Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Chef Tamu Berbagi Ilmu dengan Mahasiswa Pastry Akpar Majapahit

Chef Giat dari ChefMate Chocolate Mempersembahkan Mango Matcha Cake

 
UNTUK kesekian kalinya, sekitar 100-an orang mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Pastry (Patisserie) Akpar Majapahit (gabungan dari Kelas Pagi dan Kelas Siang), kembali mendapatkan tambahan pengetahuan dari ChefMate Chocolate di dapur Pastry 1, kampus Akpar Majapahit pada pekan pertama Agustus 2016 atau tepatnya Rabu (03/08/2016) lalu.

 
Kali ini giliran chef Giat yang presentasi di hadapan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Pastry Akpar Majapahit. Kehadiran dosen tamu dari ChefMate Chocolate ini, selain untuk demo cara membuat Mango Matcha Cake  (cake berkilau desain kekinian), juga berbagi informasi seputar produk-produk dari ChefMate Chocolate.

 
Beberapa produk unggulan ChefMate Chocolate yang dipakai baking demo pekan lalu antara lain ChefMate Cocoa Powder dan ChefMate Green Tea Chocolate Compound. ChefMate Cocoa Powder diaplikasikan sebagai bahan untuk membuat Chocolate Chiffon Sponge, sedangkan ChefMate Green Tea Chocolate Compound diaplikasikan untuk bahan membuat Green Tea Chocolate Glaze dan Green Tea Chocolate Mousse

 
Di hadapan mahasiswa jurusan Pastry, chef Giat mengungkapkan, secara umum cara membuat cake dengan hiasan aneka topping cantik seperti ini sudah diajarkan dosen di kelas. Karena itu, kehadirannya di hadapan mahasiswa untuk berbagi sekaligus mengingatkan kembali bagaimana cara membuat cake berkilau dengan dekorasi mahkota bunga dan daun –dari bahan white chocolate persembahan ChefMate Chocolate-- desain kekinian, yang saat ini lagi nge-trend di pasaran. 

 
”Dan diharapkan mahasiswa yang hadir dalam demo membuat Mango Matcha Cake  kali ini bisa memperoleh manfaat dan pengalaman baru yang barangkali belum diajarkan di kelas,” ujar chef Giat, saat demo membuat empat resep dari Mango Matcha Cake yakni Chocolate Chiffon Sponge, Green Tea Chocolate Glaze, Mango Jelly Agar dan Green Tea Chocolate Mousse.

 
Diakuinya, jika saat ini lagi booming cake yang berkilau bak cermin. Tampilannya yang unik dengan lapisan cokelat, biru, pink, kuning atau merah yang mengkilap. Dalam kesempatan kali ini pihaknya membagikan salah satu kreasi dari olahan chocolate mirror glaze original yang terbuat dari cokelat kepada mahasiswa. 

 
Untuk glazing cake cokelat menggunakan cokelat blok (Dark Chocolate), sedangkan untuk membuat resep blue dan pink glazing cake digunakan cokelat putih (White Chocolate) merek ChefMate Chocolate produksi PT Ares Kusuma Jaya.
 
 
Penggunaan cokelat putih ini untuk menyamarkan warna cokelat bubuk. Jadi mahasiswa dapat belajar mengkreasikan dengan pewarna makanan sesuai pilihan seperti merah, kuning, ungu, biru, putih, hitam, hijau toska, coklat, pink (merah muda) dan warna lainnya sesuai selera.

 
Dalam kesempatan itu, chef Giat berbagi ilmu cara membuat hiasan motif bunga dan daun untuk mempercantik dekorasi topping-nya White Chocolate Creamy Cake. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan bagaimana membuat chocolate stick, guna mempercantik penampilan Mango Matcha Cake.

 
Sementara itu, chef Otje H. Wibowo, SE., M.Par, dosen Pastry Akpar Majapahit mengungkapkan, model pembelajaran dari chef-chef tamu yang dihelat setiap hari Rabu sudah berjalan untuk kali kesekian. 

 
Khusus kerjasama antara Akpar Majapahit dengan pihak PT Ares Kusuma Jaya, produsen ChefMate Chocolate, demo chef tamu dari ChefMate Chocolate mendapatkan kesempatan berbagi dengan mahasiswa dijadwalkan sebanyak lima kali tatap muka, yang dimulai sejak Rabu (27/07/2016) sampai Rabu (31/08/2016).

 
Salah satu tujuannya untuk memberikan tambahan pengetahuan baru sekaligus pencerahan mahasiswa saat mengaplikasikan teori dan praktik pastry yang telah diajarkan di kelas dan membandingkannya dengan perkembangan bisnis pastry terkini yang dilakukan kalangan pabrikan (skala industri). 

 
”Sehingga mahasiswa bisa memetik pelajaran dari model pembelajaran seperti ini demi menunjang karier mereka di masa mendatang pasca lulus kuliah,” tandas chef Otje, di sela-sela mendampingi tamunya demo membuat Mango Matcha Cake di dapur Pastry 1, Lantai 2 Gedung Graha Tristar, Rabu (03/08/2016) siang.

 
Selain chef Otje H. Wibowo SE., M.Par, juga hadir chef Renny Savitri M.Par, chef Laurentia Vivi,  chef Arwati, chef Kristian dan assistance chef Jiurike, Fitri, dan Ira. Mereka adalah staf pengajar di jurusan Pastry Akpar Majapahit.  

 
Nah, Anda tertarik belajar membuat Mango Matcha Cake, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-5, 085733691648, 082330853725, PIN BB 28CCC1E0, sekarang juga. (ahn)

No comments:

Post a Comment

Entri Populer