Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Mahasiswa D3 Akpar Majapahit 'In Charge' di Acara Travel Exchange MTF 2016

Mahasiswa D3 Akpar Majapahit Dilibatkan dalam 
Acara Travel Exchange di Gelaran 
Majapahit Travel Fair (MTF) 2016

SEBANYAK 28 orang mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit yang saat ini duduk di Semester II, IV dan VI in charge(dilibatkan) dalam gelaran acara Travel Exchange (Travex) di ajang Majapahit Travel Fair (MTF) ke-17 Tahun 2016 di Hotel Bumi Surabaya, tanggal 13-16 April 2016.

11 mahasiswa Semester VI itu adalah Glorian Mandagie, Endang Setyawati, Nadia Cyrilla Sari, Anis Roliana Putri, Nimas Oktavianti, Agna Bella Monica, Ajeng Astamay, Nadya Shufriyah, Nur Alfiyah Siregar, Reyvaldo Soehandono dan Rizki Rahmanda, sedangkan lima mahasiswa Semester IV adalah Daniel Endra, Maily Chandra,  Munifah Bawazier, Dwita Puspa dan Yolanda Afitsa. 

Sementara itu 12 mahasiswa Semester II adalah Anita Permatasari, Eka Yuliany Kurniawati, Olga Claudia, Nikita Kinanthi, Diza Faiqotus, Sarah Ferina, Adinda Anastasia, Ryo Stanley, Rocky Alexander, Sari Julianti Ningrum, Dewa Ayu Kade Utami Dewi dan Andi Ira Isah.

Keterlibatan mahasiswa D3 UPW Akpar Majapahit dalam acara Travex di ajang MTF merupakan kali ketiga sejak dosen Akpar Majapahit Drs Gatot Harjoso dipercaya meng-handle acara Travex sejak 2014 lalu oleh Disbudpar Provinsi Jatim.

Gatot Harjoso yang juga Direktur Operasi PT Sagem Panca Pratama mengatakan, sejak tiga tahun terakhir acara Travex dalam ajang MTF diserahkan kepada PT Sagem Panca Pratama (SPP).  Karena itu pihaknya selalu melibatkan mahasiswa Akpar Majapahit selama acara Travex-nya.

Perusahaan ini merupakan konsorsium sembilan tour & travel agencies (BPW) yang terdiri dari Jawa Holiday Tour, Monas Tour, Vivo Tour, Smart Tour, Jaya Tour, GIC Tour, Aneka Kartika Tour, Ridy Indonesia Tour dan Fiesta Buana Tour.

Dalam acara Travex di ajang MTF ke-17 Tahun 2016, buyeryang menyatakan hadir sebanyak 115 travel agent(operator) dari 15 negara, sedangkan 80 travel agent, pengelola restoran, pengelola objek wisata, kalangan hotel, perusahaan transportasi dari Jatim dan sekitar menjadiseller

"Mereka yang akan menjual produknya –objek-objek wisata terkenal di Jatim dan daerah lain di Indonesia-- kepadatravel agent dari luar negeri,” kata Gatot Harjoso kepada kru www.culinarynews.info usai memberikan pengarahan kepada mahasiswa D3 UPW Akpar Majapahit sebelum acara Travex di lantai 4 Graha Tristar, Senin (11/04/2016) siang.

Sebelum terlibat langsung dalam acara Travex, para mahasiswa itu telah dibekali dengan kegiatan di luar kampus yang dikemas dalam acara Historical Surabaya City Tour(HSCT), tanggal 6 April 2016. 

Acara itu merupakan implementasi dari mata kuliah Technics Guiding dan Leadership yang diajarkan kepada mahasiswa di kelas.

”Dengan bekal itu, saya optimistis mahasiswa bisa memberikan yang terbaik selama acara Travex seperti tahun sebelumnya karena gelaran MTF ini merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan Disbudpar Provinsi Jatim,” terang Gatot Harjoso yang juga dikenal sebagai owner-nya Vivo Tour.  

Mahasiswa yang dilibatkan dalam acara Travex kali ini dibagi dalam beberapa tugas, mulai acara penjemputan di Terminal 2 Bandara International Juanda, mengantar dan mendampingi tamu dari bandara ke hotel, melayani tamu selama acarawelcome dinner dan travex di Hotel Bumi maupun wisata ke Bromo.

Selain itu, mahasiswa yang terlibat dalam kepanitiaan (sebagai marshall) juga bertugas melayani dan menjemput tamu yang menginap di luar Hotel Bumi Surabaya maupun mengantar jempur ketika menghadiri acaragala dinner pada malam pembukaan MTF 2016 di Grand City Convex dan ada juga mahasiswa yang ditugaskan di bagian administrasi melayani buyer,seller dan keperluan logistic-nya.

Khusus untuk antar jemput tamu di luar Hotel Bumi Surabaya karena ada tamu yang menginap di delapan hotel lain yakni Mercure Grand Mirama Hotel, Hotel Bisanta, Sheraton Hotel, JW Marriott Hotel, Hotel Majapahit, Ciputra World Hotel, Paragon Hotel & Apartment dan Shangri-La Hotel.

Untuk kegiatan antar jemput dari ke hotel, panitia selain menyediakan bus pariwisata berkapasitas 25 dan 40 seat juga menyediakan bus mini sekelas Hi-ace atau Elf full AC yang berkapasitas 15-an tempat duduk. Jika selama acara penjemputan tamu di Terminal 2 Bandara Juanda ternyata melebihi batas waktu 06.00-17.00 atau tamu datang kemalaman, maka panitia menyediakan taksi bandara untuk mengantar tamu MTF 2016 ke Hotel Bumi Surabaya.

Selama acara tersebut, mahasiswa dibekali dengan ID Card, seragam t-shirt panitia, spanduk bertuliskan Delegate Travex MTF 2016 danWelcome to Surabaya Delegate Travex MTF 2016hingga formulir registrasi di meja Information Center diTerminal 2 Bandara International Juanda.

”Saya  senantiasa mengingatkan agar mahasiswa selalu mengikuti Standar Operation Procedure (SOP) baik ketika menjemput, mengantar maupun melayani tamu di hotel seperti senyum dan sapa. Nomor telpon sesama anggota panitia maupun sopir bus dan sopir mobil penjemput juga Anda catat demi kelancaran tugas Anda di lapangan dan nama baik institusi kampus,” ujar Gatot Harjoso.

Sementara itu, Farah Fina dari Tim Marketing Akpar Majapahit juga menginformasikan bahwa Akpar Majapahit akan tampil all out dalam gelaran Majapahit Travel Fair (MTF) 2016 di Grand City Convex 14-17 April 2016 yang ditangani PT Debindo.sebagai event organizer.

Di ajang MTF ke-17 Tahun 2016, Akpar Majapahit selain memesan dua stand (booth) untuk menyemarakkan pameran tersebut, juga akan menghelat demo masak dengan tema wisata nuansa laut yang melibatkan Chef dan mahasiswa Culinary dan Pastry (Patisserie) Akpar Majapahit yang berseragam chef ungu batik.

”Selain menampilkan berbagai keunggulan Akpar Majapahit, kami juga akan menampilkan Tristar Institute (salah satu unit usaha Tristar Group) untuk meramaikan dan menyukseskan gelaran MTF ke-17 Tahun 2016 di Grand City Convex,” ujarnya.

Untuk calon mahasiswa yang datang dan mendaftar di stand Akpar Majapahit selama gelaran Majapahit Travel Fair (MTF) 2016 di Grand City Convex ada potongan biaya formulir sampai 50 persen dan potongan biaya praktikum dan SPP.
Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer