Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Lebih Dekat dengan Leonny Alverina, Mahasiswi D3 Perhotelan Akpar Majapahit

Demi Mencari Tantangan dan Menambah Pengalaman, Putuskan Kuliah Sambil Kerja di Domi Deli Cafe

DEMI mencari tantangan baru dan menambah pengalaman, Leonny Alverina, Mahasiswi D3 Perhotelan Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, memutuskan kuliah sambil kerja di Domi Deli Café. Café yang buka pelayanan di Ciputra World Jl. Mayjen Sungkono Surabaya, terhitung sejak pertengahan Agustus 2016 lalu.

Menurut gadis cantik yang akrab disapa Leonny itu, keputusan untuk kuliah sambil kerja, bagi sebagian orang, merupakan sebuah pilihan yang sulit. Bagaimana tidak, mereka harus pandai-pandai membagi waktu dengan sebaik-baiknya jika tidak ingin agenda perkuliahannya berhenti di tengah jalan.

”Pasalnya, tidak mungkin tempatnya bekerja mau dinomorduakan demi kepentingan kuliah seseorang, kecuali ada komiten lebih dulu antara pihak pemberi kerja dengan pekerjanya,” kata anak pertama dari empat bersaudara pasangan Liek Edy dan Agustin kepada kru www.culinarynews.info di lobi kampus Akpar Majapahit, Senin (09/01/2017) siang.

Nah, keputusan bekerja dilakoni gadis berpenampilan energik ini setelah menjalani masa perkuliahan dua tahunan, karena dirinya masuk kuliah di D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary & Pastry sekitar pertengahan 2014, pascalulus sekolah dari SMAK Untung Surapati Sidoarjo.

Kerja di Domi Deli Café, mantan anggota Senat Mahasiswa Akpar Majapahit tersebut mengisi jabatan Commis Pastry.  Di dapur pastry, Leonny  bergabung dengan sejumlah rekan kerja di bawah bimbingan Zaenal Abidin, Head Pastry Domi Deli Café Ciputra World Surabaya. Tugasnya mulai prepare (persiapan) bahan membuat kue hingga finishing (menjadi produk yang siap jual).

Dari puluhan item produk kue dan roti hasil kreasi Domi Deli Café, ada sejumlah produk unggulan yang laris manis karena disuka konsumen yakni red velvet cake, double cocholate cake, tiramisu, pannakota dan opera. Selain aneka produk pastry, pihaknya juga menyediakan bakery, aneka coffee, aneka minuman (mocktail dan cocktail).

Sebelum bergabung dengan  Domi Deli Café, pihaknya mendapatkan informasi dari Stephanus Rendy B., teman satu kelas di Akpar Majapahit yang lebih dulu bergabung di sana dengan posisi sebagai Barista (ahli peracik kopi). Menurut info dari Rendy, kalau di café tersebut butuh tambahan tenaga untuk mengisi jabatan sebagai Commis Pastry.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Tawaran tersebut langsung disambut suka cita oleh Leonny Alverina, apalagi sudah ada teman satu kampus yang lebih dulu bekerja di Domi Deli Café. Tentu akan semakin asyik dan seru jika bisa bekerja bareng di bawah satu atap.

Tidak hanya itu, ternyata ada seniornya dari Akpar Majapahit juga yang bekerja di Domi Deli Café selain Stephanus Rendy, yakni Cindra Sidharta. Cindra adalah alumni D3 Perhotelan Akpar Majapahit tahun 2015 silam, yang berasal dari Situbondo. 

”Selain Cindra, Rendy dan saya sendiri, juga masih ada satu lagi yang bergabung di Domi Deli Café, yakni Dwicky Darmawan. Posisinya di Domi Deli Café sama dengan saya yakni mengisi jabatan Commis Pastry,” ujar perempuan penyuka traveling tersebut.

Namun sejak bekerja di Domi Deli café, Leonny harus menunda ageda jalan-jalan pada liburan kuliah akhir tahun 2016 karena tuntutan pekerjaan. Di café itu, jam  kerja di dapur pastry diatur sesuai shift kerja. Shift pagi mulai pukul 06.00-15.00 (ditangani empat orang), shift siang mulai pukul 14.00-23.00 ditangani satu orang). Khusus untuk hari Sabtu, jam kerja diatur sampai tiga shift, mulai shift pagi, shift siang dan shift malam pukul 16.00-01.00.  

”Oleh pimpinan, saya selalu kebagian tugas shift pagi atau shift siang. Salah satu alasan manajemen karena saya perempuan, maka sangat berisiko kalau kerja sampai tengah malam dan pulang dini hari,” ungkap Leonny Alverina yang saat ini juga sedang menyiapkan laporan praskripsi demi meraih gelar Ahli Madya Pariwisata (AMd.Par) dari Akpar Majapahit November 2017 mendatang.

Leonny mengaku enjoy saat menyusun laporan praskripsinya yang berjudul Fungsi Bahan Baku Cokelat terhadap Mutu dan Performance Produk Pastry Domi Deli Café, di bawah bimbingan Otje Herman Wibowo SE, M.Par dan R. Paulus W. Soetrisno M.Par. Keduanya adalah Dosen Akpar Majapahit. Pasalnya, untuk kegiatan observasi maupun pengumpulan data penelitian praskripsi tersebut cukup dilakukan di tempat kerjanya sekarang.

Dari fakta tersebut dan jika tidak ada aral melintang, gadis kelahiran Surabaya, 02 Agustus 1996 silam itu optimistis kalau laporan praskripsinya nanti bisa dirampungkan Juli-Agustus 2017, mengingat saat ini saja sudah memasuki Bab III. Diperkirakan September-Oktober 2017, dirinya bisa maju sidang praskripsi, sebelum yudisium dan diwisuda bersama teman-teman satu angkatan pada akhir November 2017 mendatang.

Sekalipun dirinya sekarang fokus kerja, namun orangtua senantiasa mengingatkan bahwa tugasnya sebagai mahasiswa belum selesai. ”Makanya, saya juga menyediakan waktu untuk menyelesaikan laporan praskripsi tersebut, mengingat biaya kuliah di D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary & Pastry tidaklah murah dan saat ini tinggal menunggu wisuda saja,” kata Leonny Alverina menirukan pesan kedua orangtuanya.

Tidak hanya itu, Leonny juga punya bisnis kecil-kecilan (usaha rumahan) yakni membuat es cao dengan merek Cao Q-ta, es cao dalam kemasan. Usaha itu merupakan patungan antara dirinya dengan Erna Widjaja (25), teman akrab yang tinggal di Perumahan Deltasari Waru, Sidoarjo.

Usaha rumahan tersebut dirintis sejak Juli 2016, sebelum dirinya bergabung dengan Domi Deli Café. Hanya bermodal Rp 3 jutaan, kini produk es caonya –harganya dipatok Rp 5.000/cup dan ditawarkan secara online system--- sudah mulai dikenal masyarakat khususnya daerah Sidoarjo dan sekitarnya. 

”Tak salah jika omzet penjualan es cao tersebut minimal bisa tembus Rp 3 jutaan perbulan. Bahkan kalau lagi ramai, omzetnya bisa mencapai Rp 6 jutaan. Lumayan bisa untuk jajan dan belanja kebutuhan pribadi,” ungkap Leonny, yang tinggal di Perumahan Alam Mutiara Blok  BI-38 Candi, Sidoarjo. Selamat dan sukses. Good Bless You….! (ahn)

Entri Populer