Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Pelatihan Wirausaha Es Puter di Laboratorium Praktik Akpar Majapahit

Chef Kristian Dampingi Tiga Peserta Pelatihan Bikin Es Puter Rasa Nangka, Kacang Hijau dan Kopyor


LABORATORIUM Praktik Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, menjadi tempat pelatihan membuat Es Puter. Dalam pelatihan kali ini, peserta diajarkan membuat tiga resep Es Puter, yakni Es Puter Rasa Nangka, Kacang Hijau dan Kopyor, yang dihelat pada Sabtu (27/02/2016).

Pelatihan wirausaha es puter yang diasuh Chef Kristian Faskahariyanto ini diikuti tiga orang peserta yang semuanya dari luar kota. Mereka adalah Syairun Krisnawangsa (Malang), Aris Tamtomo (Bangil, Kabupaten Pasuruan) dan Mimin (Pangkalan Bun, Provinsi Kalteng).

Peserta pelatihan antusias mengikuti pengarahan Chef Kristian sejak pengenalan bahan, peralatan dan cara membuat es puter skala rumahan yang nantinya bisa dijadikan peluang usaha yang menjanjikan.
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat es puter rasa kopyor, bahannya antara lain santan, gula pasir, garam, tepung maizena, susu UTH, essens cocopandan, pewarna merah muda dan daging kelapa muda dicincang (di-blender kasar).

Sedangkan untuk membuat es puter rasa kacang hijau, bahannya meliputi santan, daun pandan, kacang hijau yang sudah direbus sampai empuk, garam, tepung maizena, gula pasir dan gula kelapa (gula merah).

Sementara itu untuk membuat es puter rasa nangka, bahannya terdiri dari santan, gula pasir, garam, nangka yang sudah dipotong kecil-kecil, tepung maizena, dan daun pandan.

Setelah mengenal bahan-bahan yang dibutuhkan, Chef Kristian berbagi pengalaman cara membuat es puter rasa kopyor yang teksturnya lembut kepada peserta pelatihan.

Caranya: (1). Ambil santan 400 cc, kemudian dimasukkan ke dalam panci + gula pasir 110 gram + garam 2 gram + daging kelapa muda secukupnya, lalu dipanaskan dengan api sedang sampai mendidih.

(2). Selain itu, siapkan sisa santan 100 cc + tepung maizena 15 gram dan aduk sampai larut dan rata. (3). Tahapan (1) + (2) sedikit demi sedikit sambil diaduk terus + susu UTH.

(4). Tahapan (3) + pewarna makanan secukupnya dan terakhir Anda tambahkan essens cocopandan 0,5 cc. Setelah semua tahapan ini dijalani, bahan yang sudah diolah setengah jadi dimasukkan mesin es puter untuk diproses pada suhu -20*C selama satu jam. Setelah diproses selama satu jam, Anda sudah mendapatkan es puter raya kopyor yang teksturnya lembut dan siap disajikan.

”Jika Anda berminat membuka usaha es puter skala rumahan, Anda bisa membeli mesin es puter di outlet Tristar Machinery Jl Raya Jemursari No. 234 Surabaya (satu grup dengan Akpar Majapahit). Harganya mulai Rp 600 ribu per unit (manual) hingga Rp 13,5 juta per unitnya (mesin yang otomatis),” terang Chef Kristian, yang juga Asisten Dosen Pastry di Akpar Majapahit kepada kru www.culinarynews.info, akhir pekan lalu.

Peserta dari Pangkalan Bun Kalteng, Mimin, tertarik belajar membuat es puter skala rumahan karena pihaknya ingin menambah item produk yang ditawarkan kepada konsumen. Saat ini dirinya sudah membuat toko bakery yang didesain ala Cafe di Pangkalan Bun.

”Nah, dengan tambahan menu es puter aneka rasa, maka saya yakin pelanggan yang nongkrong di café-nya bakal bertambah. Pasalnya, mereka selain memesan roti dan kue, juga bisa menikmati lembutnya tekstur es puter yang diajarkan instruktur dari Akpar Majapahit,” terang ibu paro baya yang memakai hijab merah tersebut.

Harapan senada juga disampaikan Aris Tamtomo. Dirinya tertarik mengembangkan usaha es puter skala rumahan karena peluang usaha ini masih terbuka luas di Bangil. Hanya saja yang menjadi kendala adalah mahalnya harga mesin pembuat es puter otomatis. Info dari petugas outlet Tristar Machinery harga mesin es puter otomatis dibandrol sekitar Rp 13,5 juta per unit.

”Makanya kalau ada yang jual mesin es puter manual dengan harga Rp 1 jutaan, saya tertarik membelinya. Mesin es puter manual itu nantinya akan saya lengkapi dinamo untuk menggerakkan alat pengaduknya. Dengan mengaduk selama satu jam, misalnya, tekstur es puter menjadi lebih lembut dibanding kalau diaduk secara manual,” ujar Aris Tamtomo  yang sudah mempraktikkannya bersama sang istri di rumah.

Menanggapi hal itu, Chef Kristian tidak menampiknya. Pasalnya, dengan mengaduk secara konstan selama satu jam bahan setengah jadi es puter  dengan mesin es puter otomatis yang dipraktikkan bersama peserta pelatihan, memang tekstur es puter terasa lembut saat dicicipi.

”Anda ingin mencoba dan berminat untuk belajar membuat es puter skala rumahan (home industry) dengan tekstur lembut, silakan datang ke Laboratorium Praktik Akpar Majapahit sekarang juga,” pungkasnya. (ahn)

Entri Populer