Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Pelatihan Masak di Laboratorium Praktik Akpar Majapahit

Chef Yanuar Berbagi Resep Masakan 
’’Fried Chicken’’ di Dapur Uji
Chef Budiono Ajarkan Teknik Memasak Bebek Ungkep 


KESIBUKANLaboratorium Praktik Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya tampak pada Sabtu (27/02/2016) pagi hingga siang hari. Sedikitnya ada tiga kelas praktik yang dihadiri peserta pelatihan.
Kelas pertama, pelatihan membuat es puter –rasa kopyor, nangka da kacang hijau-- diikuti tiga oang peserta dengan menghadirkan Chef Kristian Paskaharuyanto sebagai instrukturnya. Ketiga peserta pelatihan es puter itu adalah Mimin (Pangkalan Bun, Kalteng), Syairun Krisnawangsa (Malang) dan Aris Tamtomo (Bangil Kab. Pasuruan).

Kelas berikutnya adalah pelatihan masak membuat bebek ungkep, ayam (goreng) kalasan dan ayam (goreng) pemuda. Pelatihan masak ini diikuti lima orang peserta, yakni Imelda Anastasia, Anton Sugiharto, Vicky Sidarta, Erni Sulistyowati, dan Debby Tia.

Dalam pelatihan masa membuat bebek ungkep, ayam kalasan dan ayam pemuda kali ini, peserta kursusan dibimbing langsung oleh Chef Budiono Koeswandi sebagai instruktur dan dibantu Didik sebagai asistennya.

Kepada peserta pelatihan, Chef Budiono, mengenalkan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk memasak bebek ungkep, ayam kalasan dan ayam pemuda dengan tekstur daging empuk dan citarasanya yang enak.

Hasil pengolahan bebek ungkep, ayam kalasan dan ayam pemuda di dapur uji, kemudian disajikan dengan sambal dan lalapan segar berupa irisan tomat, mentimun dan daun kemangi, sehingga menggoda selera untuk menyantapnya.

”Usai praktik masak ini, kami ingin membuka usaha rumahan dengan menu bebek ungkep, ayam kalasan dan ayam pemuda dalam  resep seperti diajarkan instruktur dari Akpar Majapahit,” kata Erni Sulistyowati kepada kruwww.culinarynews.info di Laboratorium Praktik Akpar Majapahit.

Sementara itu, di kelas yang berbeda, Chef Yanuar Kadaryanto dengan dibantu Arjun sebagai asistennya, berbagi resep masak fried chicken lengkap ala franchise terkenal yakni ayam crispy, karage, katou dan strip.


Setelah dikenalkan bahan dan bumbu memasakfried chickenyang gurih dan reyah, enam orang peserta pelatihan yakni Dyah Rachmawati, Ivania Yoke, Emmilliya Yosephine Sugiarto, Timothi, Dian Amalia dan Ghelak Oktianirma langsung praktik di dapur uji Akpar Majapahit, Lantai 3 Graha Tristar.

Peserta semakin antusias mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan masak fried chicken mulai A sampai Z yang diajarkan langsung oleh Chef Yanuar bersama asistennya. Sistem pengajaran langsung praktik dengan dipandu Chef Yanuar merupakan nilai plus bagi peserta untuk cepat menyerap ilmu yang diajarkan oleh ahlinya.  

Nah, Anda tertarik dengan pelatihan masak di Laboratorium Praktik Akpar Majapahit, silakan menghubungi Sdri. Fembri, Prima dan Yarin dari Divisi Front Office (FO) Akpar Majapahit (031) 8433224-5, HP 0817321024, BB 2B4E0E95,sekarang juga. (ahn)

Entri Populer