Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Dosen Akpar Majapahit Apresiasi Program ’English Day’

Drs Effendi M.Pd Ajak Mahasiswa Proaktif Berbahasa Inggris di Kampus



PROGRAM baru English Day yang dikenalkan kali pertama oleh Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus Sutrisno M.Par pada Selasa (09/03/2016) lalu, juga mendapat apresiasi positif dari kalangan dosen di lingkungan civitas akademika Akpar Majapahit yang berkampus di Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Di antara dosen yang antusias berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan mahasiswa Prodi D3 Perhotelan antara lain Drs Effendi M.Pd (dosen English Business), Hardita M.Par (dosenFront Office), R Paulus Sutrisno M.Par (dosen House Keeping), Agus Sudarsono M.Par (dosen House Keeping), Mafthucha SE, Dipl.Hot., M.Par (dosen Service dan Etika).

Usai mengikuti perkuliahanHouse Keepingyang diasuh oleh R. Paulus Sutrisno M.Par. Selasa (15/03/2016), sejumlah mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit kembali mengikuti Mata Kuliah Umum (MKU) English Business. Mata kuliah ini diasuh oleh Drs Effendi M.Pd.

Dengan gayanya mengajar yang serius tapi santai (sersan), mahasiswa langsung disapa –tentunya dengan menggunakan bahasa Inggris—saat hendak mengajarkan English Business, yang mengangkat tema equipment di hotel dan perkantoran.  

Perkuliahannya kali ini tidak masuk ruang kelas, tetapi mahasiswa diajak simulasi langsung di ruang terbuka lantai 4 dengan membentuk kelompok kecil sehingga simulasi dalam perkuliahan English Business tersebut terasa gayeng, nyaman dan menumbuhkan antusiasme belajar mahasiswa saat mereka diajak berkomunikasi bahasa Inggris dengan Drs Effendi M.Pd.

Suasana kuliah ketika itu semakin mencair setelah dosenpolyglot –mempunyai kecakapan berbahasa asing lebih dari satu— ini memancing sejumlah pertanyaan dalam diskusi tersebut. Bahkan saking antusiasmenya mahasiswa yang diajak conversation oleh Drs Effendi M.Pd, ada seorang mahasiswa D3 Perhotelan yang membawa sebuah kamus lengkap demi bisa mengikuti perkuliahan tersebut.

”Dengan model perkuliahan yang disimulasikan seperti ini, saya ingin mahasiswa tidak memandangEnglish Businesssebagai momok apalagi sampai meremehkannya, sebaliknya saya ingin mahasiswa semakin fun dan enjoy saat ber-conversationdengan dosen maupun sesama mahasiswa di lingkungan kampus,” kata Effendi, dalam suatu kesempatan bersama kruwww.culinarynews.info.

Masih menurut Effendi, model pembelajaran dengan membuat simulasi di luar ruang kelas, merupakan salah satu terobosan unik agar mahasiswa tidak bosan saat bertatap muka dengan dosen. Bahkan simulasi seperti ini menumbuhkan semangat baru bagi mahasiswa untuk tidak memandang mata kuliah tertentu seperti English Business ini, sebagai mata kuliah yang menjemukan, melainkan menjadi kebutuhan mahasiswa.

Seperti disampaikan Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit, R. Paulus Sutrisno M.Par, program baru English Day yang diluncurkan pekan lalu, selain mengapreasikan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa, juga mengajak para dosen di lingkungan civitas akademika Akpar Majapahit berkomunikasi dalam bahasa Inggris pada setiap hari Selasa.

Tujuannya untuk membiasakan mahasiswa dan dosen berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, terhitung sejak Selasa (09/03/2016), Prodi Perhotelan Akpar Majapahit meluncurkan English Day. Program baru ini berlaku efektif sejak Selasa (09/03/2016) lalu, di mana setiap mahasiswa dan dosen D3 Prodi Perhotelan wajib berkomukasi dalam bahasa Inggris baik saat perkuliahan maupun ketika jam istirahat di kelas.

Berkomunikasi dalam bahasa Inggris ini menitikberatkan padaconversation, karena  bahasa Inggris merupakan bahasa pergaulan internasional yang banyak diaplikasikan oleh industri pariwisata dan perhotelan.

”Dengan dikenalkannya program baru ini, saya berharap mahasiswa Akpar Majapahit akan terbiasa berbahasa Inggris di lingkungan kampus sehingga kebiasaan baik ini akan bermanfaat saat mahasiswa mengikuti on the job training(OJT) maupun kerja di industri,”  kata R Paulus Sutrisno, M.Par, Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit kepada kruwww.culinarynews.info di ruang kerjanya.

Masih menurut Paulus, program baru English Day ini hanya berlaku tiap hari Selasa, sedangkan pada hari-hari lain mahasiswa tidak wajib berbahasa Inggris di lingkungan kampus. Khusus pada hari Selasa, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan wajib memakai bahasa Inggris saat berkomunikasi dengan dosen maupun sesama mahasiswa di lingkungan kampus.

”Dengan melatih berbicara dengan bahasa Inggris, mahasiswa yang semula grothal grathul saat berkomunikasi dengan dosen maupun sesama mahasiswa di kelas, perlahan-lahan bisa semakin lancar conversation-nya. Tidak hanya mahasiswa, dosen pun wajib melaksanakan program baru ini dengan sebaik-baiknya,” terang Paulus Sutrisno.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer