Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Dosen Tamu Akpar Majapahit dari Inna Roti

Chef Inna Thalib Berbagi Ilmu Cara Membuat Donat Tower Bersama Mahasiswa D3 Pastry Akpar Majapahit

SEKITAR 50 mahasiswa D3 jurusan Pastry (Patisserie) Akpar Majapahit kembali menghadiri demo menghias kue dan cake yang dipresentasikan dosen tamu.setiap Rabu di Kelas Pastry 1 Lantai 2, Gedung Graha Tristar Surabaya. 

Kali ini giliran Chef Inna Thalib dari Inna Roti, berbagi ilmu cara menghias Donat Tower dengan 50-an mahasiswa D3 jurusan Pastry Akpar Majapahit. Selain mahasiswa, juga hadir Chef Laurentia Vivi S.Pd dan Chef Renny Savitry M.Par, keduanya adalah dosen Pastry Akpar Majapahit.

Dalam demo kali ini, pihaknya ingin berbagi dengan mahasiswa D3 jurusan Pastry Akpar Majalahit terkait teknik pembuatan Donat Tower yang nge-trend sejak dua tahun terakhir.

Inspirasi membuat Donat Tower karena konsumen sudah bosan dengan tampilan kue tart atau cake decoration untuk ulang tahun. Nah, bagi penggemar donat, pesta ulang tahunnya akan semakin bermakna jika dikado bingkisan berupa Donat Tower yang lain daripada biasanya.

Untuk membuat Donat Tower setinggi 50-60 cm, membutuhkan donat beriameter 8 cm sebanyak 60 biji donat dengan aneka topping cantik dan menarik dari barliner, choco nut, glazuur, cornflake, dan lain-lain.

”Bagi mahasiswa, cara membuat Donat Tower itu secara umum sudah dipelajari di kelas dan sudah diajarkan oleh dosen. Namun tidak ada salahnya jika saya juga berbagi resep membuat donat dari bahan kentang yang empuk dan cita rasanya enak.kepada mahasiswa,” kata Chef Inna Thalib di Kelas Pastry 1, Lantai 2, Gedung Graha Tristar, Rabu (01/06/2016).

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Donat Tower antara lain tepung cakra, susu bubuk, ragi instan, kentang halus, gula pasir yang sudah dihaluskan, mentega, garam, kuning telur dan air es.

Chef Inna juga menyinggung sedikit pengetahuan tentang bahan roti/kue –terigu, yeast (ragi roti), topping donat dan lain-lain-- kepada mahasiswa, yang secara umum mereka sudah memahami manfaat bahan-bahan tersebut dalam pembuatan donat.

Untuk membuat donat yang enak dan empuk, sebaiknya menggunakan tepung terigu yang kadar proteinnya tinggi. Di pasaran,  terigu ini diproduksi Bogasari dengan merek dagang Cakra. Untuk membuat adonan donat yang baik, terigu (tepung terigu dan tepung kentang) di-mixer dalam mesin adonan selama 15 menit sampai kalis.

Setelah adonan tersebut jadi, adonan kemudian didiamkan  lima menit kemudian diratakan dengan roller kayu. Selanjutnya dicetak bulat sesuai desain cetakan donat. Donat setengah jadi tersebut ditaruh Loyang yang sudah ditaburi tepung agar tidak lengket.  Donat setengah jadi tersebut kemudian digoreng sampai matang dengan cirri-ciri berwarna coklat cerah.

Setelah digoreng matang, donat dihias dengan berbagai topping –Barliner, Choco Nut, Glazuur dan Cornflake--- atau bisa dikreasi dengan topping lain misalnya cokelat meses, cokelat keju, mete cincang, selai strawberry, kacang almond atau bisa juga dihias dengan motif bunga dari plastic icing, sesuai selera.

Donat-donat yang sudah selesai dihias didiamkan sebentar, sebelum disusun menjadi sebuah Donat Tower dengan tampilan yang cantik. Untuk menyusun donat-donat itu menjadi sebuah Donat Tower, disiapkan dulu dudukannya berupa sterrofoam (gabus) dengan diameter 20 cm.

Donat tersebut disusun sedemikian rupa sampai mengerucut hingga mencapai ketinggian 60 cm sudah termasuk hiasan berupa sepasang boneka cantik dari plastic icing yang ditancapkan di puncaknya. 

”Supaya donat yang Anda susun itu tidak jatuh, Anda mesti siapkan tusuk gigi atau tusuk sate untuk mengikat  donat yang satu dengan donat yang lainnya sehingga membentuk sebuah Donat Tower. Gampang kan,” tandas Chef Inna Thalib, sekaligus pemilik Inna Roti itu kepada mahasiswa.

Arditya Santoso, mahasiswa jurusan Pastry Akpar Majapahit merasa tersanjung saat dirinya diminta menjadi asistennya Chef Inna Thalib dalam demo membuat Donat Tower, Rabu (01/04/2016).

Ia mengaku sempat grogi, namun itu tidak lama, karena setelah beberapa saat dirinya menjadi terbiasa karena praktik membuat adonan hingga menghias kue, roti atau cake,  menjadi pekerjaan sehari-hari bagi mahasiswa D3 jurusan Pastry Akpar Majapahit. 

”Dari demo membuat Donat Tower ini, saya mendapatkan pengalaman baru dari apa yang telah dipelajari di kelas. Pasalnya, di dunia industri juga banyak hal menarik yang bisa dipelajari mahasiswa,” pungkasnya.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer