Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Advanced Pastry Class Praktik Membuat Chocolate Ornament

Diasuh oleh Dosen Pastry Otje H. Wibowo, SE., M.Par
PADA pertemuan pekan keempat, Senin (06/02/2017)-Jumat (10/02/2017), empat mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Advanced Pastry Class diajarkan membuat Chocolate Ornament & Modelling oleh chef Otje H. Wibowo, SE., M.Par, Dosen Pastry Akpar Majapahit dan asistennya, Jiurike Alverina.

Empat orang mahasiswa Advanced Pastry Class itu adalah Givari Madagaskar, Dina Merlina Kristanti, Haryanti Suwinto dan Christine Cahya Natalia. Mereka belajar di Dapur Pastry 2, Lantai 2, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Dalam praktik membuat Chocolate Ornament & Modelling kali ini, chef Otje, sapaan akrabnya mengangkat tema Down to Earth (Back to Nature) atau kembali ke alam.  Untuk mengkreasi Chocolate Ornament & Modelling ini, pihaknya terinspirasi oleh keindahan alam seperti daun, bunga buah, kupu-kupu dan yang lainnya. 

”Dari inspirasi alam tersebut, kemudian kami aplikasikan dalam mengkreasi tampilan Chocolate Ornament & Modelling bersama empat orang mahasiswa Advanced Pastry Class,” kata chef Otje kepada kru www.culinarynews.info, di sela-sela kesibukannya membimbing mahasiswa praktik menghias chocolate showpiece di Dapur Pastry 2, Jumat (10/02/2017) pagi.

Diakui Otje, pembelajaran kepada mahasiswa Advanced Pastry Class lebih menitik beratkan pada kreativitas masing-masing dosen pembimbing membaca trend kekinian di bidang pastry (patisserie). Pasalnya, saat praktik mahasiswa Advanced Pastry Class tidak lagi mengacu pada buku ajar (silabus) yang dikeluarkan pihak akademik. ”Jadi model pengajarannya senantiasa mengikuti trend kekinian,” tandasnya.

Mengingat dalam praktik membuat Chocolate Ornament & Modelling ini ukurannya (tinggi) di atas 50 cm, maka dalam bidang pastry (patisserie) praktik semacam ini biasa disebut showpiece, sedangkan hiasan motif bunga yang ditaruh di atas cake disebut centrepiece karena ukurannya kecil (mini).  

Dalam praktik kali ini, Chocolate Ornament & Modelling yang dikreasi dosen bersama mahasiswa tingginya sekitar 75 cm. Membutuhkan bahan coklat sekitar 6 kilograman, dengan rincian dark chocolate 4 kg, milk chocolate (coklat muda) 1 kg dan white chocolate (coklat putih) 1 kg. 

Sedangkan bahan untuk menghias coklat tersebut, pihaknya menggunakan luster dust –bahan ini bisa dimakan (edible)—dengan aneka pilihan warna menarik mulai gold, silver, pink silver, green silver dan sebagainya

”Sementara itu, demi menjaga tampilan Chocolate Ornament & Modelling tetap menarik dan tidak rusak karena salah handling dan penyimpanan, sebaiknya ditempatkan di suhu ruangan yang ber-AC dengan temperatur sekitar 22* Celsius, yang merupakan suhu idealnya. Jika suhu ruangan untuk penyimpanan di atas 23* Celsius dikhawatirkan coklatnya akan meleleh,” terang chef Otje H. Wibowo.

Dalam kehidupan sehari-hari, mahasiswa bisa memanfaatkan keahliannya membuat Chocolate Ornament & Modelling untuk bisnis karena hasil kreasi seperti ini banyak diserap oleh pelaku weeding organizer ketika menggelar pesta pernikahan, acara jamuan makan malam ala buffet (prasmanan) dan acara-acara istimewa yang lainnya.

Untuk membuat Chocolate Ornament & Modelling dengan tinggi 75 cm, misalnya, harga yang dipatok kepada konsumen bisa mencapai kisaran Rp 1,5 jutaan per unitnya. Harga tersebut untuk pengadaan bahan aneka chocolate, luster dust dan jasa tenaga kerjanya, belum termasuk ongkos kirim. 

Sekadar informasi, mahasiswa Advanced Pastry Class, sebelum diajarkan chef Otje H. Wibowo praktik membuat Chocolate Ornament & Modelling, mereka telah dibekali membuat Butter Cream Decoration oleh chef Lily Handayani (pada tatap muka pekan pertama), Traditional Modern Cake oleh chef Renny Savitri (pertemuan pekan kedua) dan All About Cheese oleh chef Laurentia Vivi (tatap muka pekan ketiga) di Dapur Pastry 2, Lantai 2, Gedung Graha Tristar Surabaya.

Nah, Anda tertarik belajar membuat Chocolate Ornament & Modelling, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-5, 085733691648, 082330853725, PIN BB 28CCC1E0, sekarang juga. (ahn)

No comments:

Post a Comment

Entri Populer