Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

S1 Teknologi Pangan – Uji Efektivitas Produk Makanan & Minuman


Penilaian Inderawi Dengan Perlakuan Uji Efektivitas
Produk Makanan & Minuman

 

Bagaimana cara menilai produk makanan ataupun minuman yang disukai? Dengan menggunakan panca inderawi manusia sangat berperan penting untuk mengukur rasa, warna, aroma ataupun tekstur dalam penilaian kesukaan sebuah produk tersebut. Pokok bahasan ini merupakan salah satu materi perkuliahan dari teknologi pangan tentang uji efektivitas yang diperkenalkan oleh dosen, Ir. Bambang Sigit Sucahyo, M.P kepada mahasiswa S-1 Teknologi Pangan di laboratorium Tristar Institute yang berada di Jl. Raya Jemursari no.234 & 244 Surabaya.

 


Tristar Institute collaboration with Universitas Dr. Soetomo sudah membuka program belajar yang disiapkan secara khusus untuk mempelajari mengenai teknologi makanan. Kelas ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa yang ingin mempelajari ilmu pengetahuan tentang bahan pangan serta pengolahannya dengan menggunakan teknologi terkini guna memperoleh nilai tambah produk pangan tersebut. 


Teknologi pangan ini merupakan salah satu jurusan yang sangat menarik dan menyenangkan. Dari namanya saja sudah bisa membayangkan apa dan bagaimana di dalamnya. Disiplin ilmu ini paling banyak digunakan untuk menghasilkan produk pangan berkualitas.

Dalam materi perkuliahan teknologi pangan kali ini, Ir. Bambang Sigit Sucahyo, M.P mengajak mahasiswa S-1 Teknologi Pangan melakukan praktikum uji efektivitas terhadap produk makanan roti tawar dan minuman air putih. Dengan menggunakan panca inderawi, mahasiswa S-1 Teknologi pangan dapat mengukur tingkat kesukaan dengan parameter rasa, warna, tekstur dan aroma terhadap produk makanan dan minuman tersebut.

Ir. Bambang Sigit Sucahyo, M.P menjelaskan bahwa untuk melakukan uji efektivitas, masing-masing mahasiswa mencicipi satu persatu bahan makanan dan minuman tersebut agar dapat menilai tingkat kesukaan terhadap bahan makanan tersebut. Dari hasil uji kesukaan seluruh praktikan dianalisis dan didapatkan hasil produk mana yang paling disukai. Uji efektivitas pada dasarnya merupakan pengujian yang panelisnya mengemukakan responnya yang berupa senang tidaknya terhadap sifat bahan yang diuji. Panelis diminta untuk mengemukakan pendapatnya. Wah, pasti menarik ….


Nah, Anda tertarik kuliah S-1 Teknologi Pangan? Mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk belajar di bawah bimbingan langsung dari dosen yang Professional dan ahli di bidangnya. Tristar Institute collaboration with Universitas Dr. Soetomo menyediakan kegiatan praktek yang dilengkapi dengan peralatan yang diperlukan untuk membangun landasan yang kokoh di bidang pangan sehingga Anda dapat maju dalam menjadi seorang Profesional di Industri pangan yang kini makin berkembang. *Upi
Untuk mengetahui tempat jurusan S1 Teknologi Pangan yang tepat buat kamu di Surabaya, silahkan hubungi :
Tristar Institute collaboration with Universitas Dr. Soetomo
Jl. Raya Jemursari 234 & 244 Surabaya.
Telp. (031) 8433224, (031) 8433225, (031) 8480823
Fax. (031) 8432050
Hp: 081234506326 – 081233752227 - 081216181016
PIN BB: 53B4EFD8, 2AICE131, 25D164CF

E-mail: tristarkuliner@yahoo.co.id

Entri Populer