Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Mahasiswa Akpar Majapahit Belajar Susun Tour Programming

Irin Kristanty, SE, M.Par., Dosen Akademi Pariwisata Majapahit 
Mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Diajarkan Teknik Merancang ’’Tour Programming’’ 


MAHASISWAD3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit antusias mengikuti mata kuliah Dokumen Perjalanan (Travel Document) danTour Programmingyang diasuh oleh Irin Kristanty SE, M.Par., dosen luar biasa Akpar Majapahit di lantai 4 Gedung Graha Tristar, Selasa (22/03/2016).

Pada perkuliahan tersebut dihadiri sedikitnya 12 mahasiswa, yakini Olga Claudia, Diza Faiqotus, Nikita Kinanthi, Eka Yuliany Kurniawati,  Ryo Stanley, Sarah Ferina, Adinda Anastasia, Anita Permatasari, Sari Julianti Ningrum, Andi Ira Isah, Dewa Ayu kade Utami Dewi dan Rocky Alexander.

Selama perkuliahan Dokumen Perjalanan, mahasiswa dikenalkan tentang paspor, visa turis (untuk tujuan Jepang, Korea, China, Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, Australia), print out tiket pesawat, voucher hotel dan dokumen pendukung perjalanan ke luar negeri yang lainnya.

”Dokumen perjalanan itu merupakan persyaratan utama yang wajib dibawa oleh seseorang yang akan melakukan perjalanan ke mancanegara, sedangkan untuk perjalanan domestik Anda cukup membawa identitas diri (KTP/SIM), print out ticket pesawat domestik dan voucher hotel,” kata Irin Kristanty, seusai memberikan kuliah Travel Document dan Tour Programming  kepada kru www.culinarynews.info, kemarin (22/03/2016) siang.

Paspor adalah kartu tanda pengenal seseorang yang menunjukkan status kewarganegaraan seseorang, dikeluarkan oleh negara tertentu. Paspor merupakan suatu jenis dokumen resmi perjalanan yang dikeluarkan oleh suatu instansi pemerintah yang berwenang (Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM) untuk warga negaranya atau orang asing yang tinggal di wilayah negara bersangkutan.

Sedangkan visa adalah tanda yang dibubuhkan pada paspor atau travel document (dokumen perjalanan) lainnya oleh seorang petugas konsuler suatu negara atau pemerintah untuk menunjukkan pemilik dokumen perjalanan yang telah diberi visa itu diizinkan untuk memasuki atau memasuki lagi wilayah negara pemberi visa.


Masa berlakunya visa ditunjukkan dengan visa validity, yakni masa laku visa (transit visa), yang memberi izin kepada pemilik visa untuk tinggal di negara yang bersangkutan dalam jangka waktu tertentu. Biasanya hal ini telah disebutkan dalam teks visa atau transit visa tersebut.

Selain paspor dan visa, dalam perkuliahan Dokumen Perjalanan, mahasiswa juga dikenalkan dengan istilahvoucherVoucher adalah dokumen yang dikeluarkan oleh tour operator (biro perjalanan wisata) atau perusahaan penerbangan yang dapat ditukar oleh pemegang (wisatawan) dengan fasilitas-fasilitas akomodasi (kamar hotel), makan, darmawisata dan sebagainya, yang akan dibayar oleh tour operator atau perusahaan penerbangan yang mengeluarkanvoucher tersebut.

Sedangkan pemegangvoucher itu sendiri, yakni wisatawan yang bersangkutan telah menyelesaikan pembayaran untuk fasilitas-fasilitas tersebut dalam voucherdan yang telah dinikmati itu dengan tour operator bersangkutan. Voucherbiasa disebut juga dengan coupon atau exchange order.

Selain belajar mata kuliah Dokumen Perjalanan, mahasiswa D3 Prodi UPW juga diajarkan oleh Irin Kristanty bagaimana menyusun paket wisata dalam mata kuliah Tour Programming, yang terdiri dari Itinerary (jadwal perjalanan), Quotation (hitung-hitungan biaya paket tur domestic maupun internasional) danRun Down (susunan acara wisata).

”Dalam perkuliahan Tour Programming, saya sudah melakukan empat kali tatap muka dengan mahasiswa, yakni pengenalan tentang sisik melik Tour Programming (01/03/2016), menyusun paket city tour Surabaya (08/03/2016), merancang paket wisata Malang (2D1N) pada tatap muka 15/03/2016, dan kemarin (22/03/2016) mahasiswa diajarkan membuat paket wisata Jogja (3D2N),” terang bunda sapaan karib Irin Kristanty.


Saat merancang sebuah paket wisata Jogja (3D2N), yang di-setting tiga hari, dua malam, pesertanya sebanyak 24 orang dengan seorang tour leader (TL). Objek wisata yang akan dikunjungi pada Day 1: (Meeting point) perjalanan Surabaya-Jogja, makan siang (lunch) di resto lokal, check in hotel,objek 1  adalah Kotagede-Malioboro-Tugu Jogja, makan malam (dinner).

Pada Day 2objek 2 yang dipilih adalah Gua Pindul, makan siang (lunch), objek 3 adalah Kalibaru, makam malam (dinner), sendratari Ramayana di Candi Prambanan, kembali ke hotel.

Sementara itu agenda padaDay 3: breakfast (sarapan pagi), check out hotel,objek 4 yang dikunjungi sebelum balik ke Surabaya adalah Keraton Jogja dan membeli oleh-oleh di Pasar Bringharjo (Malioboro), makan siang (lunch), rombongan pulang kembali ke Surabaya.

Dari rangkaian pembelajaran pada mata kuliah Tour Programming ini, mahasiswa selain dikenalkan cara membuat paket wisata lengkap mulai ItineraryQoutation dan Run Down-nya, mahasiswa juga diwajibkan untuk mengikuti praktik city tour (mengunjungi objek-objek wisata di Surabaya dan sekitarnya), sebelum Ujian Tengah Semester (UTS) mendatang.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer