Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

15 Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Ujian Pra Skripsi Gelombang X

Demi Raih Gelar Ahli Madya Pariwisata dari Akpar Majapahit

SIDANG ujian pra skripsi terakhir diselenggarakan pada Sabtu (08/10/2016). Sebanyak 15 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit termasuk di antaranya empat mahasiswa dari Akpar Majapahit Kaliwaron, mengikuti ujian pra skripsi gelombang X di lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 
Ujian pra skripsi ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa, baik Prodi UPW maupun Prodi Perhotelan, sebelum meraih gelar akademik Ahli Madya Pariwisata (AMd.Par) dari Akpar Majapahit.

15 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit itu adalah Yanuar  Baskara Yudha, Hilda Joice Ang Djadi, Riva Musriva, Angga Reza Pahlevi, Lindri Nur Ari W., M. Arifurrahman, Viera Andalimas B., Jeff Ignadi, Ely Sajidah, Silvy, Fredrick Armanto, Muhammad Azizi, Ridova Akbar, Firmansyah Yohan W.P., dan Ari Yuswanda.

Sesuai perencanaan pihak Akademik, lima mahasiswa yakni Hilda Joice Ang Djadi, Yanuar Baskara Yudha, Viera Andalimas, Riva Musriva dan Silvy diuji oleh Mafthucha Dipl.Hot., SE, M.Par dan Andrian L. Bandono MM, MBA., di ruang sidang satu.

Sedangkan ujian pra skripsi di ruang sidang dua, lima mahasiswa lainnya yakni Ely Sajidah, Lindri Nur Ari W.,  Angga Reza Pahlevi, Firmansyah Yohan W.P., dan Muhammad Azizi diuji oleh Hedy Wahidin Saleh SH, MBA, MSi.Par dan Ari Purwanto SSt.Par, MM.

Sementara itu di ruang sidang ketiga, Otje Herman Wibowo SE, M.Par dan Yanuar Kadaryanto SE, MM menguji lima mahasiswa yang lain yakni M. Arifurrahman, Jeff Ignadi, Ridova Akbar, Ari Yuswanda dan Fredrick Armanto.

Di ruang sidang satu, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit yang mendapat giliran pertama untuk mempresentasikan laporan pra skripsinya adalah Hilda Joice Ang Djadi. 
Hilda, sapaan akrabnya, memaparkan laporan pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap Komunikasi dan Kerjasama Antar Staff Bidang Patisserie di Java Paragon & Residence Surabaya  di hadapan dua orang dosen penguji, Mafthucha dan Andrian L. Bandono.

Sebelum maju ujian, gadis kelahiran Atambua itu mendapatkan support langsung dari R.Paulus Soetrisno M.Par, dosen pembimbing, serta beberapa rekan sejawat dari Prodi Perhotelan yang menunggu giliran maju ujian pra skripsi gelombang X.

Selain itu, dosen D3 Perhotelan Akpar Majapahit Hardhita Kusdharyanto M.Par juga menyempatkan diri memberikan arahan dan pembekalan kepada mahasiswa sebelum maju ujian, bagaimana mempresentasikan laporan pra skripsi yang baik, etika dalam menjawab pertanyaan dosen penguji dan tetap tersenyum sekalipun penulisannya itu dikritisi dosen penguji.

Setelah Hilda Joice Ang Djadi, giliran Yanuar Baskara Yudha yang dipanggil panitia untuk memasuki ruang sidang ujian pra skripsi di lantai IV Gedung Graha Tristar Surabaya. Yanuar, demikian ia biasa disapa, pada sidang, akhir pekan lalu, mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul Strategi Pengembangan Usaha Mandiri Jasa Boga Katering Mommy’s Kitchen di Malang.

Dalam penyusunan laporan pra skripsinya tersebut, Yanuar dibimbing oleh Agus Sudharsono M.Par dan Bambang Sutrisno ST.Par. Mahasiswa kelahiran Jakarta itu mengaku lega setelah mempresentasikan laporan pra skripsinya di hadapan penguji.

”Rasa capai saya  menyusun laporan pra skripsi ini  terbayar lunas usai ujian ini, meski tulisan saya harus direvisi demi sempurnanya penulisan laporan pra skripsi tersebut,” ujar mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit tersebut.

Selanjutnya yang mendapat giliran maju ke ruang sidang adalah Viera Andalimas. Viera, demikian mahasiswi  ini biasa disapa, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Pentingnya Disiplin Kerja bagi Setiap Room Boy dalam Mempertahankan Mutu Kebersihan Kamar Tamu di Hotel Lotus Kediri di hadapan dosen penguji.

Untuk menyusun laporan tersebut, mahasiswi kelahiran Bontang Kalimantan Timur ini dibimbing oleh Hardhita Kusdharyanto M.Par dan Bambang Sutrisno ST.Par. ”Demi menyelesaikan laporan pra skripsi itu, saya butuh waktu tiga bulan lebih sejak pengajuan judul proposal sampai disetujui oleh dosen pembimbing, sebelum maju sidang ujian 08 Oktober 2016,” terang Viera kepada kru www.culinarynews.info.

Setelah Viera Andalimas, yang maju sidang pra skripsi adalah Riva Musriva. Mahasiswi berjilbab yang tampil modis ini mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul Pengaruh Inovasi Produk terhadap Minat Kunjungan di Karma Kandara Resort Bali di hadapan dosen penguji. 

Dalam menyusun laporan pra skripsinya itu, perempuan cantik kelahiran Banyuwangi yang akrab disapa Riva ini dibimbing oleh Otje Herman Wibowo SE, M.Par dan Imania Ayu Wulandari ST.Par.

Mahasiswa terakhir yang dipanggil maju sidang satu adalah Silvy. Mahasiswi kelahiran Pamekasan itu mempresentasikan pra skripsinya yang berjudul Penggunaan Butter sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Roti di Shangri-La Hotel Surabaya di hadapan dua orang dosen penguji.

Perempuan berwajah khas Timur Tengah ini selama menyusun laporan pra skripsinya dibimbing oleh R. Paulus Soetrisno M.Par dan Bambang Sutrisno ST.Par.  Menariknya, selama menyusun laporan pra skripsinya itu, Silvy juga tercatat sebagai mahasiswa D3 Akpar Majapahit yang magang kerja atau on the job training (OJT) di Shangri-La Hotel Surabaya. 

Jadi, magang kerja itu sangat membantu Silvy dalam menyelesaikan tugas menyusun laporan pra skripsinya. 

Sementara itu, di ruang sidang lain, Ely Sajidah, yang akrab disapa Ely, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan Replacement terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Luminor Surabaya di hadapan dua orang dosen pengujinya,  Hedy W. Saleh dan Ari Purwanto.

Mahasiswi kelahiran Surabaya yang akrab disapa Ely ini merasa bersyukur karena bisa menyelesaikan laporan pra skripsinya –disela kesibukannya bekerja di bagian Front Office G-Suite Hotel--- setelah dirinya di-support oleh dosen pembimbingnya, R Paulus Soetrisno M.Par dan Hardhita Kusdharyanto M.Par.

Usai Ely Sajidah, mahasiswa yang mendapat guiliran tampil pada sidang pra skripsi gelombang X adalah Lindri Nur A.W. Mahasiswi D3 Perhotelan Akpar Majapahit Jemursari yang akrab disapa Lindri ini mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul Pengaruh Penyimpanan Bahan terhadap Kualitas Produk di Kitchen Hotel The Singhasari Resort Batu.

Mahasiswi kelahiran Lamongan ini mempresentasikan laporan pra skripsinya di ruang sidang dua dengan cukup baik  di hadapan dua dosen penguji, Hedy W. Saleh  SH, MBA, MSi.Par dan Ari Purwanto SSt.Par, MM., yang sekaligus dosen pembimbingnya sendiri.

Selanjutnya giliran Angga Reza Pahlevi, yang dipanggil masuk ruang sidang guna mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul  Pengaruh Penyajian Menu Makanan Tematik terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan di Restaurant Papa’s Lemoncella Bali di hadapan dua dosen penguji.

Selama menyusun laporan pra skripsinya itu, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan kelahiran Bontang ini dibimbing Yanuar Kadaryanto MM dan Bambang Sutrisno ST.Par. ”Dalam kesempatan itu, saya juga menyampaikan terima kasih kepada pihak manajemen Restaurant Papa’s Lemoncella Bali yang memfasilitasi kegiatan observasi yang saya lakukan di kitchen demi memperlancar penyusunan laporan pra skripsi ini,” kata Angga, sapaan akrabnya.

Mahasiswa berikutnya yang maju ujian gelombang    X adalah Firmansyah Yohan W.P. Yohan, demikian ia biasa disapa, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Klasifikasi Penggunaan Takaran Berdasarkan Jenis Bahan yang akan Mempengaruhi Citarasa Makanan di Hotel Luminor Surabaya di hadapan dosen penguji.

Mahasiswa Akpar Majapahit Kaliwaron kelahiran Malang itu mengaku siap 100 persen menghadapi ujian pra skripsi gelombang X, setelah dirinya mendapatkan pembekalan dari dosen pembimbing sebelum ujian, Agus Sudharsono, M.Par dan Hardhita Kusdharyanto M.Par.

Usai Firmansyah Yohan, giliran yang tampil adalah Muhammad Azizi. Aziz, sapaan akrabnya, maju dalam sidang pra skripsi yang mempresentasikan laporannya berjudul Peningkatan Kualitas Seorang Cook dengan Penerapan Standar Personal Hygiene di hadapan dua orang dosen penguji.  
Mahasiswa Akpar Majapahit Kaliwaron kelahiran Medan ini dalam menyusun laporan pra skripsinya dibimbing oleh Hardhita Kusdharyanto M.Par dan Bambang Sutrisno ST.Par.

Di ruang sidang ketiga, Otje Herman Wibowo SE, M.Par dan Yanuar Kadaryanto  MM menguji M. Arifurrahman, mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Jemursari. 

Dalam kesempatan itu, Arifurrahman yang biasa disapa Arif ini mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Aktivitas Pelayanan Waiters terhadap Operasional di Big Coffee Banjarbaru, Kalimantan Selatan.
Selama menyusun laporan pra skripsinya tersebut, mahasiswa kelahiran Banjarmasin ini dibimbing langsung oleh Agus Sudharsono M.Par dan Hardhita Kusdharyanto M.Par. Atas dorongan kedua dosen pembimbingnya tersebut, Arifurrahman akhirnya bisa maju sidang pra skripsi, Sabtu (08/10/2016).

Setelah M. Arifurrahman, giliran Jeff Ignadi yang dipanggil panitia ujian untuk mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul Pengaruh Standar Kelengkapan Peralatan terhadap Kinerja Staff di Dapur The Avene Java Paragon Hotel & Residence Surabaya di hadapan dua dosen penguji.

Selama menyusun laporan pra skripsinya tersebut, mahasiswa kelahiran Semarang yang biasa disapa Jeff ini di-support langsung oleh Ari Purwanto SSt.Par, MM dan R. Paulus Soetrisno M.Par., yang menjadi dosen pembimbingnya.

Mahasiswa berikutnya yang dipanggil panitia untuk maju sidang pra skripsi adalah Ridova Akbar. Mahasiswa Akpar Majapahit Kaliwaron yang akrab disapa Ridova ini mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul Pengaruh Penerapan Mise en Place dalam Upaya Efisiensi Kerja di Luminor Hotel Surabaya di hadapan dua dosen pengujinya, Otje H. Wibowo dan Yanuar Kadaryanto.

Dalam kesempatan itu, mahasiswa kelahiran Surabaya ini mengucapkan terima kasih atas support dua dosen pembimbing, Hardhita  Kusdharyanto dan Trully Nugroho S.Pd, sehingga dirinya bisa menyelesaikan tulisan dan maju ujian pra skripsi tepat waktu.

Selanjutnya Ari Yuswanda yang tampil di ruang sidang tiga untuk mempresentasikan laporan pra skipsinya berjudul Penerapan Hygiene dan Sanitasi terhadap Pengelolaan Makanan di Main Kitchen Hotel Luminor Surabaya di hadapan dua dosen penguji.

Mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Kaliwaron kelahiran Sidoarjo ini selama menyusun laporan pra skripsinya itu dibimbing oleh Agus Sudharsono M.Par dan Trully Nugroho S.Pd. ”Karena itu dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih atas dorongan kedua dosen pembimbing sehingga laporan pra skripsi ini bisa saya selesaikan dalam waktu sekitar satu bulanan,” kata Ari, sapaan akrabnya kepada kru www.culinarynews.info, akhir pekan lalu.

Mahasiswa terakhir yang maju di ruang sidang tiga adalah Frederick Armanto. Mahasiswa kelahiran Surabaya ini mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul Fungsi Kegunaan Equipment dan Kualitas Equipment terhadap Produktivitas Room Boy di Hotel Green Hill Jember di hadapan dosen penguji, Otje H. Wibowo dan Yanuar Kadaryanto.

Dalam menyusun laporan pra skripsinya tersebut, Frederick Armanto --yang kini juga dipercaya menjadi Manager Raja Pisang Café Jl Klampis Jaya itu-- dibimbing oleh R. Paulus Soetrisno M.Par dan Bambang Sutrisno ST.Par. Oleh Frederick, laporan pra skripsinya itu bisa dirampungkan dalam waktu sekitar tiga bulanan.

Usai ujian pra skripsi gelombang X tersebut, 15 mahasiswa D3 Akpar Majapahit diberi pengarahan oleh pihak Akademik seputar persiapan wisuda termasuk biayanya yang dipatok Rp 2,5 jutaan per orang (besarannya seperti tahun lalu). Biaya wisuda itu antara lain untuk pengadaan baju toga, ijazah, sertifikat kelulusan D3, sertifikat D1 dan D2, serta transkrip nilai.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan di kampus Akpar Majapahit dan ingin mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di kampus tersebut, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer