Graha Tristar, Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Dalam kegiatan showmanship kali ini, keterlibatan mahasiswa Culinary Class hanya sebatas prepare bahan ke pihak store (Toko 9) sekaligus menyiapkan bumbu, daun selada, buah tomat, kentang, bawang bombay, daging burger yang akan dimasak pada gelaran showmanship. Selebihnya mahasiswa fokus menyaksikan aksi chef Nadya Ratri mendemonstrasikan bagaimana teknik membuat American Burger yang sedap dan nikmat saat disantap.

Citarasa American Burger yang dibuat chef Nadya terasa bedanya karena mengadopsi resep original American Burger dari Negeri Paman Sam (Amerika Serikat). Resep itu tidak tersedia di Silabus (Buku Ajar) Kumpulan Resep Kuliner yang dipegang mahasiswa.

Setidaknya ada empat tahapan membuat American Burger, yakni (1). membuat Burger Bun, (2). menyiapkan Dressing-nya, (3) menyiapkan Vegetable (Filling) dan (4). Beef Patty. Bahan untuk membuat Burger Bun antara lain bread flour, sugar, salt, yeast, bread impower, egg, fresh milk, cold water dan butter.

Sedangkan untuk menyiapkan dressing-nya bahan yang dibutuhkan antara lain mayonnaise, jalapeno, onion dan oil pickle. Tahapan selanjutnya adalah menyiapkan Vegetable (Filling) yakni lettuce, tomato, onion dan quick melt cheddar.

Dan yang terakhir adalah memasak Beef Patty.  Dalam hal ini daging burger yang dipilih adalah jenis low fat ground beef. Sementara itu garlic, onion, cream, egg, panko (Japanese bread crumb) dan black pepper untuk bumbunya.

Mahasiswa Culinary Class yang menyaksikan gelaran showmanship itu adalah Bagas Septiando Azhari, Desy Rizky Utami, Yudhi Pratama Susilo, Aisyah Nadia Ambarsari, Giovanni Sandhika Pratama, Yudha Pratama Susilo, Abdul Aziz Romadhoni, Yuli Purwaningsih, Siti Saodah, Antonius Wianditya Ivan Pradipta dan Adhi Fauzan Rafi.

Ditemui kru www.culinarynews.info usai acara demo masak American Burger di Dapur Culinary 2, chef Nadya, mengatakan, gelaran showmanship kali ini untuk menyegarkan kembali pemahaman mahasiswa bagaimana cara memasak yang baik dan benar sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri pariwisata dan perhotelan.

”Dengan demikian anak didiknya tidak terjebak dalam rutinitas praktik masak di dapur sesuai panduan pada silabus (buku ajar) kumpulan resep kuliner. Melalui gelaran showmanship ini kami ingin anak didiknya semakin cakap dan kreatif mengembangkan ilmu masak memasaknya,” pungkas chef Nadya, sapaan akrabnya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer