Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

11 Mahasiswa D3 Akpar Majapahit Mulai Menikmati Atmosfer Kerja di Industri

Pasca Sidang Ujian Pra Skripsi, Pekerjaan Siap Menanti

PASCA sidang ujian pra skripsi demi meraih gelar akademik Ahli Madya Pariwisata (AMd.Par) dari almamaternya, sedikitnya 11 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit mulai menikmati atmosfer kerja di industri.
11 mahasiswa yang beruntung –karena bisa kuliah sambil bekerja—adalah Fungki Mastrivianto, Rikky Fernando P., Nimas Oktavianti, Endang Setyawati, Nadia Cyrilla Sari, Ajeng Astamay N.A., Tri Setiawan Luslim, Yani Trida Wulandari, Kevin Gunawan Budi Tanoko, Fredrick Armanto, Ely Sajidah dan Ridova Akbar.

Fungki Mastrivianto, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit ini mengaku beruntung karena selama magang kerja dan melakukan observasi dalam rangka menyusun laporan pra skripsi di Hotel Ibis Bandung Trans Studio, dia juga ditawari kerja oleh pihak manajemen hotel.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Peluang emas itu langsung ditangkap oleh mahasiswa kelahiran Malang yang tinggal di Sidoarjo ini. Setelah dirinya menyelesaikan laporan pra skripsi dan mengikuti sidang ujian pra skripsi gelombang I pada Sabtu (30/07/.2016) silam, maka dia pun bergegas pergi ke Bandung demi mengisi job baru di hotel bintang tiga tersebut.

”Terus terang apa yang saya lakoni ini merupakan berkah luar biasa, setelah saya dipaksa bekerja keras karena selama magang kerja dan menyusun laporan pra skripsi ini saya nebeng di rumah teman yang kebetulan rumahnya dekat Hotel Ibis Bandung,” tutur Fungki kepada kru www.culinarynews.info, belum lama ini.

Hal senada juga disampaikan Rikky Fernando P. Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan itu harus pandai membagi waktu antara kerja dan kuliah, terutama saat mendekati jadwal sidang ujian pra skripsi gelombang II.

”Syukurlah, tempat kerja saya juga memberikan apresiasi tinggi terhadap karyawan yang bekerja sambil kuliah. Sehingga, ketika saya mau maju sidang ujian pra skripsi, oleh atasan ---manajemen Hotel Luminor Surabaya— saya diberikan ijin,” kata Rikky, dalam kesempatan terpisah.

Selanjutnya Ridova Akbar, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kaliwaron ini juga tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya, karena saat magang kerja di Hotel Luminor Surabaya bersama beberapa rekannya yang lain dari Akpar Majapahit, ternyata dirinya yang beruntung.

Pasalnya, pihak manajemen Hotel Luminor Surabaya mengajaknya bergabung untuk mengisi job di Dapur Pastry hotel tersebut. Kesempatan emas ini tentu tidak disia-siakan sekalipun kado manis tersebut berbarengan dengan aktivitasnya menyelesaikan laporan pra skripsi yang baru disidangkan pada Sabtu (08/10/2016).

Ridova Akbar bersama 14 mahasiswa lainnya maju sidang pra skripsi gelombang X di Lantai 4 Gedung Graha Tristar. Mahasiswa kelahiran Surabaya ini mempresentasikan laporan pra skripsinya di hadapan dosen penguji, Otje Herman Wibowo SE, M.Par dan Yanuar Kadaryanto MM.

Sementara itu, Mahasiswi D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Ely Sajidah, juga punya kisah menarik, usai maju sidang pra skripsi gelombang X, akhir pekan lalu. Pasalnya, saat ditanya dua dosen pengujinya, Hedy Wahidin Saleh SH, MBA, MSi.Par dan Ari Purwanto SSt.Par., MM, gadis kelahiran Surabaya ini tidak mengalami kesulitan berarti menjawab pertanyaan mereka.

”Mengingat apa yang ditanyakan itu sudah menjadi bagian dari pekerjaan saya sehari-hari di G-Suite Hotel Surabaya. Di hotel tersebut saya ditugaskan di bagian front office,” kata Ely Sajidah seraya tersenyum. Dalam menyusun laporan pra skripsinya itu Ely Sajidah dibimbing R. Paulus Soetrisno M.Par dan Hardhita Kusdharyanto M.Par.

Giliran berikutnya adalah Frederick Armanto. Fredrick, demikian ia biasa disapa, merasa plong setelah maju ujian gelombang X, akhir pekan lalu. Setelah merevisi laporannya, seperti arahan dosen penguji maupun dosen pembimbing (R. Paulus Soetrisno M.Par dan Bambang Sutrisno ST.Par), dirinya kembali fokus ke pekerjaan.

Pasalnya, selain aktif kuliah sebagai mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, bujangan kelahiran Surabaya ini juga dipercaya menjadi Manager Raja Pisang Café, Jl Klampis Jaya Surabaya.

”Dengan posisi itu, saya pun siap memenuhi permintaan adik kelas –juga mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit—yang akan menghelat acara Halloween Party di Raja Pisang Café pada 31 Oktober 2016 mendatang,” tandasnya.

Selanjutnya adalah Nimas Oktavianti. Mahasiswi D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit ini selain kuliah juga bekerja di hotel. Pengalamannya kerja di industri, membuat perempuan kalem kelahiran Banyuwangi ini merasa nyaman bekerja di hotel.

Usai sidang ujian pra skripsi gelombang II,  awal Agustus 2016 lalu, Nimas Oktavianti yang sebelumnya bekerja di Hotel Ibis Budget Juanda, saat ini sudah pindah dan bergabung dengan Hotel Novotel Surabaya, sebuah hotel bintang empat di kawasan Jl Raya Ngagel. Ia ditempatkan di bagian front office. Sekadar informasi, baik Hotel Ibis maupun Hotel Novotel itu masih satu kelompok usaha, yakni di bawah payung Accor Group.

Selain Nimas Oktavianti, masih ada tiga mahasiswi D3 Prodi UPW Akpar Majapahit yang kuliah sambil bekerja. Kebetulan ketiga mahasiswi yang sama-sama berwajah cantik itu juga maju sidang pra skripsi gelombang II. Mereka adalah Ajeng Astamay N.A., Nadia Cyrilla Sari dan Endang Setyawati.

”Baik saya, Nadia Cyrilla Sari maupun Endang Setyawati saat ini sudah bekerja di Grand City Mall Surabaya. Usai sidang ujian pra skripsi gelombang II tempo hari, saya kini kembali fokus pada pekerjaan sekaligus menatap masa depan,” tutur Ajeng, saat memberi support langsung kepada Nur Alfiyah Siregar dan Nadya Shufriyah, dua soul mate-nya, usai sidang ujian pra skripsi gelombang IV.

Giliran selanjutnya adalah Kevin Gunawan Budi Tanoko. Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan yang akrab disapa Kevin ini tampak sumringah usai mengikuti sidang ujian pra skripsi gelombang VI bersama lima orang rekannya yang lain termasuk Yani Trida Wulandari.

Pasca sidang ujian pra skripsi tersebut, Kevin bisa lebih fokus untuk mengisi waktu luangnya dengan bekerja di Harris Hotel Jl Raya Gubeng. Pasalnya, sejak sebulan lalu dirinya terikat kontrak kerja dengan manajemen hotel tersebut. 
”Nah peluang emas kerja di industri ini tentu tidak saya sia-siakan, karena job baru ini sesuai dengan keinginan saya sekalipun saya harus meniti karier di hotel berbintang mulai dari bawah,” tukas Kevin Gunawan, sambil tersenyum.

Sementara itu, Yani Trida Wulandari, mahasiswi D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, selama kuliah juga sudah aktif bekerja di Starbucks Tunjungan Plaza Surabaya. Untuk itu, saat dirinya menyiapkan laporan pra skripsinya di bawah bimbingan Renny Savitri M.Par dan Kristian Faskahariyanto SE, tidak terlalu sulit, karena observasinya dilakukan di tempatnya bekerja.

Wulan, demikian ia biasa disapa, mempresentasikan laporan pra skripsi gelombang VI yang berjudul Seni Minuman sebagai Daya Tarik untuk Menambah Kunjungan di Starbucks Tunjungan Plaza Surabaya di hadapan dosen penguji, Hedy Wahidin Saleh dan Ari Purwanto.

Gadis manis kelahiran Mamuju itu berterima kasih banget kepada dosen pembimbing, dosen penguji maupun pihak manajemen Starbucks, yang banyak membantu demi penyelesaian laporan pra skripsinya hingga tepat waktu, tanpa mengganggu pekerjaannya sehari-hari di Starbucks Tunjungan Plaza Surabaya.

Terakhir adalah Tri Setiawan Luslim. Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit yang satu ini, setelah mengikuti sidang pra skripsi gelombang IV, akhir Agustus 2016 lalu, sekarang fokus menjadi assistance chef di Dapur Kuliner 1, bersama chef Ari Purwanto, SSt.Par., MM.

Kiprahnya saat bergabung dan mengabdi di almamaternya sejak awal 2016 lalu patut diapresiasi karena bujangan bertubuh tinggi besar ini semakin banyak menimba ilmu kuliner dari dosen pembimbingnya.

Ia juga tidak pelit berbagi ilmu dengan mahasiswa juniornya maupun ibu-ibu peserta kursus masak yang biasa diasuh chef Ari Purwanto, setiap akhir pekan di Dapur Kuliner 1 Lantai 3 Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Dalam berbagai kesempatan, Tri Setiawan Luslim membantu chef Ari Purwanto memberikan kursusan noodle making, aneka bakso, ayam kremes dan sejumlah resep masakan lainnya, di Dapur Kuliner 1 Lantai 3 Akpar Majapahit.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan di kampus Akpar Majapahit dan ingin mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di kampus tersebut, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer