Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Akademi Pariwisata Majapahit – Guest Lecture

Baking Demo Aneka Hiasan Dari Cokelat


Agar cake yang dibuat terlihat menjadi lebih menarik, salah satunya dengan menambahkan hiasan cokelat pada cake tersebut. Terdapat bermacam macam bentuk hiasan cokelat yang bisa diaplikasikan, mulai dari teknik yang gampang hingga yang rumit. Semua itu dapat dipelajari, lho. Dalam baking demo program guest lecture di kelas Pastry Akpar Majapahit, kehadiran Chef Topan Irianto dan Chef Freddy Yorico dari ChefMate Chocolate memberikan warna tersendiri dalam memberikan materi beberapa trik membuat hiasan cokelat yang gampang dibuat tapi menarik. Seperti inilah antusias mahasiswa kelas pastry saat mengikuti baking demo membuat aneka hiasan dari cokelat.



Berbicara tentang cokelat selain memberi sensasi rasa manis juga memiliki serangkaian karakter yang bisa diciptakan. Nah untuk memperlakukan cokelat menjadi hiasan yang eksotik dalam berbagai tampilan, pastinya diperlukan pemahaman tersendiri.


Dalam pertemuan baking demo kali ini, 2 (dua) chef muda berbakat dari ChefeMate Chocolate ini mengajarkan kepada mahasiswa pastry cara membuat berbagai hiasan dari cokelat. Selama proses pembelajaran, mahasiswa Akpar Majapahit jurusan pastry mendapatkan banyak pembelajaran, diantaranya teknik menangani cokelat, lalu diaplikasikan diatas mousse cake yang telah ditutup dengan cokelat ganache leleh. 

Penasaran’kan bagaimana para chef muda ini membuat hiasan apa saja dari cokelat? Dengan sangat teliti dan hati-hati, Chef Topan Irianto dan Chef Freddy Yorico mengajarkan kepada mahasiswa teknik-teknik dan penggunaan alat-alat untuk pembuatan hiasan. Ada hiasan cokelat bentuk kipas, bentuk kelopak bunga, bentuk bulu angsa, bentuk daun hingga hiasan cokelat berbentuk gulungan panjang. Wow, meski sederhana cara membuatnya, tetapi bisa membuat hiasan dari cokelat ini kelihatan menarik dan cantik.

 
“Untuk membuat hiasan dari cokelat leleh, lakukan di tempat yang sejuk. Hindari memegang cokelat terlalu banyak karena akan berpengaruh terhadap warna cokelat akan kusam. Nah, yang penting diingat pada saat memasak cokelat, letakkan panci kedua yang berisi potongan cokelat di atas air panas, aduk hingga meleleh. Pastikan panci dan alat yang digunakan dalam kondisi kering, karena air akan menyebabkan cokelat menggumpal.” jelas Chef Topan.


Keasyikan kegiatan guest lecture dalam pembuatan hiasan dari cokelat leleh ini juga dirasakan oleh semua mahasiswa. Mereka selain mendengarkan apa yang disampaikan oleh para chef, para mahasiswa diajak aktif membuat beberapa hiasan.  

“Wah senengnya bisa membuat hiasan bentuk kipas. Bagian yang paling menentukan adalah cara menyerut cokelat dengan mendorong dan satu jari memegang ujung scarp. Ini saya lakukan berulang-ulang terus hingga mendapatkan hasil maksimal,” ungkap Riva Nurkholila, salah satu mahasiswa pastry.
Ingin lebih jauh lagi mempelajari materi pastry? Akademi Pariwisata Majapahit menjadi satu-satunya sekolah kuliner di Surabaya yang bisa direkomendasi sebagai tempat memperoleh ilmu yang komprehensif mendalami pembuatan dan pengenalan produk pastry. Jadi tunggu apa lagi, banyak program-program pastry yang berkualitas dengan menghadirkan dosen tamu (guest lecture) dan tema-tema yang menarik lainnya. *Upi






Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050

www.majapahit.org / www.matoa.info

Entri Populer