Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Chef Tamu Berbagi Ilmu dengan Mahasiswa Pastry Akpar Majapahit

Cake Decoration Glazing Spider Persembahan Chef Jeffry Leonardo dari Elmer Premium Chocolate


UNTUK kali kesekian, sekitar 53-an orang mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Pastry (Patisserie) Akpar Majapahit, kembali mendapatkan tambahan pengetahuan dari chef Jeffry Leonardo, dosen tamu yang sekaligus juga Technical Advisory dari Elmer Premium Chocolate di dapur Pastry 1, kampus Akpar Majapahit pada Rabu (27/04/2016) lalu.

Kehadiran dosen tamu chef Jeffry Leonardo bersama Prima Adisulistiyo, asistennya, di hadapan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Pastry  ini selain untuk demo cara membuat Fully Choco Creamy Cake (cake dengan dekorasi jaring laba-laba desain kekinian), juga berbagi info seputar eksistensi bisnis Elmer Premium Chocolate yang mengusung tagline Inspiring Innovation tersebut.

Di hadapan mahasiswa jurusan Pastry, chef Jeffry Leonardo mengungkapkan, secara umum cara membuat cake dengan hiasan aneka topping cantik seperti ini sudah diajarkan dosen di kelas. Karena itu, kehadirannya di hadapan mahasiswa untuk berbagi sekaligus mengingatkan kembali bagaimana cara membuat cake dengan dekorasi jaring laba-laba desain kekinian, yang saat ini lagi trend di pasaran.

”Dan diharapkan mahasiswa yang hadir dalam demo membuat Fully Choco Creamy Cake kali ini bisa memperoleh manfaat dan pengalaman baru yang barangkali belum diajarkan di kelas,” ujar chef Jeffry, sapaan akrabnya, saat demo membuat cake decoration dengan dibantu asistennya, Prima Adisulistiyo.

Untuk membuat Fully Choco Creamy Cake yang menarik, chef Jeffry membuka rahasia dapurnya kepada mahasiswa.  Pertama, membuat Choco Cotton Sponge. Bahan yang direkomendasikan untuk membuat Choco Cotton Sponge meliputi Bahan A (85 gram mentega dan 85 gram susu cair).

Sedangkan Bahan B (enam butir kuning telur), Bahan C (50 gram tepung protein sedang, 35 gram Elmer African Red 20-24 persen Cocoa Powder, 10 gram maizena dan 10 gram susu bubuk), dan Bahan D (enam butir putih telur, 100 gram gula pasir, empat gram cream of tar-tar).

Cara membuatnya: (1). Panaskan Bahan A, (2). Kemudian tuang ke dalam Bahan B, (3). Masukkan Bahan C, aduk hingga rata, (4). Kocok Bahan D hingga 80 persen mengembang, campur dengan adonan di atas, (5). Tuang ke dalam dua lotang bulat diameter 24 cm yang sudah di alasi kertas roti, (6). Oven dengan suhu 180*C selama 30 menit.

Kedua, membuat Simple Chocolate Mousse. Bahan yang direkomendasi oleh chef Jeffry meliputi Bahan A (200 gram Royal Baker Exotic Dark Couverture dan 100 gram susu cair), Bahan B (400 gram whipping cream) dan Bahan C (10 gram gelatine + 30 gram air dingin).

”Cara membuatnya: (1). Lelehkan Bahan A menjadi satu, (2). Masukkan ke dalam Bahan B, lalu aduk rata, dan (3). Tambahkan Bahan C yang sudah di tim,” kata chef Jeffry Leonardo saat demo di hadapan mahasiswa, pekan lalu.

Tahapan yang Ketiga, membuat Choco Glazing. Bahan untuk membuat Choco Glazing meliputi Bahan A (300 gram Elmer Dark Ghana Compound), Bahan B (150 gram fresh milk), Bahan C (100 gram jelly glaze) dan Bahan D (10 gram gelatine powder + 30 gram air dingin).

Adapun cara membuatnya: (1). Cincang Bahan A, lalu panaskan Bahan B, (2). Tuang ke dalam Bahan A, aduk rata, (3). Tambahkan Bahan C, aduk hingga rata, (4). Rendam Bahan D, lalu tim, dan (5). Masukkan ke dalamnya.

”Dan yang terakhir adalah membuat Glazing Jaring. Bahan-bahannya meliputi Bahan A (50 gram jelly glaze, ¼ sendok teh pemutih makanan dan ½ sendok teh air), sedangkan Bahan B (tiga tetes pewarna makanan),” ujar chef Jeffry, yang sehari-hari menjadi Technical Advisory PT Federal Food Internusa (Elmer Premium Chocolate) Jl Raya Kalirungkut No. 25, Kompleks Ruko Carrefour Blok A-75 Surabaya.

Dalam kesempatan itu, chef Jeffry berbagi ilmu cara membuat hiasan motif bunga dan daun untuk mempercantik dekorasi topping-nya Fully Choco Creamy Cake. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan bagaimana membuat hiasan cigarette stick yang cantik, bentuknya mirip choco stick dan membuat glazing spider (glazing jaring) untuk mempercantik penampilan cake.


Sementara itu, assistance chef Prima Adisulistiyo berbagi dengan mahasiswa bagaimana membuat bola hias dari bahan cokelat untuk mempercantik penampilan Fully Choco Creamy Cake.yang dibuat oleh chef Jeffry Leonardo.


Fitriana, mahasiswi jurusan Pastry Akpar Majapahit, tertarik menghadiri demo membuat Fully Choco Creamy Cake yang dipandu chef Jeffry Leonardo dari Elmer Premium Chocolate karena ingin meng-up date perkembangan informasi teraktual seputar sisik melik cara membuat Cake Decoration Glazing Spider yang lagi nge-trend belakangan ini kepada kru www.culinarynews.info, di sela acara tersebut.


Sementara itu, chef Renny Savitri M.Par, dosen Pastry Akpar Majapahit mengungkapkan, model pembelajaran dari chef-chef tamu yang dihelat setiap hari Rabu sudah berjalan untuk kali kesekian. Salah satu tujuannya untuk memberikan pencerahan mahasiswa antara teori dan praktik pastry yang telah diajarkan di kelas dengan perkembangan bisnis pastry terkini yang dilakukan kalangan pabrikan (skala industri). 


"Sehingga mahasiswa bisa memetik pelajaran dari model pembelajaran seperti ini demi menunjang karier mereka di masa mendatang pasca lulus kuliah,” tandas chef Renny, ketika mendampingi tamunya di dapur Pastry 1, pekan lalu. 


Selain chef Renny Savitri M.Par, juga hadir assistance chef Jiurike AMd.Par., staf pengajar di jurusan Pastry Akpar Majapahit. Keduanya tampak antusias mendampingi mahasiswa mengikuti demo membuat Fully Choco Creamy Cake oleh chef Jeffry Leonardo dari Elmer Premium Chocolate.



Sementara itu, jika ditinjau dari sisi cost production, menurut assistance chef Prima Adisulistiyo, kalkulasi biaya untuk membuat Fully Choco Creamy Cake berkisar antara Rp 60 ribu sampai Rp 70 ribuan, sedangkan untuk harga jualnya sendiri pihak Elmer Premium Chocolate mematok antara Rp 200 ribu sampai Rp 250 ribuan per cake dengan ukuran diameter 24 cm.


Nah, Anda tertarik belajar membuat Cake Decoration Glazing Spider, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-5, 085733691648, 082330853725, PIN BB 28CCC1E0, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer