Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Akademi Pariwisata Majapahit – Chef Renny Savitri


Seni Merangkai Buah-Buahan Yang Cantik

Seni merangkai buah adalah keterampilan yang dapat dipelajari seperti halnya merangkai bunga ataupun sayuran. Siapa pun dapat dengan mudah mempraktikan cara-cara merangkai buah menjadi rangkaian yang menarik. Pada perkembangannya buah-buahan sebagai dekorasi kini mulai banyak digunakan dalam berbagai acara. Hiasan buah dapat menjadi daya tarik dalam berbagai acara formal, pesta, dan lain-lain. Seni merangkai buah segar inilah yang ditunjukan oleh Chef Renny Savitri, M.Par. salah satu dosen patiseri di Akademi Pariwisata Majapahit.



Ditemui di laboratorium kampus Akademi Pariwisata Majapahit yang berlokasi di jalan Raya Jemursari no. 244, Chef Renny menuturkan bahwa elemen dekorasi tidak selalu dominan oleh rangkaian bunga. Rangkaian buah-buah segar bisa menjadi elemen penting dalam dekorasi ruangan. Adanya buah-buahan yang segar dapat difungsikan menjadi centerpiece di dalam ruang pesta sekaligus sebagai bagian dari makanan pencuci mulut di acara-acara tersebut. Buah-buahan yang menjadi favorit biasanya adalah buah jeruk, anggur, nanas, melon, pear ataupun strawberry.

Keindahan rangkaian buah-buahan segar dalam sebuah acara pesta, tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para tamu yang hadir. Dibalik kesederhanaan pemilihan warna-warna buah segar menjadi cerah, ditambah rimbunan warna hijau dari daun peterseli sebagai pemanis rangkaian buah ini secara keseluruhan.  

“Dalam seni merangkai buah, dibutuhkan suatu imajinasi dan kreatifitas yang tinggi dari pembuatnya. Untuk pemula, merangkai buah sebaiknya mulai dari model yang sederhana dulu. Bila sudah terbiasa bisa merangkai beberapa jenis buah atau juga mengkombinasikan hingga menjadi sesuatu yang indah. Adapun alat-alat yang harus dipersiapkan untuk merangkai buah-buahan umumnya adalah pisau dan benda-benda lainnya seperti tusuk sate dan vas bunga” terang Chef Renny sambil berbagi tips.


Rumit dan membutuhkan kreatifitas itu pasti. Itulah gambaran saat Chef Renny dan team membuat rangkaian buah-buahan segar untuk acara jamuan saat kampus Stiepari Semarang studi banding ke kampus Akpar Majapahit beberapa waktu lalu.

Berikut beberapa kreasi merangkai buah segar yang bisa Anda petik idenya. Kita bisa merangkai sesuai dengan model, gaya dan ukuran yang diinginkan. Untuk ide merangkai buah-buahan segar, kreasi dari Chef Renny Safitri berikut ini bisa menginspirasi. Selamat mencoba. *Upi


Bouquet Buah Segar
Bahan:
·        Melon
·        Nanas
·        Jeruk
·        Buah pear
·        Anggur
·        Strawberry
·        Daun Peterseli
Alat:
·        Pisau
·        Tusuk sate
·        Vas Bunga

Cara Membuat:
1.  Kupas melon dan nanas, lalu potong bentuk dadu (melon) dan segitiga (nanas), sisihkan.
2.      Belah memanjang buah pear, lalu potong-potong buah jeruk dan sisihkan.
3.   Tusuk-tusuk semua buah-buahan dengan tusuk sate (sesuai selera) dan lakukakn hingga buah habis.
4.  Rangkai buah-buahan dalam vas bunga dan hias dengan daun peterseli sebagai pemanis.









Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050

Entri Populer