Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

HMPI Ajak Mahasiswa D3 Akpar Majapahit Proaktif Dukung Kemajuan Industri Pariwisata Indonesia



HIMPUNAN Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI) Jatim belakangan ini semakin getol menyosialisasikan program kerjanya dari satu kampus ke kampus yang lain –terutama yang membuka Program Studi (Prodi) Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata-- terkait upaya HMPI mengajak mahasiswa proaktif mendukung kemajuan industri pariwisata di Indonesia umumnya dan Jatim pada khususnya.


Pada Rabu (20/04/2016) lalu, giliran Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, yang menjadi jujukan anggota tim dari HMPI Jatim, Rizal, untuk berdialog sekaligus menyosialisasikan program kerjanya di hadapan  mahasiswa D3 Prodi Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit.

Kedatangan utusan dari HMPI Jatim ini disambut oleh Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R Paulus Sutrisno M.Par dan Hardita M.Par, dosen D3 Perhotelan Akpar Majapahit di lantai 4 Gedung Graha Tristar Surabaya.

Di hadapan rekan sejawatnya, Rizal yang juga mahasiswa D3 STP Satya Widya Surabaya ini mengajak koleganya dari Akpar Majapahit menjalin persaudaraan antarmahasiswa pariwisata se-Indonesia, sekaligus membangun jaringan (networking) untuk mengaplikasikan Tridharma Perguruan Tinggi dalam bentuk kegiatan yang nyata dan konstruktif.

Untuk mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi, HMPI bekerjasama dengan para stakeholder pariwisata mulai Kementerian Pariwisata hingga Dinas Pariwisata (Provinsi maupun Kota/Kabupaten) se-Indonesia, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), ASITA, Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI), Kelompok Sadar Wisata Indonesia (POKDARWIS), Himpunan Lembaga Tinggi Pariwisata Indonesia (HMTPI), Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) dan organisasi yang terkaitlainnya.

Nah, melalui kerjasama yang apik dengan para stakeholderpariwisata di Indonesia, mahasiswa yang menjadi anggota HMPI bisa mengunjungi objek daya tarik wisata Raja Ampat di Papua cukup dengan berbekal uang saku Rp 300 ribuan, karena mereka bisa menggunakan link HMPI se-Indonesia yang telah di-back up oleh para stakeholder tersebut.

”Dengan demikian mahasiswa pariwisata bisa berkontribusi lebih banyak demi kemajuan industri pariwisata di Indonesia,” kata Hardita M.Par kepada kruwww.culinarynews.info, seusai acara sosialisasi program kerja HMPI Jatim yang dihadiri sejumlah mahasiswa D3 Prodi Perhotelan dan UPW Akpar Majapahit, Rabu (20/04/2016) siang.

Di kepengurusan HMPI Jatim, Akpar Majapahit siap menempatkan wakilnya yakni Alvin, Hafid dan Nadif. Ketiga orang itu sampai saat ini masih tercatat sebagai mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit.



Beberapa program kerja HMPI yang siap untuk diaplikasikan di lapangan, misalnya, menawarkan paket wisata city tour, menghelat acaratable manner, melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Pariwisata yang dikemas dalam bentukstudy tour, menjadi anggota panitia (Marshal) dalam acara Travel Exchange (Travex) Majapahit Travel Fair(MTF).


”Informasi terbaru dari dari pihak STP Negeri Bandung, mahasiswa anggota HMPI juga akan dilibatkan dalam eventbesar yang lainnya seperti Asian Tourism Forum (ATF) di Bandung pada 7 Mei 2016 mendatang. ATF kabarnya akan diikuti ratusan pelaku industri pariwisata dari 30 negara di Benua Asia,” kata Hardita, yang baru pulang dari Bandung seusai mendampingi mahasiswanya studi banding di kampus STP Negeri Bandung, 14-17 April 2016  lalu.

Menyikapi sejumlah program kerja HMPI yang sangat positif bagi kemajuan industri pariwisata dan selaras dengan Tridharma Perguruan Tinggi, maka pihak kampus pun sangat apresiatif terhadap rencana HMPI Jatim tersebut. 

”Bahkan pihak kampus memberikan support terhadap mahasiswa Akpar Majapahit yang proaktif menjadi anggota HMPI demi kemajuan industri pariwisata di Tanah Air,” tandas Didit, sapaan akrab Hardita, M.Par.

Sebelumnya, mahasiswa anggota HMPI Jatim menghelat bakti sosial di pulau-pulaiu kecil terluar wilayah Indonesia bekerja sama dengan TNI-AL. Bakti sosial yang dihelat pada 2014 silam itu mengunjungi pulau terluar di daerah Nunukan Kalimantan Timur selama tujuh hari dengan diangkut KRI Banjarmasin.

”Kegiatan positif tersebut diikuti 200-an mahasiswa anggota HMPI Jatim. Tujuan bakti sosial itu selain untuk meningkatkan rasa cinta Tanah Air, juga memupuk semangat patriotisme diantara generasi penerus demi menunjukkan bahwa wilayah Indonesia sangat luas dan di pulau terluar itu juga butuh sentuhan pembangunan,”  terang dosen D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit tersebut.

Dalam sosialisasi itu juga terungkap beberapa masukan dari mahasiswa D3 Akpar Majapahit kepada HMPI, di antaranya adalah bagaimana jika HMPI silaturahmi ke Walikota Surabaya  dan mendesak pihak Pemkot agar memindahkan fasilitas Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang lokasi berdekatan dengan Makam Wage Rudolf (WR) Soepratman, Sang Penggubah Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Selain itu, mahasiswa juga mengusulkan kepada HMPI untuk menggiatkan kembali wisata kota tua karena di kota Surabaya banyak gedung-gedung peninggalan sejarah yang masuk kategori bangunan cagar budaya dan hingga saat ini bangunan kuno peninggalan penjajah Belanda itu tetap terawat dengan baik.

Tidak hanya itu, HMPI juga diminta mempromosikan Desa Wisata di Kediri dan Kampung Wisata di Jambagan Surabaya, yang belakangan semarak berkat partisipasi aktif warga lokal yang tinggal di sekitar objek wisata tersebut.

Wisata alam seperti panjat tebing (rock climbing), rafting, naik gunung, surfing di pantai Selatan Jawa pun tidak luput dari atensi mahasiswa yang menghadiri sosialisasi program kerja HMPI Jatim di kampus Akpar Majapahit.

Demikian pula objek daya tarik wisata malam seperti yang dikemas apik di pantai Jimbaran Bali, terbukti sukses merebut hati wisatawan domestik maupun mancanegara karena didukung oleh keeksotikannya pantai itu dan tersedianya fasilitas hiburan malam seperti nite club serta café & resto bagi penyuka wisata kuliner di malam hari. Sukses wisata malam di Jimbaran Bali bisa saja diadopsi untuk diterapkan di Jatim.


Nah, merespons berbagai program kerja HMPI, maka  mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit  akan dibekali dengan acara table manner di Hotel Al-Qud Royal kawasan Tanjung Perak, Surabaya. Dengan demikian jika HMPI punya event yang ada acara table manner-nya, mahasiswa dari Akpar Majapahit tidak canggung lagi karena sudah diajarkan di kelas dan dipraktikkan.

”Acara table manner yang diikuti 20 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit tersebut akan dihelat pada Sabtu tanggal 30 April mendatang. Menu utama jamuan makan siang (lunch) itu diperkirakan menyajikan masakan ala Timur Tengah,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031)8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer