Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Kiprah Dosen Akpar Majapahit Otje Herman Wibowo SE, M.Par.

Jadi Asesor Kompetensi Pastry dan FB Product Berskala Nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)
KIPRAH dosen D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, Otje Herman Wibowo SE, M.Par ini boleng dibilang luar biasa, terutama dalam mendongkrak nama baik lembaga pendidikan tinggi yang berkampus di Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Pasalnya, sejak sejak 2011 silam, resmi mengantongi sertifikat sebagai asesor kompetensi pastry berskala nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan Nomor Registrasi: 000.001448.2011.

Dengan bekal sertifikat sebagai asesor dari BNSP tersebut, maka aktivitas Otje, sapaan akrabnya, semakin bejibun. Tidak hanya mengurusi mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, tetapi juga dipercaya menjadi asesor kompetensi Pastry dan Food & Beverage (FB) Product dari hotel ke hotel, sesuai penugasan dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Nasional.

Menurut Otje, di Jatim ada dua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yakni LSP Pariwisata Nasional dan LSP Kohespa. Dua LSP ini merupakan kepanjangan tangan BNSP di daerah, khususnya di Surabaya dan Jatim pada umumnya.

Hanya bedanya, kalau LSP Kohespa lebih fokus mengasesori karyawan yang bekerja bidang usaha spa, sedangkan LSP Pariwisata Nasional menitikberatkan untuk mengasesori bidang perhotelan, terutama karyawan bagian housekeeping, pastry,  food & beverage (FB) product, kitchen, food & beverage service (FBS) termasuk bar dan waiters atau waitress, front office (FO).

Perusahaan (hotel) dinyatakan sehat itu jika karyawannya mengikuti sertifikasi kompetensi profesi yang disyaratkan BNSP. Mengingat posisinya sebagai asesor kompetensi profesi pastry termasuk FB product, maka penugasan dari LSP Pariwisata Nasional fokus pada bidang pastry di hotel-hotel.

Nah, terkait dengan penugasan LSP Pariwisata Nasional, maka Otje Herman Wibowo pernah mengasesori karyawan Hotel Bisanta Bidakara Surabaya, Hotel Bumi Resort Surabaya dan sejumlah hotel berbintang lainnya di Surabaya dan sekitarnya. 

Di industri pariwisata khususnya perhotelan, BNSP membagi beberapa asesor yakni Housekeeping, Food & Beverage (FB) Product (Kitchen dan Pastry), Front Office (FO) dan Food & Beverage Service (FBS), termasuk Bar dan Waiters atau Waitress

Masih menurut Otje, tujuan dari sertifikasi kompetensi profesi bagi karyawan hotel itu antara lain untuk memberikan pengakuan bahwa yang bersangkutan –pemegang sertifikat— kompeten di bidang perhotelan sesuai ketentuan BNSP, terutama bidang-bidang pekerjaan housekeeping, pastry, food & beverage (FB) product, kitchen, front office (FO), food & beverage service (FBS) termasuk bar dan waiters atau waitress.

”Tujuan sertifikasi berikutnya adalah untuk menjawab kebutuhan SDM Pariwisata dan Perhotelan di era pasar bebas ASEAN atau MEA yang mensyaratkan setiap SDM --yang belum bekerja— dan ingin mengisi ceruk pasar kerja di industri pariwisata dan perhotelan wajib bersertifikat kompetensi profesi,” kata Asisten Direktur II Bidang Keuangan dan Umum Akpar Majapahit kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, belum lama ini.

Dan manfaat yang terakhir, setiap pemegang sertifikat kompetensi profesi dari BNSP, bisa mencari pekerjaan di mana pun (di Indonesia maupun Luar Negeri) karena sertifikat tersebut berlaku secara internasional. Pemegang sertifikat kompetensi profesi itu diakui sebagai tenaga kerja yang berkeahlian dan memiliki ketrampilan, bukan lagi dianggap sebagai pekerja kasar atau tenaga kerja rendahan.

Di lingkungan Kampus Akpar Majapahit sendiri, selain Otje Herman Wibowo, yang sudah mengantongi sertifikat sebagai asesor Housekeeping adalah R Paulus W. Soetrisno M.Par (Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit), Adeline Nadia Daniel menjadi asesor Kitchen dan FB Product serta Evie Mulyasari Dewi. S.Apt, juga menjadi asesor Kitchen dan FB Product.


Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa dan segenap civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer