Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Praktik Gardener

Implementasikan Mata Kuliah Housekeeping
Membuat Taman Minimalis di Kampus


DI INDUSTRI perhotelan, Housekeeping atau disebut juga Tata Graha adalah bagian dari departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, melaporkan kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar rumah (hotel) tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuninya.
Departemen Housekeeping tidak hanya mempersiapkan kamar-kamar tamu, namun secara keseluruhan bertanggung jawab menjaga, merawat dan membersihkan semua fasilitas hotel tersebut bersih, rapi dan nyaman. 

Oleh sebab itu, semua aktivitas housekeeping bertujuan untuk memaksimalkan pemeliharaan, perawatan dan kebersihan hotel secara menyeluruh dapat terjaga dengan baik.

Karyawan housekeeping memberikan pelayanan terhadap kelancaran, kesiapan dan pemeliharaan kamar tamu, public area, restaurant, meeting room, laundry, sarana olahraga dan fasilitas lainnya. Mereka merupakan bagian dari team yang selalu siap mempersiapkan dan menyambut kedatangan tamu-tamu hotel.

Karyawan housekeeping sangat peduli terhadap kenyamanan tamu dengan cara memperhatikan hal-hal yang detail dan menindaklanjuti segala perbaikan-perbaikan yang diperlukan.

Dalam operasional hotel, hal-hal mengenai kebersihan dilakukan dan dilaksanakan oleh departemen housekeeping, yang kegiatannya dipimpin oleh Housekeeping Manager atau Executive Housekeeper.

Secara umum, departemen housekeeping memiliki tanggung jawab area yang sangat besar, maka wajar kalau housekeeping mempunyai jumlah karyawan lebih banyak dari departemen lainnya.

Oleh sebab itu, pelaksanaan pemeliharaan dan pembersihan area hotel diatur menurut seksi-seksi sebagai berikut:
1. Public Area, seksi yang mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan dan kenyamanan seluruh area hotel, baik yang ada di luar gedung maupun di dalam gedung hotel, antara lain lobby area, restroom, restaurant, meeting room dan fasilitas untuk karyawan hotel.

2. Room, seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk mempersiapkan dan menjaga kebersihan, kerapihan dan kelengkapan kamar tamu.

3. Laundry, seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan linen-linen yang bersih untuk keperluaan kamar, restauran dan meeting room, menyediakan seragam bersih bagi karyawan dan membersihkan pakaian tamu yang kotor.

4. Linen dan Uniform, seksi yang bertanggung jawab untuk mengelola sirkulasi dan penyediaan seluruh linen dan uniform bagi karyawan.

5. Florist, seksi yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan merangkai bunga-bunga yang segar untuk memperindah dekorasi dalam hotel.

6. Gardener, Seksi yang bertanggung jawab untuk memelihara tanaman-tanaman baik didalam maupun diluar hotel.

Sasaran Housekeeping

Kebersihan
Kebersihan di suatu hotel sangat menentukan, bila kebersihan terjaga dengan baik maka tamu akan merasa nyaman dan tenang karena sanitasi dan higienis terjamin. Bahkan banyak tamu yang menentukan pilihan suatu hotel karena kebersihan hotel tersebut.

Kerapian
Kerapian mencakup pengaturan tata letak suatu ruangan dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi membuat ruangan tersebut menjadi lebih menarik.

Kelengkapan
Mengantisipasi keperluan tamu selama mereka menginap dengan melengkapi semua kelengkapan kamar sesuai dengan standarnya sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal dan berkunjung kembali ke hotel.

Fasilitas
Fasilitas mencakup semua peralatan yang disediakan agar dapat berfungsi dan dipergunakan oleh tamu hotel, sehingga fasilitas tersebut meningkatkan kenyamanan dan tidak mengganggu kegiatan-kegiatan mereka.

Sementara itu, dalam praktik gardener sejak dua pekan lalu, 27 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi-2 praktik membuat taman di dalam ruang (Seksi Gardener) dan merangkai bunga (Seksi Florist). Mereka dibimbing dosen Agus Sudarsono SE, M.Par., membuat taman indoor di luar kelas sesuai kreasi masing-masing kelompok, sehingga ruangan itu terlihat cantik dan segar.

Kelompok A (beranggotakan 14 mahasiswa) yang terdiri dari Nadya, Widya, Meidina, Alexius, Steven, Vincent, Wisnu, Sari, Juriki, Aldy, Kenneth, Bella, Jeffry dan Sherly mendesain taman minimalis di lantai 3 tepatnya di bawah papan pengumuman.

Sedangkan Kelompok B beranggotakan 13 orang, mendapat plot di lantai 4, yakni membuat taman yang dilengkapi dengan tebing dan kolam ikan mini.

Sesuai trend sekarang ini, desain taman sesuai dengan perkembangan jaman, yang ada saat ini adalah taman minimalis, yang kemudian berkembang lagi menjaditaman modern minimalis.

Kesan dan fungsi yang diperoleh dari jenis desain taman tersebut menitikberatkan pada material hardscape dan bukan berarti tidak ada tanaman sama sekali , namun persentase perbandingan antara tanaman dan material hard adalah lebih banyak pada hard material.

Sehingga terbentuklah suatu ruang luar yang memberikan akses kemudahan tanpa melakukan perawatan yang mahal, karena taman modern minimalis ini sangat cocok untuk para profesional muda yang sering bepergian, sehingga waktu pun terbatas untuk melakukan perawatan taman yang memerlukan perhatian khusus.

Namun bukan berarti keadaan taman anda nantinya menjadi gersang ada beberapa tekhnik khusus seperti menambahkan beberapa element taman lainnya : water feature, lampu taman, dan lain-lain.

Beberapa langkah untuk membuat taman minimalis:

1. Tempatkan hanya beberapa tanaman yang mudah dirawat pada spot tertentu namun dapat menyatu dengan element  (material) hard yang ada, jangan lupa tanaman tersebut harus memiliki karakter yang cocok jika Anda ingin menempatkan permainan cahaya pada malam hari.

2. Gunakan material yang memiliki warna sama pada element art dan furniture ruang luar lainnya.

3. Gunakan unsur pencahayaan untuk memberikan efek terutama di malam hari.

4. Gunakan element air untuk menciptakan suasana yang asri sehingga dapat menimbulkan efek psikologis ketenangan.

5. Pola taman harus memiliki pola yang simetris antara sisi depan dan belakang harus sama atau sebaliknya.

Untuk mengerjakan tugas kelompok, masing-masing mahasiswa (anggota kelompok A) misalnya, urunan Rp 18.000-an sehingga terkumpul Rp 240.000-an. Uang itu untuk membeli batu taman dan batu aquarium, tanaman hias dan tanaman artificial (bahannya dari plastik), dan ada juga yang membawa sendiri dari rumah seperti kaktus.

Taman indoor kreasi Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi-2 hanya bertahan sekitar dua pekan, karena mulai pekan ini rencananya akan di-desain ulang oleh kelompok mahasiswa yang lain dengan dosen pembimbing yang berbeda.

Nah, Anda tertarik dengan berbagai kegiatan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan tersebut, sekaligus menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan daftarkan diri Anda di kampusAkpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031). 8433224-5, 8480821-2, 0812 3375 2227, 0812 3450 6326, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer