Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Kursus Kuliner - Bitterballen, Samosa, Lumpia Vietnam & Chicken Boxing



Kursus Kuliner
Snack Gurih Berbagai Mancanegara Memikat Lidah Untuk Dicoba




Berbicara makanan, setiap daerah atau wilayah memiliki ciri khas kuliner sendiri. Oleh karena itu suatu keberuntungan apabila dapat menjelajahi aneka kuliner dari berbagai mancanegara dan merasakan kenikmatan makanannya. Walaupun itu semua hanya lewat kursus privat yang diikuti 2 orang di Akpar Majapahit Surabaya. Makanan apa saja yang diungkap oleh Chef Mahmudi dalam kursus kuliner kali ini ?
      

  Hampir setiap hari (Senin – Sabtu) tempat kursus Akpar Majapahit yang berlokasi di  Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya ini ramai dikunjung peserta. Sekitar pukul 10.00, para peserta mulai berdatangan dan melakukan registrasi. Masing-masing peserta mendapatkan goodie bag berisi celemek, buku resep yang akan dibuat pada kursus saat itu. Peserta yang datang kursus pun tidak hanya dari kota Surabaya dan sekitarnya saja, tapi juga dari luar kota.

Acara memasak dengan cara kursus privat selalu menarik minat para ibu. Pasalnya, kelas yang dibuat dengan konsep private ini agar para peserta dapat lebih dalam memahami materi yang diajarkan oleh instruktur ataupun chef. Kursus dimulai dengan diberikan penjelasan mengenai berbagai bahan yang akan digunakan sesuai resep. Setelah penjelasan, dilanjutkan dengan peserta praktik sendiri sambil dipandu proses pembuatannya, dengan demikian peserta akan mudah mengerti dan cepat terampil dalam membuat semua materi yang diajarkan.
Chef Mahmudi mengungkapkan, pada kursus kuliner ini peserta diajarkan 4 macam snack gurih yang disajikan sebagai appetizer dari berbagai mancanegara. Untuk menikmati makanan ini biasanya kita harus pergi ke cafe ataupun resto, nah daripada selalu beli tidak ada salahnya bikin sendiri.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                

Bitterballen

Ingin membuat bitterballen ? Makanan yang berupa snack (camilan) ini asalnya dari negara Belanda yang pasti banyak disukai. Sekilas seperti kroket tapi bentuknya bulat-bulat dengan ukuran kecil. Kalau biasanya kroket dibuat dari bahan umbi kentang yang diberi isian didalamnya, nah kalau bitterballen ini terbuat dari campuran tepung terigu dan cairan susu yang dicampur dengan daging giling dan diberi bumbu-bumbu, jadi bagian dalamnya terasa begitu lembut. Untuk bagian luarnya dibalut tepung panir hingga permukaannya rata, lalu digoreng dalam minyak panas. Pasti bisa dibayangkan, rasanya crunchy diluar dan creamy didalamnya. 


Samosa

Berbicara mengenai samosa, makanan ini populer sebagai snack (camilan) yang paling disukai dikawasan Timur Tengah khususnya India. Kerenyahan makanan berbentuk segitiga yang digoreng ini sepintas seperti kue pastel, karena didalamnya diberi isian daging dan bumbu dengan rasa rempah yang sangat kuat.
“yang membedakan salah satu ciri khas samosa ini terletak pada isian yang biasanya menggunakan bahan bumbu kari” ungkap Chef Mahmudi.
Dalam proses pembuatannya sekarang ini rasanya tidak begitu sulit, karena jika ingin praktis kulit samosa bisa pilih yang siap pakai dan Anda tinggal membuat adonan isi yang dibuat dari bahan daging kambing, bumbu kari ditambah beberapa bumbu dengan aroma khas seperti adas, jinten dan kapulaga. Hmmm....bisa dibayangkan aromanya !


Chicken Boxing
Bosan dengan masakan ayam yang hanya disajikan begitu-begitu saja ? Kenapa tidak dibuat dengan bentuk yang berbeda seperti citarasa Western food. Namanya cukup unik “Chicken Boxing”, lantaran bentuk makanan ini mirip kepalan tangan tinju. Untuk membuatnya dibutuhkan ketelatenan, karena dibuat dari bagian sayap ayam.
“Setelah sayap ayam dicuci bersih, potong menjadi 3 bagian dan bagian ujung sayap tidak digunakan. Untuk sayap bagian tengah, lepaskan dagingnya yang menempel diujung tulang dan lepaskan tulang kecilnya, setelah itu bentuk bulat. Untuk pangkal sayap, lepaskan dagingnya yang menempel diujung tulang dan bentuk bulat. Nah, ayam sudah siap diolah dengan aneka saus” ungkap Chef Mahmudi.


Lumpia Vietnam (Spring Roll Vietnam)



Mungkin Anda sudah begitu akrab dengan makanan lumpia. Namun untuk lumpia Vietnam berbeda dengan lumpia pada umumnya. Sejenis lumpia basah, lumpia Vietnam tidak digoreng, tetapi disajikan mentah. Kulit lumpia Vietnam ini terbuat dari tepung beras dan rasanya lebih lembut. Saat mengolahnya hanya direndam sebentar dalam air dingin hingga agak lembek. Yang menjadi ciri khas, makanan ini adalah sering menggunakan daun mint sebagai rempah daun yang berguna untuk menetralisir aroma amis. Apalagi jika dalam isian lumpia menggunakan bahan seafood seperti udang.
Cara pembuatannya cukup gampang. Lumpia Vietnam terbuat dari kulit lumpia dan berisi udang. soun dan sayuran segar, lalu digulung seperti lumpia pada umumnya. Nah, lumpia siap disajikan dengan saus. Apakah Anda ingin mencobanya ? *Upi



Kampus Akademi Pariwisata Majapahit

Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2A6A1F4E
Fax. (031) 8432050



4 comments:

  1. You can buy muay thai equipment from a wide assortment of confining gloves accessible at their website.

    ReplyDelete
  2. This is a great post. I like this topic.This site has lots of advantage.I found many interesting things from this site. It helps me in many ways.Thanks for posting this again. Probellum

    ReplyDelete
  3. Interesting topic for a blog. I have been searching the Internet for fun and came upon your website. Fabulous post. Thanks a ton for sharing your knowledge! It is great to see that some people still put in an effort into managing their websites. I'll be sure to check back again real soon. r1fight

    ReplyDelete
  4. As may be normal, it was the warlike Spartans who were to underwrite most with Boxing, remembering it as a viable method for imparting the battling soul in the enroll through not just structure up degrees of boldness and persistence, yet additionallymental health tattoo

    ReplyDelete

Entri Populer