Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Akademi Pariwisata Majapahit – Pastry Advanced Class

Yang Kaya Sensasi Dari Sebuah Entremet


Mengusung pokok bahasan materi pembuatan entremet, mahasiswa Akpar Majapahit kelas Pastry Advanced membuat tampilan cake secara artistik lebih mempesona. Lantas, sebuah pertanyaan, apa itu entremet? Kali ini chef Valentinus Febrianto berbagi ilmu membuat entermet dengan sentuhan baru dari pastry Prancis.


Banyak varian pastry Prancis yang ternama di dunia, dan salah satunya adalah entremet. Seperti yang dijelaskan oleh chef Valen, entremet merupakan sebuah dessert manis yang didalamnya terdiri dari banyak elemen, mulai dari sponge cake, jaconde, cookies, mousse, pudding jelly, pastry cream, lalu dipercantik dengan lapisan glaze ataupun cokelat. Semua elemen-elemen itu dijadikan satu menjadi sebuah bentuk cake yang cantik, hmmm…pasti citarasanya kaya sensasi. 


Dengan pengalamannya, pastry chef muda ini membuat entremet makin terampil dan berkesan dengan sentuhan modern yang baru diciptakan. Mulai membuat desain hingga menyiapkan topper cake entremet yang unik. Tak hanya itu, detail hiasan pada entremet ini begitu penting, karena untuk membentuk sebuah keindahan.


Ada 9 (Sembilan) macam entremet garapan mahasiswa pastry advance yang dimunculkan dengan banyak model hiasan yang menarik. Ada Green Tea Coffee Cake, Coconut Pandan Entremet, Chocolate Banana Hazelnut, Peach Iced Tea, Peanut Butter & Jelly, Citron, Lemonade Tiramisu, Lychee Yoghurt, dan Chocolate Mandarin Caramel. Wow, entremet yang kaya akan sensasi citarasanya !


Rumit dan membutuhkan kreatifitas itu pasti. Untuk menghasilkan entremet tampil mempesona, Chef Valen mengajarkan kepada mahasiswa pastry advanced tentang teknik-teknik dan penggunaan alat-alat untuk pembuatan hiasan dari cokelat. Nah, salah satunya dengan membuat efek cokelat spray yang menghasilkan permukaan cake tampil agak kasar.


Menurut Chef Valent, cake entremet ini sebenarnya sudah tidak asing lagi, karena sering dijumpai pada beberapa cakeshop. Yang membuat cake entremet ini jarang diaplikasikan karena banyak elemennya sehingga harganya mahal.


Dikatakan oleh Gladys Sophiany, dan Ainul Khotimah, mahasiswa pastry advanced ini, tidak rugi belajar membuat entremet, meski proses pembuatannya lama dan membutuhkan kesabaran tapi setelah melihat hasilnya, rasa lelah ini terbayarkan. Wah, pokoknya keren kalau lihat hasil prakteknya.


Ingin lebih jauh lagi mempelajari dunia pastry? Akademi Pariwisata Majapahit menjadi satu-satunya sekolah di Surabaya yang menawarkan kelas untuk Pastry Advanced. Lembaga pendidikan yang bisa direkomendasi sebagai tempat memperoleh ilmu yang mendalam dan komprehensif mendalami pembuatan dan pengenalan produk pastry. *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050

Entri Populer