Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Kunjungi Objek Wisata Kawah Ijen dan Alas Purwo

16 Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Helat ”Eco Green Hotel Observation Study” di Banyuwangi



UNTUK mendekatkan diri mahasiswa dengan industri pariwisata dan perhotelan di Jatim, pada awal Agustus lalu atau tepatnya pada Minggu (03/08/2016) sampai Selasa (05/08/2016), 16 orang mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit --yang saat ini duduk di Semester II dan IV--  mengikuti kegiatan bertajuk Eco Green Hotel Observation Study (EGHOS) di Banyuwangi.



Kegiatan mahasiswa di luar kampus itu dibimbing langsung oleh Asisten Direktur I Bidang Akademik Akpar Majapahit Hedy W. Saleh SH, MBA, MSi.Par dan dosen D3 Perhotelan  Hardita Kusdaryanto M.Par.




Pihak kampus mengapreasi keinginan anak didiknya untuk mengaplikasikan hasil pembelajaran di kelas dengan kondisi riil di lapangan, dengan mengunjungi sejumlah objek wisata khususnya Kawah Ijen dan Alas Purwo, sebagai dua spot wisata yang wajib dikunjungi mahasiswa peserta Eco Green Hotel Observation Study (EGHOS).




Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan itu adalah 14 orang  (Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Semester II) dan dua orang (Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Semester IV).Keikutsertaan mahasiswa Semester II dan IV Prodi Perhotelan Akpar Majapahit dalam kegiatan EGHOS itu untuk mengenal lebih dekat kondisi riil di lapangan.  




Rombongan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit yang dipimpin Hedy W. Saleh berangkat dari kampus Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya (Meeting Point) menuju Banyuwangi dengan menempuh jalur darat dengan rute Surabaya-Jember-Bondowoso-Banyuwangi.




Perjalanan hari pertama, rombongan peserta EGHOS bertolak dari Surabaya menuju Jember mengunjungi Pantai Papuma. Setelah puas menikmati deburan ombak Samudera Indonesia dan keelokan Pantai Papuma yang dikelola Perum Perhutani, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Alas Purwo Bondowoso.




Di Bondowoso, rombongan bermalam di Hotel Anugerah. Hotel melati itu lokasinya tidak jauh dengan akses menuju Kawah Ijen. Baru keesokan harinya (hari kedua) rombongan melanjutkan perjalanan ke Kawah Ijen.




”Mengingat kunjungan kami ke objek wisata Kawah Ijen siang hari, maka rombongan peserta EGHOS tidak mungkin menikmati blue ray yang eksotik kecuali jika melihatnya pada malam hari.” kata Didiet, sapaan akrab Hardita Kusdaryanto M.Par., dosen D3 Prodi Perhotelan tersebut kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, Rabu (24/08/2016).




Meskipun demikian, lanjut Didiet, rombongan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit tetap antusias melihat aktivitas para penambang batu belerang di Kawah Ijen. ”Fakta juga berbicara bahwa Kawah Ijen sebagai salah satu spot wisata unggulan Jatim itu sampai sekarang tetap diminati turis mancanegara maupun wisatawan domestik,” tandasnya.




Usai bersusah payah tracking ke Kawah Ijen, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit ini melanjutkan perjalanan menuju Banyuwangi lewat jalur selatan, melalui jalan yang berkelok-kelok di kawasan Alas Seto Gumiter. 




Sesampai di Banyuwangi, rombongan check in di Hotel Baru 2, lokasinya menghadap selat Bali, tepatnya hotel tersebut dekat dengan pelabuhan penyeberangan kapal feri Ketapang-Gilimanuk, satu kawasan dengan Pelabuhan Tanjung Wangi yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III.




Hotel resort kelas melati ini menjadi jujukan rombongan mahasiswa untuk melepas penat setelah seharian (hari kedua) tracking di Kawah Ijen dan menempuh perjalanan darat yang cukup melelahkan dari Kawah Ijen (Bondowoso) ke Banyuwangi.




Pada hari terakhir (ketiga) dalam gelaran EGHOS yang dikemas dalam bentuk paket wisata 3D2N (tiga hari dua malam) itu rombongan masih sempat menikmati keindahan pantai Pulau Merah di Bumi Blambangan, sebelum rombongan mahasiswa Akpar Majapahit itu balik ke Surabaya. Sayonara



 
Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer