Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Praktik Masak Vietnamese Food

Berbagi Ilmu dengan Chef Nadya Ratri SPd., MKes
Buat Spicy Rice Noodle, Vietnamese Spring Rolls dan Lemon Chicken
PADA pertemuan hari kelima, Jumat (20/01/2017), akhir pekan lalu, 12 mahasiswa Culinary Class kembali dibekali teori dan praktik membuat masakan Vietnam (Vietnamese Food) oleh chef Nadya Ratri SPd, MKes., di Dapur Culinary 2, Lantai 3, Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Materi pada pertemuan hari kelima tersebut, mahasiswa praktik membuat tiga resep masakan Vietnam (Vietnamese Food) yakni Spicy Rice Noodle, Vietnamese Spring Rolls  dan Lemon Chicken.

Sekadar informasi, masakan Vietnam adalah cara memasak dan menghidangkan makanan menurut orang Vietnam. Bumbu utama dalam masakan Vietnam adalah kecap ikan hasil fermentasi yang disebut nước mắm. Cara memasak makanan Vietnam hampir serupa dengan cara memasak makanan Tionghoa, di antaranya menumis, menggoreng, mengukus dan merebus.

Sayuran mentah seperti  daun selada, mentimun dan sayuran rempah (rau thơm) seperti daun ketumbar disajikan di atas meja dalam keadaan segar. Sayuran rempah, daun selada, atau kulit lumpia dari tepung beras (bánh tráng) dipakai untuk membungkus lauk sebelum dimakan. Di atas meja, setiap orang disediakan piring kecil khusus untuk saus penyedap seperti nước chấm yang dibuat dari mencampur kecap ikan dengan bawang putih, cabai, gula, cuka dan jeruk nipis. 

Makanan pokok di Vietnam adalah nasi dan phở. Makanan lengkap bagi orang Vietnam terdiri dari nasi, sayuran, ikan atau daging dan sup. Daging yang sering dimasak sebagai lauk pauk adalah sari laut, ikan air tawar, daging ayam, daging sapi, daging babi dan daging kambing. Bumbu dan rempah yang sering digunakan dalam memasak adalah ebi, cabai, jahe, lengkuas, serai, bawang merah, jeruk nipis, daun ketumbar, saus hoisin dan saus tiram.

Praktik masak Vietnamese Food yang diajarkan oleh chef Nadya kepada mahasiswa Culinary Class,  Jumat (20/01/2017), akhir pekan lalu, meliputi tiga resep masakan. Pertama, Vietnamese Spring Rolls atau Goi Cuon merupakan gulungan salad khas Vietnam yang berisi udang atau daging. Berbeda dengan gulungan Lumpia yang digoreng, Vietnamese Spring Rolls  tidaklah digoreng tetapi tetap menghadirkan rasa yang lezat, sambil dicelup dengan saus bumbu kacang.

Sedangkan resep masakan Vietnam yang kedua yang diajarkan adalah Spicy Rice Noodle. Tampilan masakan ini seperti bihun goreng dengan diperkaya bumbu rempah khas Vietnam, sehingga menawarkan sensasi asam manis.

Begitu juga untuk membuat resep masakan ketiga, yakni Lemon Chicken (ayam saus lemon), sensasi asam manis kembali dihadirkan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary saat praktik masak Vietnamese Food pada hari kelima di Dapur Culinary 2, Lantai 3, Gedung Graha Tristar Surabaya.

Untuk memudahkan pekerjaan di dapur, 12 mahasiswa Culinary Class dibagi dalam empat kelompok, masing-masing beranggotakan tiga orang. Kelompok 1 anggotanya adalah Bagas Septiando Azhari, Desy Rizky Utami dan Yudhi Pratama Susilo. Kelompok 2 terdiri dari Aisyah Nadia Ambarsari, Ayu Yuni Soleha dan Giovanni Sandhika Pratama.

Sementara itu, Kelompok 3 beranggotakan Yudha Pratama Susilo, Abdul Aziz Romadhoni dan Yuli Purwaningsih, sedangkan Kelompok 4 anggotanya terdiri dari Siti Saodah, Antonius Wianditya Ivan Pradipta dan Adhi Fauzan Rafi.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer