Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Kreasi Ginger Bread House Mahasiswa Pastry - Akpar Majapahit



Kreasi Ginger Bread House Mahasiswa Pastry

Dalam dunia pastry, ginger bread bisa diaplikasikan menjadi sesuatu yang bernilai seni tinggi yang biasa dikenal dengan Ginger Bread House. Keindahan ginger bread house (Rumah Roti Jahe) yang menjulang selalu menjadi daya tarik tersendiri. Seperti yang dibuat oleh mahasiswa/i Akademi Pariwisata Majapahit kelas Patiseri berikut ini:

  

Meski terbilang sudah lama populer, nama Ginger Bread House hingga kini masih menjadi materi pembelajaran di dunia pastry. Terlepas dari rumah jahe yang terbuat dari makanan asli, ide desain rumah roti jahe seperti ini patut dipertimbangkan meski penggarapannya mungkin tak mudah.

Yang dimaksud dengan Rumah roti jahe ini hanyalah sebuah replika, jadi roti-roti yang menempel pada dinding dan atap rumah tidak bisa dimakan. Walaupun bahan yang digunakan terdiri dari tepung terigu, gula, telur, baking soda, jahe bubuk dan air. Kadang ada yang menambahkan bahan amoniak, agar menjadikan roti ini teksturnya keras dan bisa berdaya simpan lama saat dipajang. Nah, untuk bentuk dari Rumah roti jahe biasanya bergantung kreasi masing-masing mahasiswa.
 Selama proses pembelajaran, mahasiswa/i Akademi Pariwisata Majapahit kelas Patiseri mendapatkan banyak pembelajaran. Teknik apa saja yang musti diketahui dalam pembuatan Ginger Bread House ?

Di kampus ini selain praktik langsung, dosen pengajar menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pembuatan rumah roti dan clay (ornament). Selama kurang lebih 5 (lima) hari, mahasiswa mulai membuat ginger bread cookies, lalu membuat pola dan adonan ginger bread house, membuat royal icing, membuat hiasan dan ornament. Di hari terakhir, mahasiswa menyusun dan menghias ginger bread house dan ginger bread cookies menjadi sebuah rangkaian rumah yang indah. didekorasi dengan berbagai macam permen, seperti permen jelly, permen coklat, marshmallow, dll. Wah, pasti menarik dilihat !





Kita bisa menyaksikan beragam Ginger Bread House garapan mahasiswa patiseri memunculkan banyak model rumah yang menarik. Dengan sangat teliti dan hati-hati, para mahasiswa/i menyusun rangkaian rumah roti jahe menjadi karya yang menarik. Ditambah lagi penambahan tata lampu yang memikat membuat Ginger Bread House ini menjadi menarik dilihat.

Ingin bisa seperti mereka? Akademi Pariwisata Majapahit memberikan kemudahan bagi Anda dalam berkreatifitas di dunia pastry untuk menjadi pastry chef profesional. *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto || Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar || Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050


Entri Populer