Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Belajar Masak European Food (3)

Bersama Chef Nadya Ratri, S.Pd., M.Kes, Mahasiswa Culinary Class Praktik Buat Hungarian Beef & Potato Soup, Ratatuille dan Red Snapper with Honey Roasted Garlic
PADA tatap muka hari ke-15, Jumat (03/02/2017) lalu, 11 mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit kembali mengikuti praktik masak Hungarian Beef & Potato Soup, Ratatuille dan Red Snapper with Honey Roasted Garlic yang diasuh oleh chef Nadya Ratri S.Pd., M.Kes., di Dapur Culinary 2, Lantai 3, Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Untuk membuat Hungarian Beef & Potato Soup, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain ground beef, onion, green bellpepper, flour, potato, paprika, cayenne, marjoram, salt, tomato paste dan brown stock (kaldu dari tulang kaki sapi yang telah disangrai lebih dulu).

Kaldu dari tulang kaki sapi yang telah disangrai lebih dulu disiapkan mahasiswa pada H-1 sebelum mereka praktik. Artinya untuk membuat kaldu dari tulang kaki sapi (brown stock), mahasiswa sudah prepare di Dapur Culinary 2 pada Kamis (02/02/2017) pagi sekitar pukul 09.00 hingga siang pukul 14.00 WIB. Dengan demikian pada hari H-nya, kaldu tersebut sudah siap untuk memasak Hungarian Beef & Potato Soup.

Sedangkan bahan yang diperlukan untuk membuat Ratatuille  antara lain zucchini, eggplant, onion, carrot, red bell, tomato concasse, mozzarella dan parmesan. Sementara itu untuk membuat Red Snapper with Honey Roasted Garlic, membutuhkan bahan-bahan seperti apple vinegar, honey, bay leaf, salt, pepper corn, rosemary, thyme, black pepper, eggplant dan olive oil.

Untuk memudahkan pekerjaan di dapur, 11 mahasiswa Culinary Class dibagi dalam empat kelompok. Kelompok 1, anggotanya adalah Abdul Aziz Romadhoni, Bagas Septiando Azhari dan Antonius Wianditya Ivan Pradipta, sedangkan Kelompok 2 terdiri dari Aisyah Nadia Ambarsari, Adhi Fauzan Rafi dan Yudhi Pratama Susilo.

Sementara itu, Kelompok 3 beranggotakan Siti Saodah dan Yuli Purwaningsih, sedangkan Kelompok 4 anggotanya terdiri dari Desy Rizky Utami, Yudha Pratama Susilo dan Giovanni Sandhika Pratama.

Sekadar informasi, sebelum praktik masak Hungarian Beef & Potato Soup, Ratatuille dan Red Snapper with Honey Roasted Garlic, pada hari ke-11, 12, 13 dan 14 mahasiswa Culinary Class telah diajarkan membuat aneka masakan European Food oleh chef Nadya Ratri di Dapur Culinary 2.

Praktik masak pada hari ke-11 membuat tiga resep masakan, yakni Portuguese Tomato & Rice Soup, Greek Lemon Lamb dan Lyonaisse Potato. Sedangkan praktik masak pada hari ke-12, mahasiswa diajarkan membuat Baked Potato Soup, Switzerland Spaetzel dan Chicken Normandy. 

Selanjutnya pada hari ke-13, mahasiswa Culinary Class praktik membuat Chickpeas & Golden Vermicelli, Irish Stew dan Spanish Squid with Citrus Juice. Sementara itu pada hari ke-14, mahasiswa belajar membuat Irish Beef Stout Stew, Hungarian Beef Goulash dan Irish Potato.

Pembelajaran masak European Food oleh dosen pembimbing berlangsung selama tiga pekan (15 kali pertemuan). Sesuai panduan dari buku ajar (silabus), mahasiswa Culinary Class dijadwalkan mengikuti praktik masak sekitar 39-45 resep. Pasalnya, setiap kali tatap muka, mahasiswa diajarkan membuat tiga resep masakan Eropa.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer