Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Profil Kevin Reinaldo, Alumni D3 Perhotelan Akpar Majapahit 2014

Awalnya Merintis Karier di Hotel Angsana Bintan, Sekarang Lompat ke Disney Cruise di Texas, Amerika Serikat
KEVIN REINALDO (23 tahun) adalah alumni D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary, punya sejuta kisah menarik mulai merintis karier pascalulus kuliah dari Akpar Majapahit 2014 silam hingga ancang-ancang pindah pekerjaan di kapal pesiar Disney Cruise Lines Texas, Amerika Serikat, pertengahan November 2016.
Ketika mengikuti kegiatan magang kerja atau on the job training (OJT) di Hotel Angsana Bintan (satu group dengan Banyan Tree Resort Bintan) 2013/2014 silam, bersama dua rekannya, ternyata pihak manajemen hotel bintang lima di Bintan itu mengajak Kevin Reinaldo untuk bergabung.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Pepatah ini rasanya pas untuk menggambarkan suka cita Kevin Reinaldo karena impiannya berkarier di main kitchen hotel berbintang sebagai chef, akhirnya menjadi kenyataan. Tentu saja kabar baik ini disampaikan Kevin sapaan akrabnya, kepada pihak akademik termasuk teman-teman seangkatan di Akpar Majapahit maupun keluarga besarnya di Malang, seusai magang kerja.

Setelah wisuda pada akhir November 2014, bujangan berperawakan tinggi besar (180 cm) ini terbang kembali ke Hotel Angsana Bintan untuk memulai karier dan menerima tantangan baru sebagai assistant chef (junior chef) di hotel tersebut.

Selama tiga tahun malang melintang kerja di main kitchen Hotel Angsana, karier Arek Malang ini terus melejit hingga mencapai posisi Demin Chef de Partie (CDP) setara Supervisor dengan membawahi dua anak buah.

”Di main kitchen, saya bahu membahu bersama rekan-rekan saya di dapur antara lain menyiapkan sarapan tamu hotel (breakfast), banquet, coffee break, dinning destination, fine dinning, table manner, wedding party event, pesta kebun dan sebagainya,” kata Kevin di hadapan Direktur Akpar Majapahit Ir Juwono Saroso MM, Kaprodi D3 Perhotelan R Paulus W. Soetrino M.Par, Dosen Pastry chef Renny Savitri M.Par dan kru www.culinarynews.info, Selasa (01/11/2016) siang.

Berkarier tiga tahun di hotel berbintang, belum cukup memuaskan dahaga Kevin mengejar karier dan prestasi kerja lebih tinggi. Makanya, ketika dirinya diajak teman bekerja dan berkarier di kapal pesiar, maka tantangan baru  itu langsung disambarnya. Apalagi dukungan dari orang tua di Malang juga tidak kalah besarnya dengan tekad anak kedua dari tiga bersaudara ini mengejar masa depan lebih baik sekalipun harus pergi ke mancanegara.

Kevin pun lantas membuat surat lamaran dengan melampirkan pengalaman kerja atau curriculum vitae (CV) dan sejumlah persyaratan lainnya sekitar Februari 2016 lalu ke pihak agen Disney Cruise Lines di Indonesia, yakni PT Ratu Oceania Raya yang berkantor di Bintaro Trade Center Blok C2 No. 12 Sektor VII Bintaro Jaya, Tangerang 15224 Indonesia.

Tak harus menunggu lama, surat lamaran kerja Kevin Reinaldo di Disney Cruise Lines, yang berkantor pusat di Florida, Amerika Serikat (AS) ternyata memperoleh respons positif dan dia pun diterima kerja di kapal pesiar yang memiliki rute tetap Texas-Kanada P.P., dengan menyinggahi sejumlah pelabuhan kecil di Amerika Serikat dan Kanada (Amerika Utara).

Dijadwalkan pada 15 November 2016 ini, dirinya sudah harus terbang ke AS dengan rute Malang-Jakarta-Singapura-Manchester-Texas (AS) karena tiket pesawat ke Texas sudah dikirim pihak Disney Cruise Lines melalui agennya di Indonesia (PT Ratu Oceania Raya) via emailnya.

”Nah, sebelum bertolak ke Texas (AS), saya memutuskan resign dan pamit baik-baik dengan pihak manajemen Hotel Angsana Bintan serta mengabari almamater agar  Akpar Majapahit tetap berhubungan baik dengan manajemen Hotel Angsana dan Banyan Tree Resort Bintan (masih satu group), dengan rutin mengirim sejumlah mahasiswanya magang kerja ke sana,” terang Kevin.

Saat ini dirinya wajib menyiapkan sejumlah dokumen penting untuk persyaratan kerja di Amerika Serikat seperti paspor Indonesia, medical check up, ijazah, visa (visa transit C1-D) dari Kedubes AS di Jakarta, buku pelaut (seaman book)  dan dokumen pribadi yang lainnya.

”Untuk mengurus semuanya itu (kerja di kapal pesiar) saya menghabiskan biaya Rp 25 jutaan. Uang sebanyak itu saya sisihkan dari gaji bulanan saat masih kerja di main kitchen Hotel Angsana selama tiga tahunan,” ujar penyuka busana casual tersebut.

Diakui Kevin, kerja di kapal pesiar salary-nya masih di atas standar hotel berbintang di Indonesia. Informasi dari pihak Disney Cruise Lines melalui agency-nya di Indonesia, dia akan menerima gaji 300 USD per minggu atau sekitar 1.200 USD per bulannya. Besaran gaji bulanan itu sudah termasuk upah lembur (overtime).

”Dalam kesempatan itu, saya juga mohon doa restu dari pihak almamater agar niat saya bekerja dan mengadu nasib di Negeri Paman Sam tidak menemui kendala berarti. Selain itu saya juga juga berharap semoga karier dan masa depan saya nanti semakin cemerlang ketika bekerja di Texas. Semua ini demi nama baik keluarga, almamater dan Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu dalam kesempatan terpisah, seusai memberikan coaching clinics dan sharing pengalaman kerja di hotel berbintang bersama 15 orang mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, Rabu (02/11/2016) siang, Kevin ingin menyamakan persepsi dulu dengan adik kelasnya seputar bagaimana etos kerja di industri.

Pasalnya, dirinya menangkap kesan bertolak belakang antara ekspektasi mahasiswa di lingkungan kampus dan ekspektasi pelaku usaha perhotelan terhadap dunia kerja di industri pariwisata secara umum. Fakta empiris ini yang akan menjadi handicap saat mahasiswa itu menjalani magang kerja atau on the job training (OJT) di hotel. 

Jika mahasiswa tidak siap mulai sekarang, tentu agenda magang kerja di hotel bakal merepotkan dirinya sendiri.  Pihak manajemen hotel biasanya mendorong sumber daya manusia (SDM) yang ikut OJT selain bisa bekerja secara mandiri dan tidak bergantung pada orang lain, juga meminta anak-anak OJT itu bisa bekerja secara tim (team work),” kata Kevin di hadapan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Semester I.

”Salah satu kuncinya adalah bagaimana sikap Anda membawa diri  (attitude) saat menjalani magang kerja di industri perhotelan dan secepatnya beradaptasi dengan lingkungan baru yang tentunya sangat berbeda dengan suasana dunia kampus,” kata Kevin Reinaldo memberikan tipsnya kepada mahasiswa.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031)8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer