Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Mahasiswa Akpar Majapahit Semester V Mulai Laksanakan Program On the Job Training

Magang Kerja di Hotel, Resto dan Travel Agent di Indonesia
AKPAR Majapahit melepas 60-an mahasiswa D3 Prodi Perhotelan dan empat mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Semester V untuk melaksanakan program On the Job Training (OJT) di hotel-hotel berbintang dan travel agent yang tersebar di seluruh Indonesia.

Manager Training, Bursa Kerja dan Casual Akpar Majapahit Hardhita Kusdharyanto M.Par mengemukakan hal tersebut ketika ditemui kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, Kamis (12/10/2017) siang.

Mahasiswa Akpar Majapahit yang mengikuti program OJT itu rata-rata masih duduk di Semester V. Sesuai program studi (prodi)-nya masing-masing, setiap mahasiswa mengajukan agenda OJT itu ke pihak Akademik.

”Dengan demikian, kami bisa mengarahkan hotel-hotel atau travel agent mana saja yang bisa menerima anak didik kami untuk mengikuti program OJT atau magang kerja di perusahaan tersebut,” kata Didiet, sapaan akrab Hardhita Kusdharyanto.

Pasalnya, Akpar Majapahit punya relasi yang bagus dengan sejumlah hotel berbintang di Surabaya, Denpasar (Bali), Lombok, Bandung, Jakarta, Jogjakarta, Bintan (Provinsi Kepulauan Riau) hingga Papua maupun sejumlah travel agent anggota ASITA.

Selain magang kerja di hotel berbintang dan travel agent, ada juga mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Kosentrasi Culinary dan Pastry yang magang kerja di restoran, café, dan perusahaan cake & bakery.

Di Surabaya, misalnya, beberapa hotel yang menjadi langganan anak didiknya untuk mengikuti program OJT antara lain Java Paragon Hotel & Residence Surabaya, Shangri-La Hotel, Ciputra World Hotel, Bumi Surabaya City Resort Hotel, Sheraton Hotel & Resort, JW Marriott Surabaya Hotel, The Papilio Hotel & Apartment Surabaya (kelompok hotel bintang lima).

Selain itu, ada juga mahasiswa Akpar Majapahit yang magang kerja di Mercure Mirama Hotel Surabaya, Santika Hotel Surabaya Gubeng, Novotel Surabaya, Grand Darmo Suite Hotel Surabaya, Swiss Bell Inn Hotel Manyar Kertoarjo, Luminor Hotel Jemursari,  Ibis Styles Hotel Jemursari, Oval Hotel Surabaya Diponegoro, Grand Kalimas Hotel (kelompok hotel bintang tiga dan empat).

Formasi yang ditawarkan untuk OJT bagi mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary & Pastry kebanyakan di Bagian Food & Beverage (F&B) Product, yakni di main kitchen, resto hotel atau café-nya.

Namun belakangan ini pihaknya mendapatkan informasi kalau kuota untuk magang kerja di sejumlah hotel berbintang di Bali khususnya, semakin kecil karena sudah kedahuluan oleh siswa-siswi SMK dari daerah Bali dan sekitarnya.

”Jika awal 2016 lalu, misalnya, kami mengajukan permohonan kepada 10 hotel di Bali untuk OJT hampir 100 persen diterima, tapi pada awal tahun ini dari 10 hotel yang kami surati, hanya tiga hotel yang membuka pintu,” terang Hardhita, yang juga Staf Pengajar di D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit ini.

Fenomena di Bali tersebut ternyata juga mengimbas di Surabaya. Salah satu contoh riil, Java Paragon Hotel & Residence Surabaya, yang sebelumnya bisa menampung 22 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit kali ini hanya menyerap lima orang.

”Begitu juga di Ciputra World Surabaya Hotel (hotel bintang lima di bawah manajemen Swiss Bell Inn) 2016 lalu masih menerima tujuh mahasiswa Akpar Majapahit untuk OJT di sana, namun kali ini hanya menerima satu mahasiswa saja,” beber Hardhita.

Kaprodi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Dewi Mariyanah M.Par menambahkan, empat mahasiswa D3 UPW yang kini duduk di Semester V juga masuk dalam rombongan besar mahasiswa Akpar Majapahit yang mengikuti program OJT tahun ini.

”Empat mahasiswa D3 UPW itu adalah Daniel (magang kerja di Situbondo), Munifa (magang kerja di Bali), sedangkan Dwita dan Yolanda (keduanya magang kerja di travel agent Surabaya),” kata Dewi kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, kemarin.

UNTUK informasi lebih lanjut tentang Bursa Kerja Khusus Akpar Majapahit silakan hubungi Kampus Akpar Majapahit Jl Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 843 3224-5, 0812 3375 2227. (ahn)

Entri Populer