Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Berbagi Ilmu dengan Chef Nadya Ratri SPd., MKes

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary Praktik Buat 30 Menu Masakan Asia Cuisine

SELAMA 10 hari kuliah masakan Asia (Asian Cuisine), terhitung pada Senin (16/01/2017)  hingga Jumat (27/01/2017), 12 mahasiswa Culinary Class dibekali teori dan praktik membuat sedikitnya 30 resep menu Asian Cuisine oleh chef Nadya Ratri SPd, MKes., di Dapur Culinary 2, Lantai 3, Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


 
Selain chef Nadya Ratri, masih ada 30-an mahasiswa Culinary Class –terbagi dalam dua kelas pagi-- yang juga belajar sekaligus praktik masak Asian Cuisine. Di Dapur Culinary 1, mahasiswa diasuh oleh chef Ari Purwanto SSt.Par., MM dan di Dapur Culinary 3, mahasiswa dibimbing chef Yanuar Kadaryanto SSt.Par., MM.

Materi pada pertemuan hari pertama (Senin, 16/01/2017), mahasiswa praktik membuat tiga resep masakan Thailand (Thailand Food) yakni noodle with beef & seafood, tom yam fish stock dan chicken in pandan leaf.

Ditemui kru www.culinarynews.info usai berbagi ilmu dengan mahasiswanya, chef Nadya, sapaan akrabnya, mengatakan, tujuan pembelajaran Asian Cuisine kali ini menekankan  pada cara memasak yang baik dan benar sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri pariwisata dan perhotelan.

”Pengenalan bahan dan peralatan sudah harus dikuasai mahasiswa, sebelum mereka praktik masak di dapur. 12 mahasiswa Culinary Class itu dibagi empat kelompok kecil, masing-masing beranggotakan tiga orang,” kata Dosen Akpar Majapahit yang telah menyelesaikan studi Pascasarjana (S2) dari Unesa pada 2012 lalu tersebut.

Kelompok 1 anggotanya adalah Bagas Septiando Azhari, Desy Rizky Utami dan Yudhi Pratama Susilo. Kelompok 2 terdiri dari Aisyah Nadia Ambarsari, Ayu Yuni Soleha dan Giovanni Sandhika Pratama.

Sementara itu Kelompok 3 beranggotakan Yudha Pratama Susilo, Abdul Aziz Romadhoni dan Yuli Purwaningsih, sedangkan Kelompok 4 anggotanya terdiri dari Siti Saodah, Antonius Wianditya Ivan Pradipta dan Adhi Fauzan Rafi. 

Sejak bergabung dengan Akpar Majapahit 3 November 2014 silam, dirinya telah mengajarkan sejumlah resep masakan kapada mahasiswa program studi Culinary dan Advanced Culinary Akpar Majapahit, mulai Asian Cuisine (Jepang, India, Thailand, Vietnam, Singapura), Continental (masakan Eropa dan Amerika), hingga Middle East (masakan Timur Tengah).

Tidak hanya itu, chef Nadya juga berbagi ilmu cara membuat aneka masakan Indonesia, Tionghoa (lebih dari 70 resep), Italia, membuat appetizer (masakan pembuka resep luar negeri seperti aneka salad) hingga membuat masakan ala catering kepada mahasiswa yang belajar sisik melik bidang Culinary.  

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer