Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

16 Mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Pastry Praktik Simulasi Menjadi Bar Waiter di Kampus

Bersama Dosen Beverage Product Yoseph Agung Dwi Widodo
DOSEN Beverage Product Akpar Majapahit Yoseph Agung Dwi Widodo mendampingi 16 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Pastry dalam praktik simulasi menjadi pelayan bar (bar waiter/waitrees) di Lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (07/02/2017) siang.

Mahasiswa yang terlibat dalam praktik simulasi menjadi sosok pelayan bar (bar waiter/waitrees) profesional adalah Christine Adelia Gunawan, Nur Kumala Sari, Melianus Louis Fernando K., Immaculata Michaela Utomo, Eunika Adriana Prasetyo, Sonya Khatulistiwa, Lina Afifah, Ariefiana Nur Afiefah, Heryola Sarah Salsabila, Barep Nur Aziz, Arya Putra Nuurizkal, Yuliani, Sherry Gondosaputro, Carlos Krisnatius Setya Budi, Christina Florensia dan Hillary Elizabeth.
Sebelum mahasiswa praktik simulasi, kemarin siang, Yoseph menjelaskan bahwa setiap mahasiswa mendapat kesempatan tampil menjadi bar waiter/waitrees di Majapahit Bar, sedangkan empat rekannya yang lain berperan menjadi tamu atau pengunjung bar yang memesan minuman.
Yoseph juga menjelaskan secara singkat tata cara dan etika seorang pelayan bar (bar waiter/waitrees) dalam melayani tamu atau pengunjung bar sesuai Standard Operation Procedure (SOP) di industri perhotelan dan pariwisata. Di Majapahit Bar tersebut, tamu atau pengunjung bar bisa memesan aneka minuman beralkohol maupun minuman non alkohol dan makanan ringan (camilan) sesuai selera.
Sebagai penyedia jasa, pengelola bar sadar betul terhadap pentingnya pelayanan (service) kepada tamu  Makanya kata service dalam industri jasa perhotelan dan pariwisata bisa berarti sebagai berikut:
S     = Smile to everyone (berikan senyuman kepada semua orang).
E     = Excellent in everything we do (kerjakan semuanya semaksimal mungkin dan memuaskan).
R     = Reaching out to every guest with hospitality (jangkau dan dekati tamu dengan penuh ramah-tamah).
V     = Viewing every guest as special (memandang dengan rasa yang sangat penuh perhatian). 
I      = Inviting guest to return (melakukan segala sesuatu terhadap tamu yang akan membuat tamu tersebut datang kembali). 
C     = Creating  a warm atmosphere (selalu menciptakan suasana yang akrab/hangat terhadap tamu).
E     = Eye contact that shows we care (mata sesekali harus kontak dengan pandangan tamu, sehingga tamu dapat memanggil kita bila memerlukan sesuatu).

Dengan memahami hal itu, maka seorang pelayan bar (bar waiter/waitrees) senantiasa mengedepankan etika yang baik ketika berkomunikasi dengan tamu atau pengunjung bar. Tujuannya agar setiap tamu yang datang merasa puas dengan pelayanan bar dan diharapkan tamu itu datang kembali.
Tak pelak lagi, saat Lina Afifah mendapat panggilan pertama untuk memeragakan jadi seorang bar waitrees profesional berusaha tampil sebaik mungkin di hadapan tamu (yang diperankan oleh Fernando, Sari, Christina dan Immaculata) serta disaksikan dosen pembimbing, Yoseph Agung Dwi Widodo.
Mahasiswi berhijab yang akrab disapa Lina ini berupaya tampil all out sejak menyapa tamu dengan ramah, menyodorkan daftar menu dan mencatat minuman yang dipesan tamu Majapahit Bar, kemarin siang. Begitu juga saat menyajikan minuman yang dipesan tamu, Lina pun berupaya mengikuti tata cara menyajikan minuman kepada tamu sesuai SOP di industri.
Setelah Lina Afifah yang tampil, giliran untuk maju dalam praktik simulasi menjadi pelayan bar (bar waiter/waitrees) berturut-turut adalah Sonya Khatulistiwa, Christine Adelia Gunawan, Nur Kumala Sari, Melianus Louis Fernando, Immaculata Michaela Utomo, Sherry Gondosaputro, Christina Florensia dan seterusnya hingga mahasiswa yang terakhir tampil adalah Hillary Elizabeth.
Dosen Beverage Product Akpar Majapahit Yoseph Agung Dwi Widodo mengatakan, praktik simulasi menjadi pelayan bar ini dilakoni mahasiswa setelah sebelumnya mereka dibekali teori seputar Beverage Product dan segala sisik meliknya di kelas.
”Untuk bisa mengaplikasikan mata kuliah Beverage Product di industri perhotelan, mahasiswa wajib menghadiri tatap muka sepuluh kali dengan dosen di kelas, sejak Senin (30/01/2017) hingga Jumat (10/02/2017),” terang Yoseph, sapaan akrabnya.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit dan ingin bergabung bersama civitas akademika Akpar Majapahit,  silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-5, 085733691648, 082330853725, PIN BB 28CCC1E0, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer