Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Praktik Buat Masakan Singapore Food

Berbagi Ilmu dengan Chef Nadya Ratri SPd., MKes Praktik Buat Tiga Masakan Singapore Food
PADA tatap muka hari keenam, Senin (23/01/2017), 12 mahasiswa Culinary Class dibekali teori dan praktik membuat masakan Singapura (Singapore Food) oleh chef Nadya Ratri SPd, MKes., di Dapur Culinary 2, Lantai 3, Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Materi pada pertemuan hari keenam tersebut, mahasiswa praktik membuat tiga resep masakan Singapura (Singapore Food) yakni Stir-Fry Rice Noodle, Singapoire Chili Crab dan Laksa.

Sekadar informasi, banyak sekali pilihan kuliner yang menanti di setiap sudut jalan Singapura. Temukan makanan yang memikat hati para pecinta kuliner.  Singapura, yang menyabet gelar Best Street Food City pada 2013 silam, mampu memuaskan siapa saja dengan petualangan kulinernya dengan harga bervariasi.

Makanya, Anda wajib jelajahi pusat kota ini dan menyusuri jalur kuliner yang berbeda, di mana budaya makanan khas Singapura yang asli menanti.  Pada saat ini, Singapura merupakan salah satu kota paling menarik di dunia untuk menjajal hidangan internasional, namun wisatawan pun wajib menghemat waktu dan ruang  untuk menikmati makanan khas Singapura!

Masakan Singapura adalah indikasi dari beragamnya etnis budaya Singapura yang berasal dari Malaysia, sebagai produk dari berabad-abad karena interaksi budaya ke lokasi strategis Singapura. Makanan dipengaruhi oleh Melayu asli, masakan China yang dominan, Indonesia, India, Peranakan dan tradisi Barat (khususnya dan dari Portugis yang dipengaruhi oleh Eurasia, yang dikenal sebagai Kristang) sejak didirikannya Singapura oleh Inggris pada abad ke sembilan belas.

Pengaruh daerah lain seperti  Srilanka, Filipina dan Timur Tengah juga bisa ditemukan dalam budaya makanan lokal. Di warung jajanan Singapura, misalnya, koki dengan latar belakang Tionghoa dipengaruhi oleh budaya India mungkin bereksperimen dengan bumbu dan bahan-bahan seperti asam, kunyit, dan minyak Samin, sementara koki India mungkin menyajikan hidangan mie goreng.

Dalam praktik Senin (23/01/2017), pekan lalu, mahasiswa diajarkan membuat Stir-Fry Rice Noodle atau mie goreng ala Singapura. Selain membuat Stir-Fry Rice Noodle, mahasiswa juga diajarkan membuat Singaporean Chili Crab.

Makanan ini adalah salah satu masakan khas Singapura berupa kepiting saus pedas yang banyak disuka turis asing ketika mereka berkunjung ke negeri itu. Kepiting Saus Singapura menyergap indra perasa Anda dengan rasa saus yang meresap ke dalam daging kepiting goreng yang lezat dan lunak.

Selain praktik langsung membuat Stir-Fry Rice Noodle dan Singaporean Chili Crab dengan diasuh chef Nadya Ratri, mahasiswa Culinary Class juga diajarkan cara membuat Laksa yang sedap dan nikmat. Dengan kaldu Laksa yang memberikan keseimbangan yang pas antara santan dan rempah-rempah, sup mi khas Singapura ini dijamin memuaskan selera Anda.

Untuk memudahkan pekerjaan di dapur, 12 mahasiswa Culinary Class dibagi dalam empat kelompok, masing-masing beranggotakan tiga orang, namun personel anggotanya harus dikocok ulang.sehingga berbeda dengan sebelumnya.

Kelompok 1, misalnya, kini anggotanya adalah Aisyah Nadia Ambarsari, Yuli Purwaningsih dan Adhi Fauzan Rafi, sedangkan Kelompok 2 terdiri dari Giovanni Sandhika Pratama, Ayu Yuni Soleha dan Bagas Septiando Azhari.

Sementara itu, Kelompok 3 beranggotakan si kembar Yudha Pratama Susilo, Yudhi Pratama Susilo dan Abdul Aziz Romadhoni, sedangkan Kelompok 4 anggotanya terdiri dari Antonius Wianditya Ivan Pradipta, Siti Saodah dan Desy Rizky Utami.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer