Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Cake Fondant Gravity Bergaya Unik & Melayang


Advanced Pastry Class – Akademi Pariwisata Majapahit


Kini bentuk cake makin bervariasi dan selalu ada bentuk baru sebagai tren dalam dunia pastry. Gravity cake, sebuah cake dengan point of interest yang terlihat unik karena melayang. Begitu melihat, pasti akan berdecak kagum dengan cake yang satu ini. Penasaran’kan bagaimana cara membuatnya?


Bersama Chef Vivi Wardana, salah satu dosen dikampus Akpar Majapahit mengajarkan mahasiswa kelas pastry advanced membuat kreasi cake fondant. Dia mengatakan, pembuatan cake ini menggunakan teknik yang gampang-gampang susah dan membutuhkan kejelian. 

Selama 5 (lima) hari, mahasiswa pastry advanced belajar membuat cake fondant. Tampilan cake ini tak hanya berlapiskan gula dengan warna-warni yang indah dilihat saja, namun memiliki bentuk yang sangat unik. Karena itulah cake yang unik ini sayang untuk dimakan.

   
 



Hadir dalam aneka bentuk mulai dari giant cupcake, cosmetic bag, burger cake, red velvet hand bag, dan masih banyak lagi ini memang sayang untuk dilewatkan. Tak hanya itu mahasiswa pastry advanced juga diajarkan materi pembuatan gravity cake yang juga cake fondant yang sayang untuk dimakan. Berikut kumpulan foto-fotonya.

Gravity cake memang sedang booming dengan desain cake yang unik, menurut Chef Vivi, ciri khas cake ini ada di objek yang melayang seolah sedang menumpahkan isinya. Bisa berupa bungkus permen cokelat, mie yang sedang disumpit, atau bisa juga sekotak susu yang sedang dituangkan,’’ ujarnya.

Dia menambahkan, objek bisa tampak melayang karena didukung penopang, kemudian, ditutupi dengan fondant atau icing. Permasalahannya, bila objek lebih berat, penopang bisa turun. Namun, bila terlalu ringan, objek itu tidak terlihat menuangkan isinya. Yang penting diperhatikan cara menyeimbangkan objek,’ pungkasnya sambil berbagi tips.

 


Pasti keren bukan, tampilan produk “Fondant Cake & Gravity Cake” yang dibuat oleh mahasiswa Akpar Majapahit kelas Pastry Advanced? Sudah tidak diragukan lagi, kelas Pastry Advanced yang ada di kampus Akademi Pariwisata Majapahit memberikan ruang belajar bagi Anda dalam berkreatifitas di dunia pastry untuk menjadi pastry chef profesional. *Upi




Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info

No comments:

Post a Comment

Entri Populer