Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Aplikasikan Mata Kuliah Tour Programming

Mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit Semester III Sukseskan Blitar Package Tour 2D1N

SEBANYAK delapan orang mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Semester III menyukseskan gelaran Blitar Package Tour, 2 Day 1 Night  (2D1N), yang dihelat pada Senin (16/01/2017) pagi sampai Selasa (17/01/2017) malam hari.


Kegiatan di luar kampus tersebut merupakan implementasi dari mata kuliah Tour Programming yang telah diajarkan di kelas oleh Irin Kristanty SE, M.Par., dosen luar biasa Akpar Majapahit kepada mahasiswa UPW Akpar Majapahit Semester III.

Pelaksanaan Blitar Package Tour 2D1N diikuti delapan mahasiswa, yakni Olga Claudia, Diza Faiqotus, Nikita Kinanthi, Sarah Ferina, Anita Permatasari, Sari Julianti Ningrum, Andi Ira Isah dan Dewa Ayu Kade Utami Dewi. Mereka di dampingi Irin Kristanty, Dosen Tour Programming Akpar Majapahit.

Disepakati oleh peserta Blitar Package Tour 2D1N bahwa meeting  point kegiatan tersebut ditetapkan pada Senin (16/01/2017) pagi pukul 06.00 di Kampus Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. 

Pasalnya, di area parkir kampus pagi itu sudah menunggu minibus (Isuzu Elf) yang siap mengantarkan mahasiswa menuju sejumlah spot wisata di kota kelahiran Ir Soekarno, Presiden RI yang pertama.

Minibus full AC yang ditumpangi mahasiswa dan Dosen Tour Programming Akpar Majapahit, pagi itu langsung meluncur ke Blitar dengan tujuan Perkebunan Teh Sarah Kencong di lereng Gunung Kelud, yang masuk wilayah Kabupaten Blitar.

Namun karena selama perjalanan sedari pagi hingga sore hari hujan belum juga berhenti, maka spot wisata kebun teh tersebut akhirnya batal disambangi mahasiswa. Mengingat kondisi jalan makadam menuju lokasi kebun teh Sarah Kencong tidak memungkinan lagi untuk dilalui minibus (force majeure).

Selanjutnya perjalanan rombongan mahasiswa UPW Akpar Majapahit Semester III dialihkan dengan memutar haluan dari akses ke kebun teh Sarah Kencong menuju Hotel Patria Garden di pusat kota Blitar. Perjalanan panjang sejak pagi dari Surabaya, akhirnya rombongan baru bisa check in hotel sekitar pukul 16.00-an.

Setelah beristirahat sejenak, pada malam hari tour leader (TL), Irin Kristanty, kemudian mengajak anak didiknya kya kya ke Alun-alun Blitar, sekaligus menikmati sajian kuliner khas kota kelahiran Bung Karno yang membuat lidah Anda bergoyang.

Puas menikmati keindahan Alun-alun Blitar, peserta Blitar Package Tour 2D1N kembali ke hotel untuk beristirahat, sekaligus memulihkan stamina demi menyukseskan agenda tur ke beberapa spot wisata yang sudah diagendakan sebelumnya oleh pihak Panitia.

Keesokan harinya, Selasa (17/01/2017) pagi, usai menikmati sarapan (breakfast) di hotel, rombongan mahasiswa UPW Akpar Majapahit siap-siap check out hotel untuk menuju lokasi Penangkaran Rusa Hutan Bunder Gunung Kidul Kabupaten Blitar.

Setelah puas bercengkerama dengan rusa hutan yang ditangkarkan oleh penggiat lingkungan dan satwa, rombongan selanjutnya meluncurkan ke objek wisata Makam Bung Karno.

Eksistensi Makam Proklamator sampai saat ini masih menjadi spot wisata unggulan Pemkot Blitar yang paling banyak dikunjungi wisatawan domestik, baik dari Jawa maupun luar Jawa, mulai pelajar,  mahasiswa sampai masyarakat umum lainnya.

”Magnet terbesar masyarakat datang ke Blitar adalah sosok kharismatik Sang Putra Fajar, Bung Karno yang sangat fenomenal bagi kemerdekaan Bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan Belanda,” kata Olga Claudia dan Diza Faiqotus kepada kru www.culinarynews.info usai Ujian Akhir Semester (UAS) di Lantai 4, Gedung Graha Tristar, Rabu (25/01/2017) siang.

Usai foto-foto bareng di area Makam Bung Karno dengan peserta Blitar Package Tour 2D1N, rombongan melanjutkan perjalanan menuju spot wisata Kampung Cokelat. Di sana, mahasiswa melihat dari dekat budidaya tanaman cokelat yang diusahakan masyarakat.

Rombongan mahasiswa dari Surabaya ini juga diajarkan teknik pemanenan buah cokelat, pemrosesan biji cokelat (fermentasi) hingga pengolahan biji cokelat menjadi bubuk cokelat hingga aneka olahan produk cokelat yang bernilai ekonomi tinggi.

Dosen Tour Programming Akpar Majapahit Irin Kristanty SE., M.Par mengatakan, agenda Blitar Package Tour 2D1N yang diikuti anak didiknya ini sebagai implementasi dari mata kuliah Tour Programming yang telah diajarkan sebelumnya di kelas.

Mahasiswa diajarkan merancang agenda paket wisata sekaligus menghitung budget-nya. Setelah disepakati bersama, maka Blitar Package Tour 2D1N tersebut baru bisa dilaksanakan pada 16-17 Januari 2017 lalu. Eloknya yang menjadi peserta tur ini adalah mereka yang terlibat langsung dalam penyusunan paket wisata itu sendiri.
Selain itu, kepesertaan delapan mahasiswa dalam kegiatan Blitar Package Tour 2D1N ini sekaligus sebagai pengganti UAS di ruang kuliah. Dengan demikian keberhasilan kegiatan Blitar Package Tour 2D1N menjadi tolak ukur nilai UAS mahasiswa yang mengambil mata kuliah Tour Programming oleh dosen pembimbing.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer