Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Akademi Pariwisata Majapahit – Cupcake Imlek

Pesona Cupcake Suguhan Manis Saat Imlek

 
  Perayaan Imlek lekat dengan sajian yang serba manis. Dengan harapan sajian manis tersebut dapat mendatangkan kehidupan yang kian manis. Bicara suguhan manis saat Imlek, ternyata pesona cupcake bisa menjadi primadona. Ditangan orang kreatif seperti Chef Laurentia Vivi Wardana, S.Pd dan mahasiswa Akpar Majapahit yang belajar di kelas pastry advanced menyuguhkan kreasi cupcake disulap sebagai alternatif suguhan manis ataupun souvenir merayakan tahun baru Imlek 2567.

Bosan, menikmati cupcake yang disantap begitu saja? Meski terbilang sudah lama populer, nama cupcake hingga kini masih naik daun di dunia pastry. Cake mini yang disajikan dengan wadah berbentuk cup (cupcase) ini berpenampilan cantik dan unik. Khusus Tahun Baru Imlek 2567 di tahun Monyet ini, bertempat di laboratorium Akpar Majapahit dikawasan Jemursari 244 Surabaya, Chef Vivi mengajak mahasiswa kelas pastry advanced membuat cupcake dengan nuansa Imlek.

Begitu cantiknya, tentu sayang untuk dimakan. Terlebih, pembuatannya pun membutuhkan upaya ekstra sehingga menjadi unik. Meski terdengar cukup rumit, bukan berarti pembuatan cupcake bernuansa imlek ini tidak bisa dibuat sendiri. Advanced Pastry Class yang ada di Akademi Pariwisata Majapahit memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam berkreatifitas di dunia pastry.

Kita bisa menyaksikan beragam cupcake garapan mahasiswa pastry advance memunculkan banyak model hiasan imlek yang menarik. Seperti yang dijelaskan oleh Chef Vivi, bahwa membuat cupcake ini sebenarnya cukup gampang tidak jauh beda dengan cake lainnya. Cupcake yang trend sekarang biasanya disesuaikan dengan tema/moment tertentu, seperti tema Imlek ini jadi magnet tersendiri bagi banyak kalangan, karena suguhan Imlek bisa lebih bervariasi, ungkapnya.
Penampilan cupcake yang diberi sentuhan hiasan icing fondant dan didesain sedemikian rupa membuatnya jadi sorotan bagi siapa saja yang melihat. Selain cakenya dibuat dengan beraneka rasa, keistimewaan atau poin plus cupcake ini bisa dilihat dari penampilannya.
“Untuk tema Imlek kali ini, hiasan cupcake yang dibuat dari icing fondant dibentuk menjadi beberapa karakter yakni monyet, jeruk, nanas, pasangan boneka koko-cici, juga bunga warna merah, serta pundi berbentuk emas ala China. Karakter monyet dibuat, karena tahun 2016 merupakan shio monyet di penanggalan etnis Tionghoa. Bahkan jika lebih kreatif lagi bisa membuat segala tema Imlek dengan menambahkan berbagai hiasan.” terang chef muda yang cantik ini.

Praktek membuat cupcake tema Imlek ini tentunya disambut antusias mahasiswa kelas pastry advanced. Cupcake tema Imlek ini cocok disuguhkan atau sebagai souvenir untuk kerabat dan kolega.

“Yang pasti senenglah,bisa belajar membuat cupcake yang tematik seperti ini. Meskipun rumit tapi begitu lihat hasilnya tidak sia-sia, apalagi saat membuat ornament imleknya,bener-bener butuh kesabaran. Makanya, kalau lihat di cakeshop harga jual cupcake ini cukup mahal, lho” ujar Iveline Julia, salah satu mahasiswa pastry advanced.
Memang melihat aneka karakter cupcake tema Imlek ini, seseorang yang melihat jadi enggan memakannya karena bentuknya yang lucu, tetapi pastinya, semua karakter bisa dimakan karena 100 persen terbuat dari cake dengan hiasan icing fondant yang bisa dimakan. Pastinya, nuansa Imlek akan terasa makin manis….

Nah, menarik bukan? Tunggu apa lagi? Kreasi cupcake tema Imlek buatan mahasiswa advanced pastry class yang ada di Akademi Pariwisata Majapahit ini bisa ditiru. *Upi.
 
Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com
Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info

Entri Populer